Mengisi Bulan Ramadan dengan Semangat Fastabiqul Khairat

KULIAHALISLAM.COM - Bulan Ramadan, bulan penuh berkah dan rahmat telah tiba menyapa kita kembali. Sebagai umat Muslim, kita menyambutnya dengan penuh kegembiraan. Disana ada kesempatan untuk memperbaiki diri serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam mengisi bulan Ramadan yang mulia ini, mari kita tanamkan semangat Fastabiqul Khairat, yaitu semangat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Fastabiqul Khairat adalah panggilan untuk berlomba dalam melakukan amal sholeh dan kebaikan. Ini bukanlah sekadar perlombaan fisik, tetapi sebuah perlombaan untuk meningkatkan kualitas spiritual dan kebaikan dalam diri kita. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, semangat Fastabiqul Khairat harus menjadi pendorong utama dalam setiap langkah dan tindakan kita.

Satu cara untuk menanamkan semangat Fastabiqul Khairat adalah dengan memperbanyak ibadah, baik Ibadah yang mahdhah atau ghairu mahdhah. Salah satu ibadah yang perlu diperhatikan oleh kita adalah shalat. Sholat adalah tiang agama, dan di bulan Ramadan, pahalanya dilipatgandakan. Mari tingkatkan kualitas sholat kita dengan khusyu' dan kekhusyuan yang lebih dalam. Jadikan setiap rakaat sebagai peluang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain sholat, bulan Ramadan juga merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan amal kebaikan lainnya. Mulai dari sedekah, membaca Al-Qur'an, membantu sesama, hingga memperbaiki hubungan dengan orang lain. Setiap amal kebaikan yang kita lakukan akan menjadi investasi untuk kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Selain itu, mari kita jauhkan diri dari segala bentuk kemaksiatan dan hal-hal yang tidak menyenangkan Allah SWT. Bulan Ramadan adalah kesempatan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa dan kebiasaan buruk. Jadikan bulan Ramadan sebagai awal yang baru untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Selama bulan Ramadan, kita juga diajari untuk meningkatkan ibadah puasa. Puasa tidak hanya tentang menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan diri dari segala bentuk godaan dan hawa nafsu. Mari kita jalani puasa dengan penuh kesadaran dan keikhlasan, serta mengharap pahala dan ampunan dari Allah SWT.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW Bersabda, “Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim No. 860).

Dengan semangat Fastabiqul Khairat, mari kita sambut bulan Ramadan dengan penuh kegembiraan dan antusiasme. Jadikan setiap hari Ramadan sebagai kesempatan emas untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Semoga Ramadan kali ini membawa berkah dan keberkahan bagi kita semua. Aamiin.

Oleh : Naufal Abdul Afif (Ketum PC IMM kendal) 

Naufal Afif

Editor Kuliah Al-Islam, Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor, Ketua Umum IMM UIKA 2018-2020

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال