Dampak Perkembangan Teknologi Pada Kesehatan Mental Generasi Z

Penulis: Qoriatun Nafiah 

KULIAHALISLAM.COM - Masuk pada era zaman sekarang, dimana perkembangan teknologi yang sangat cepat dan pengaruhnya yang begitu kuat terutama pada mental generasi Z sendiri. Banyak dampak yang akan ditimbulkan dengan adanya teknologi juga pengaruhnya itu ada pada perubahan pergeseran kehidupan sehari-hari.

Ketika menyoroti dari konektivitas digital yang dapat memperluas jejaring sosial satu sama lain maka akan diketahui bahwa aktivitas tersebut juga dapat beresiko terkait penggunaan yang berlebihan. Maka dari itu dengan menggali psikologi teknologi, artikel ini akan menjelajahi bagaimana perkembangan teknologi itu memegang peran kunci dalam membentuk kesejahteraan psikologis generasi Z.

Pertama, ketergantungan pada media sosial. Dalam konteks yang pertama ini menyatakan bahwa generasi Z hidup pada zaman dunia yang sudah terkoneksi dengan digital, banyak dari kalangan remaja-remaja zaman sekarang yang kurang bisa mengatur waktu. 

Ketergantungan dalam media sosial juga sangat berbahaya karena dampaknya sampai pada fase insecure dan meningkatkan rasa kecemasan dalam diri sendiri. 

Kedua, pengaruh teknologi terhadap kualitas tidur. Salah satu dampak dari teknologi ialah mereka menggunakan gadget disaat waktunya istirahat dan aktivitas tersebut dapat mengakibatkan produksi melatonin terganggu yang dapat mengarah pada kesehatan mental teman-teman generasi Z. 

Ketiga, konsep diri di era digital. Interaksi online yang dilakukan oleh generasi Z saat ini dapat berpengaruh dalam membentuk persepsi diri mereka yang dampaknya menyangkut harga diri serta pemahaman mereka tentang citra tubuh. 

Keempat, kesenjangan digital. Perlu kita ketahui bahwa tidak semua orang itu mampu menghadapi era digital saat ini, masih banyak diantara mereka-mereka yang bingung akan hal mengoperasikan diri mereka. Hal tersebut dapat memperkuat ketidaksetaraan dan gangguan kesehatan mental. 

Kelima, langkah menuju keseimbangan. Pembahasan kali ini mengajak kalian semua untuk mengetahui tentang bagaimana generasi Z itu dapat mencapai keseimbangan yang sehat dalam mengoperasikan teknologi. Mengajari kita tentang manajemen waktu, membantu kita dalam hal refleksi diri dan tentunya sebuah dukungan sosial yang membantu kita menuju kesehatan mental yang optimal di erak digital ini.

Dari yang sudah dijelaskan bahwa yang memegang peran kunci kesejahteraan generasi Z adalah teknologi digital. Banyak dampak yang ditimbulkan mulai dari dampak positif hingga dampak negatif begitu juga dengan manfaatnya. 

Dampak positifnya antara lain akses informasi tanpa batas, kreativitas digital, pendidikan digital dan eksposur dalam beragam budaya. Dengan adanya teknologi digital ini banyak dari kalangan remaja-remaja yang memiliki kreativas untuk mengembangkan bakat mereka contohnya dalam hal membuat konten seperti video, musik, seni dan masih banyak lagi. 

Dengan banyaknya dampak positif tadi tidak menutup kemungkinan bahwa dampak negatif dari teknologi digital itu juga ada. Dampak yang ditimbulkan yakni kecanduan pada gadget, pengaruh dari sosial media dan pengaruh gaya hidup. 

Dari sini kita diajarkan bahwa beradaptasi dengan lingkungan itu dibutuhkan karena sangatlah penting untuk mengetahui mana itu yang positif dan mana yang negatif. Jangan sampai diri kita mengikuti dampak negatif yang telah disebutkan tadi. 

Perkembangan teknologi saat ini menciptakan peluang yang sangat besar tetapi juga membawa tantangan baru terkait dengan etika, keamanan dan regulasi yang harus dikelola secara bijaksana. Banyak peningkatan yang terjadi pada masa sekarang mulai dari perubahan dalam cara kita bekerja, belajar dan hidup sehari-hari. 

Banyak juga dari kalangan remaja yang memanfaatkan teknologi digital ini untuk mencari pekerjaan dengan kreativitas yang mereka punya, dengan ide-ide mereka yang kemungkinan tidak semua orang bisa melakukan. Inilah yang perlu kita contoh bisa mengikuti arus kehidupan pada zaman sekarang, bisa memanfaatkan teknologi saat ini untuk memenuhi kebutuhan diri mereka sendiri.

Teknologi digital ini telah menghubungkan orang diseluruh dunia dengan mudah melalui media sosial, yang mengharuskan kita untuk lebih berhati-hati dalam komunikasi global karena sering terjadi yang namanya penipuan online. 

Maka dari itu dibutuhkan proses adaptasi pada perkembangan teknologi didunia saat ini, mulai dari peningkatan literasi digital, pembelajaran dan perkembangan keterampilan, adaptasi terhadap perubahan dan kesadaran privasi juga keamanan.

Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa teknologi digital ini mempunyai dampak ganda bagi generasi Z. Dari satu sisi yakni akses cepat informasi dan sumber daya online dapat meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental akan tetapi disisi lain penggunaan berlebihan itulah yang dapat mengakibatkan tekanan sosial dan perbandingan yang berpotensi dapat merugikan kesehatan mental mereka sendiri. 

Dengan demikian, perubahan cepat dalam teknologi akan membawa dampak yang sangat signifikan terutama dalam hal kesehatan mental generasi Z. Perlunya kita untuk menggali lebih dalam, mencari banyak literasi tentang dampak psikologi teknologi yang menuntut perhatian serius mulai dari bagaimana cara mengelola, memahami, dan menyelaraskan diri dengan perkembangan dunia saat ini demi kesejahteraan psikologis mereka juga meminimalkan resiko dampak negatif.

Editor: Adis Setiawan

Redaksi

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال