Panwascam Ujungjaya Ingatkan Seluruh Elemen Masyarakat Untuk Menjaga Kondusifitas Pemilu 2024

KULIAHALISLAM.COM, SUMEDANG – Masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah resmi dimulai sejak 28 November dan akan berlangsung hingga 10 Februari 2024, mengikuti ketentuan Peraturan KPU Nomor 15 tahun 2023.


Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, bersama sejumlah media dan tokoh masyarakat, kembali menggelar konferensi pers di ruangan Sekretariat Panwaslu pada Selasa (23/01).

Hari Maulana, Ketua Panwaslu Kecamatan Ujungjaya, didampingi Sujana dan Cucup Maulana, menyampaikan bahwa KPU RI menegaskan partisipasi peserta Pemilu di seluruh Indonesia, melibatkan metode seperti pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, hingga kampanye di media sosial

“Rapat umum, iklan di media massa, dan pemasangan alat peraga kampanye di tempat umum dapat dimulai pada 21 Januari 2024 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, peserta Pemilu memasuki masa tenang dari 11 Februari hingga 13 Februari 2024,” ujar Hari Maulana.

Panwaslu Kecamatan Ujungjaya mengingatkan Partai Politik untuk memberikan kampanye yang mencerdaskan masyarakat dan mematuhi aturan zonasi pemasangan alat peraga sesuai ketetapan KPU

Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 65/PUU-XXI/2023 memberikan pengecualian terkait kampanye di tempat pendidikan dan fasilitas pemerintah dengan syarat tertentu

“Fokus utama Panwaslu adalah menjaga netralitas ASN, TNI-POLRI, dan aparatur desa. Larangan terhadap anggota ASN dan kepala desa untuk menjadi pengurus partai politik ditegaskan sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa,” tambahnya.

Ketua Panwascam Hari Maulana dan anggota diantaranya Cucup Supriyatna dan Sujana, juga staf sekretariat, mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kondusifitas Pemilu 2024. Pesan ini mencakup pentingnya tidak terpengaruh oleh isu politik identitas, uang, dan isu politik lainnya.

Sebagai penutup, Panwaslu Kecamatan Ujungjaya berharap doa dan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam pengawasan Pemilu Serentak 2024, sesuai dengan semangat tagline Bawaslu:

“Bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,” pungkas Ketua Panwaslu Kecamatan Ujungjaya Hari Maulana usai gelar Press Release di Sekretariat.

Redaksi

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال