PD KAMMI Bima Menyelenggarakan Pelantikan dan Musyawarah Kerja Daerah

(Sumber Gambar:  keterangan, Pelantikan dan Musyawarah Kerja Daerah VI Pengurus Daerah KAMMI Bima Periode 2024)

KULIAHALISLAM.COM - Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Bima, menyelenggarakan agenda pelantikan dan Musyawarah Kerja Daerah VI periode 2024. Dengan mengangkat tema, "Cipta Karya dan Kolaborasi, Bersama Membangun Negeri" di Aula Perpustakaan Daerah Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Urutan susunan acara yakni, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne KAMMI, Pembacaan Kredo KAMMI, sambutan (pembacaan Kredo KAMMI, Pelantikan Pengurus PD KAMMI Bima, Orasi Ketua Umum PD KAMMI Bima dan Pembacaan doa.

Adapun Narasumber yang diundang adalah, Bapak Ir. Muhammad Rum, MT (PJ. Walikota Bima), H. Johan Rosihan, ST (Ketua Dewan Pengarah Keluarga Alumni KAMMI Pusat), Zaky Ahmad Rivai (Ketua Umum KAMMI Pusat), Syamsuddin SPd, MM (Ketua Keluarga Alumni KAMMI Bima), M. Amri Akbar (Ketua PW KAMMI NTB), dan Supratman (Ketua Umum Formatur PD KAMMI Bima).

(Sumber Gambar: Reporter Kuliah Al-Islam. Sesi foto bersama Narasumber dan Keluarga Alumni KAMMI Daerah dan Pusat)


Sambutan ketua panitia. Pelantikan dan Musyawarah Kerja Daerah VI Pengurus Daerah KAMMI Bima periode 2024. Fahmi Al Jaelani Beliau menyampaikan bahwa, mengucapkan syukur terimakasih kepada seluruh narasumber, panitia dan tamu undangan yang hadir.

Yang kami hormati Bapak PJ. walikota Bima Ir. Muhammad Rum MT yang hadir mewakili bapak Muhamad Hasyim (Kepala Kesbangpol Kota Bima), yang kami hormati Bapak Johan Rosihan ST (Ketua Dewan Pengarah Keluarga Alumni KAMMI Pusat), dan Abangda keluarga alumni KAMMI Bima serta tamu undangan yang kami hormati dan banggakan.

"Pertama-tama kita senantiasa bersyukur atas nikmat Allah SWT. Kedua, salam serta sholawat atas nabi Muhammad Saw, nabi yang paling layak dan pantas dijadikan sebagai contoh teladan dalam perjuangan menegakkan nilai-nilai Islam aktivitas kehidupan beragama dan bernegara. Lebih lanjut, Kami sadar bahwa KAMMI adalah organisasi yang punya cita-cita dan tujuan besar dalam membangun Indonesia dan mewujudkan Indonesia emas 2024. Karena itu, melalui tema ini diharapkan kepada semua kader-kader KAMMI lebih-lebih pengurus Daerah PD KAMMI Bima periode (2024) baru ini bisa bekerja dalam mewujudkan program-program kerjanya dalam bentuk aksi nyata untuk kebaikan dan kemanfaatan masyarakat sekitar".

"Selanjutnya Kami, mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang bersiap sedia menyelenggarakan acara ini hingga lancar. Kami ucapkan terimakasih kepada tamu undangan yang sempat hadir di acara pelantikan pengurus KAMMI Bima periode ini. Akhirnya, semoga agenda pelantikan dan Musyawarah kerja PD KAMMI periode ini berjalan lancar dan sukses kedepannya".

Selanjutnya, Orasi ilmiah oleh Ketua Umum PD KAMMI Bima periode 2024. Akhina Supratman menyampaikan bahwa, "Yang terhormat bapak Jon rosihan Anwar (Ketua umum keluarga alumni KAMMI pusat), Yang terhormat bapak Hasyim, ketua Kesbangpol Kobi, sekaligus mewakili PJ Walikota Bima. Yang terhormat, ketua-ketua OKP dan Ormawa Bima Sekaligus menjadi teman-teman diskusi dan aksi-aksi di jalanan dan mengawal kebijakan pemerintah yang melenceng".

"KAMMI Bima pada periode ini mengangkat tema, "Cipta Karya dan Kolaborasi Bersama Membangun Negeri", Tema tidak hanya slogan saja tetapi merupakan cita-cita dan tujuan bersama untuk membangun kemajuan Indonesia kedepannya. Kedepannya KAMMI pusat khususnya KAMMI Bima, tidak hanya bermain ditanaharanh internal, tetapi kami ingin membuka diri memperluas area gerakan sebagai upaya untuk memajukan negeri ini".

Selanjutnya, Sambutan Syamlan S.Ag, selalu perwakilan PP KAMMI Pusat (Anggota Bidang Sumberdaya Alam dan Energi), menyampaikan bahwa,"Kita harus terus mengawal kondisi kaum remaja-remaja dan pemuda Indonesia. Kader KAMMI harus turun tangan memberikan solusi edukasi dan memberi contoh agar bisa menawarkan solusi kepada remaja-remaja dan pemuda yang mengalami degradasi moral. Selain itu, di tahun politik ini. Seluruh kader KAMMI disebut agen politik ekstraparlementer, artinya keberadaan kader-kader KAMMI Bima dan daerah untuk terus mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah daerah dan lingkungan sekitar yang bertentangan dengan nilai-nilai Islam dan norma agama"

Sambutan Johan Rosihan, ST. Beliau mengatakan bahwa, "KAMMI adalah terdiri akronim dari sebuah nama Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia, yang mempunyai makna dalam setiap nafas kegiatannya. Kesatuan artinya bahwa secara organisasi KAMMI mempunyai pengurus setiap daerah di Indonesia terdiri Sabang sampai Merauke, dan luar negeri. Setiap program kebijakan dan aksi gerakan KAMMI harus selaras dan mempunyai perpaduan satu-kesatuan agar cita-cita yang kita impikan bisa terwujud. Kesatuan dalam pemahaman agama, kesatuan dalam pemahaman nilai-nilai organisasi dan kesatuan dalam menjaga keutuhan negara. Aksi, artinya bahwa aksi yang dimaksud pada era orde baru adalah aksi dalam demonstrasi, KAMMI era saat itu punya musuh bersama yakni ingin menumbangkan pemerintah otoriter dan itu berhasil dilaksanakan. Namun, aksi nyata saat ini yang harus dilakukan oleh kader-kader KAMMI adalah mengentaskan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan serta serangan dari pihak-pihak yang mau merusak hancurkan agama Islam dan negara. Mahasiswa, artinya tugas kader-kader untuk terus belajar, meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan, banyak interaksi dengan teman-teman organisasi mahasiswa lain. Muslim, artinya segala sesuatu kegiatan organisasi berlandaskan nilai-nilai Islam, ajaran nabi dan tokoh-tokoh Islam dan sebagainya. Indonesia, artinya wilayah kerja dan gerakan aksi KAMMI adalah tidak hanya di internal organisasi, bukan hanya fokus isu-isu di negara timur Tengah tetapi yang utama adalah bekerja beraktivitas di wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia. Kita perlu menjaga, mengisi dan mewujudkan cita-cita negara Republik Indonesia".

Jadi, karena sudah lama dalam berkegiatan di organisasi KAMMI hingga tingkat pusat ini, saya tidak pernah melepas identitas organisasi, tetapi selalu bangga dan pegang teguh, nilai-nilai dan pedoman organisasi dalam kehidupan beragama, bermasyarakat dan bernegara.

Sambutan PJ walikota, diwakili Oleh bapak Hasyim (Kepala Kesbangpol Kobi), beliau mengatakan bahwa, "Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia KAMMI Bima ini adalah bagian dari mahasiswa masih muda yang segala aktivitasnya belajar, mengembangkan diri dan berorganisasi. Dunia kuliah hanya memberikan pengetahuan 10%, sedangkan 80% persen kitalah yang mencarinya sendiri. Karena itu, mahasiswa harus mandiri dalam belajar, meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan dan berinteraksi sosial, salah satunya caranya adalah dengan bergabung melalui organisasi mahasiswa, seperti Organisasi KAMMI Bima ini".

Agenda Pelantikan dan Musyawarah Kerja Daerah VI Pengurus Daerah PD KAMMI Bima berjalan baik, lancar, khidmat dan sukses hingga selesai. Adapun tujuan akhir yang diharapkan dari agenda ini adalah PD KAMMI Bima periode yang baru ini bisa merumuskan program-program dan gagasan solutif dalam menjawab setiap problematika yang terjadi di wilayah daerah Bima. Sehingga program dan gagasan yang dirumuskan dalam musyawarah kerja tersebut bisa terwujudkan dalam bentuk aksi nyata yang dirasakan oleh setiap lapisan kaum muda dan masyarakat luas.

Fitratul Akbar

Penulis adalah Alumni Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال