FISIP UHAMKA Gelar Pelatihan Menulis Berita Bagi SMA Muhammadiyah 25 Pamulang

KULIAHALISLAM.COM - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (FISIP UHAMKA) bekerjasama dengan SMA Muhammadiyah 25 Pamulang menyelenggarakan pelatihan menulis berita bagi Siswa, Sabtu dan Rabu, 11 dan 15 Februari 2023. Acara ini dilaksanakan dalam rangka implementasi catur dharma perguruan tinggi bagi civitas akademika UHAMKA. Kegiatan ini mengangkat tema “Pelatihan Menulis Berita bagi Siswa SMA Muhammadiyah 25 Pamulang”. Kegiatan ini menghadirkan tiga pemateri, Rita Pranawati, MA., Abdul Khohar, M.I.Kom, Keduaya merupakan dosen FISIP UHAMKA.

Peserta dan panitia berfoto bersama seusai kegiatan

Pelatihan ini dibuka oleh kepala sekolah SMA Muhammadiyah 25 Pamulang, Ibu Hj. Zesmita Umar, SH. Dalam sambutannya Ibu Zesmita sangat mengapresiasi kegiatan ini karena menurutnya kegiatan seperti ini sangat penting untuk memberikan pembekalan kepada siswa bagaimana membuat berita yang baik. “Saat ini informasi yang beredar di masyarakat sangat beragam, kita tidak tahu mana informasi hoax, mana yang bukan. Dengan pelatihan ini, diharapakan siswa dapat membuat berita yang benar dan terhindar dari informasi yang palsu (hoax)”, katanya. 

Pelatihan ini menyajikan dua materi, materi pertama mengenai dasar-dasar berita yang disampaikan oleh Abdul Khohar. Dalam materinya, Khohar mengatakan “secanggih apapun materi mengenai teknik menulis yang kita ketahui, itu tidak akan berguna, jika kita tidak pernah mempraktikkannya. Oleh karenanya kita harus membiasakan diri melatih tulisan kita”, katanya.

Materi kedua disampaikan Rita Pranawati, mengenai ragam tulisan berita. Menurut Rita, ragam tulisan itu sangat banyak, ada berita, essay, opini, dan investigasi. “dengan berkembangnya jenis media saat ini, kita dengan sangat mudah memuat tulisan yang kita miliki di flatform media yang ada”, katanya. “silahkan teman-teman berkreasi dengan tulisan masing-masing dan kami fasilitasi untuk penerbitannya di media-media daring yang ada”, pungkasnya lagi.

Semoga dengan adanya pelatihan ini, para siswa SMA Muhammadiyah 25 Pamulang dapat mengembangkan kemampuan menulisnya sehingga menghasilkan berita maupun informasi yang menarik bagi kemajuan sekolahnya.






Robby Karman

Alumni Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut dan Institut Agama Islam Tazkia Bogor.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال