4 Media Pembelajaran di Era Teknologi Modern

Penulis : Dante Janitra

Media pembelajaran adalah alat dan bahan yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam pembelajaran. Sementara teknologi mengandung arti penerapan pengetahuan ilmiah untuk tujuan praktis kehidupan manusia.


Berdasarkan pengertian di atas, maka media pembelajaran berbasis teknologi dapat diartikan sebagai alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi.

Di era digital ini, menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran sudah menjadi suatu keharusan. Media pembelajaran berbasis teknologi memungkinkan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, serta memudahkan dalam memperjelas pesan atau informasi yang ingin disampaikan sehingga pemahaman terhadap suatu pembelajaran bisa meningkat.

Namun, dalam penerapannya, media pembelajaran berbasis teknologi tidak bisa ditentukan sembarangan atau sesuai keinginan. Pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan sifat tugas, tujuan pembelajaran, dan jenjang pendidikan.

Berikut adalah beberapa jenis media pembelajaran yang lagi tren digunakan :

1. Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif adalah media pembelajaran yang mengkombinasikan berbagai media, seperti teks, gambar, suara, animasi, video, dan lainnya untuk menyampaikan pesan pembelajaran yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya

Media pembelajaran ini dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Tak hanya itu saja, multimedia interaktif juga dapat mempersingkat waktu mengajar, meningkatkan kualitas belajar siswa, dan memungkinkan untuk melakukan pembelajaran di mana saja dan kapan saja.

Dilengkapi dengan beberapa navigasi yang disebut Graphical User Interface (GUI) Adanya icon maupun button Adanya pop-up menu Adanya scroll bar Dapat dioperasikan oleh user untuk sarana browsing ke berbagai jendela informasi dengan bantuan sarana hyperlink

Adapun contoh penggunaan jenis media pembelajaran berbasis teknologi ini adalah berbagai aplikasi belajar, seperti Microsoft Power Point, Canva, Powtoon, Google Classroom, dan Quipper.

2. Digital Video dan Animasi

Jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh guru berikutnya adalah digital video dan animasi. Media pembelajaran seperti ini dinilai lebih efektif dan menarik bagi siswa dibandingkan hanya menggunakan buku teks saja.

Sebab, dengan adanya pembelajaran berbasis video seperti ini dapat memudahkan siswa untuk memahami penjelasan guru karena ada gambar yang ditampilkan. Media pembelajaran ini juga lebih menarik karena adanya gambar dan simbol yang ditampilkan, memungkinkan penyerapan informasi yang lebih cepat, dan memudahkan siswa mengingat materi yang dipelajari. Contohnya :

Tutorial ( Video yang menjelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan suatu tugas). Screencast ( Mirip dengan jenis video tutorial, tetapi screencast berbentuk rekaman video digital yang merekam aktivitas di layar komputer seseorang). Jenis video ini sangat cocok jika guru ingin memberikan contoh secara langsung terhadap suatu tugas kepada siswa.

3. Game Based Learning

Generasi Z saat ini umumnya menyukai sesuatu hal yang kreatif, praktis dan menyenangkan dalam berbagai aktivitas, termasuk ketika belajar. Contoh penerapannya yaitu seperti pembelajaran berbasis proyek, studi dan praktik lapangan, serta tentunya yang berbasis game (Game Based Learning).

Berkaitan dengan Game Based Learning dapat diartikan sebagai metode pembelajaran dengan menggunakan game (permainan) yang bertujuan untuk membantu memudahkan proses pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi menarik, bahkan bisa meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Ada banyak aplikasi pembelajaran berbasis permainan yang dapat Anda gunakan seperti Quizizz dan Kahoot.

4. Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

Augmented reality (AR) adalah sebuah teknologi yang merupakan gabungan dari benda maya dua atau tiga dimensi dengan lingkungan nyata. Media pembelajaran ini memungkinkan untuk memungkinkan guru untuk memvisualisasikan konsep yang abstrak secara real time. untuk menggunakan media pembelajaran AR ini membutuhkan bantuan alat khusus, seperti webcam kamera, kamera, dan kacamata khusus AR.

Virtual reality adalah sebuah teknologi yang memungkin seseorang untuk merasa seolah-olah melihat secara langsung, bahkan terlibat langsung secara fisik dalam suatu aktivitas dengan bantuan komputer dan sejumlah peralatan tertentu. Gambar yang ditampilkan dengan teknologi virtual reality ini berbentuk tiga dimensi sehingga terlihat lebih nyata.

Cara Memilih Jenis Media Pembelajaran Berbasis Teknologi yang Tepat

Banyak jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang tersedia mungkin membuat bingung bagaimana cara memilih yang tepat.

Berikut adalah beberapa cara memilih jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang tepat.

Sesuaikan dengan Tujuan Pembelajaran

Setiap mata pelajaran memiliki tujuan pembelajaran masing-masing. Oleh karena itu, media pembelajaran yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Perhatikan Keefektifannya

Dari berbagai jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang tersedia, pilihlah media yang paling efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Karakteristik Siswa

Ketika memilih jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang ingin digunakan, Bapak dan Ibu guru perlu menyesuaikannya dengan karakteristik siswa, baik dari segi kemampuan, pengalaman, maupun menarik atau tidaknya media pembelajaran bagi siswa. Pertimbangkan juga jenjang pendidikan siswa, jumlah siswa di kelas, dan gaya belajarnya.

Ketersediaan Media Pembelajaran

Pastikan media pembelajaran yang ingin Bapak dan Ibu guru gunakan tersedia. Jika belum, pertimbangkan kembali apakah mudah untuk memperoleh media tersebut dan beberapa alternatif yang bisa dilakukan. Misalnya, dengan membuat media pembelajaran sendiri, meminjam, atau menyewanya.

Kemampuan dalam menggunakannya

Beberapa media pembelajaran berbasis teknologi memerlukan keterampilan khusus untuk mengoperasinya. Oleh karena itu, perlu mempertimbangkan kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran tersebut.

Demikian pembahasan mengenai jenis media pembelajaran berbasis teknologi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, ya.

Redaksi

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال