Sastrawan Bima N. Marewo, Launching Novel Terbaru "BUKHANKA" dan 40 Tahun Berkarya

(Sumber Gambar: Redaksi Kuliah Al-Islam)

KULIAHALISLAM.COM - N. Marewo merupakan sastrawan dan budayawan Bima yang sudah melanglang buana ke segala penjuru dunia. N. Marewo manusia merdeka, independen, dan penuh gejolak kegelisahan dalam melihat fenomena sekitarnya, baik dalam dunia pendidikan, sosial, politik, ekonomi dan sebagainya. Mulai dari kritis terhadap keangkuhan kekuasaan di negara ini, dan perilaku masyarakat biasa yang menggugah nurani. Berkat perjalanan mengelikingi berbagai negara dibelahan dunia, membuat beliau banyak mendapat inspirasi, pelajaran, makna hidup, dan hikmah setiap peristiwa yang terjadi menimpa dirinya maupun kehidupan masyarakat sekitarnya. N. Marewo sudah menciptakan berbagai macam karya-karya sastra cerpen, puisi, naskah drama dan novel serta naskah-naskah pidato kebudayaan. Adapun karya-karya yang dihasilkannya adalah Fielmbuenhe An Steinplaz, Jangan Menangis Bangsaku, Satu Hari di Jogja, Budak, Lambo, Legian Kuta, dan sebagainya. Setelah sekian lama mengembara ke berbagai negara, mengisi kegiatan seminar-pelatihan dan beliau kembali hadir menyuguhkan karya sastra novel terbarunya, hasil riset karya sastra terbaru. 
Pada akhir tahun ini, N. Marewo hadir kembali mewarnai literasi masyarakat Indonesia yakni di bidang karya-karya sastra. Karya terbaru ini dikerjakan menghabiskan waktu cukup panjang, pergolakan pikiran dan tenaga serta hal-hal teknis terkait isi naskah, sampul dan penerbit buku ini yang menghiasinya. Akhirnya Launching Novel berjudul "BUKHANKA" dan Perayaan 40 Tahun Berkarya, karya Bang N. Marewo Sastrawan Bima, hari Sabtu, tanggal 9 Desember 2023. Mulai jam 08:00 - 11:00 Selesai. Di El Senna Garden dan Caffe, Jln. Gajahmada (Samping Timur Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Bima), Kelurahan Monggonao, Kota Bima NTB. Acara launching novel ini mengundang Narasumber hebat dalam bidang sastra, Maratusoaliha S.S, Husein La Odet, Parewa Kae, dan La Ndolo Conary.

Pada awal acara launching Novel ini, dirangkaikan secara alamiah mulai dengan pembacaan puisi oleh L-Kaceng, lalu pengantar oleh penerbit/yang mewakili oleh Pak Yunus Anis beliau mengatakan, "Sebagai penerbit kami menyambut baik atas peluncuran secara resmi karya sastra sebuah Novel terbaru Bang N. Marewo yang berjudul BUKHANKA, N. Marewo adalah penulis kreatif dan berbakat yang pernah lahir di Bima, Sebagai penerbit kami sangat merasa terhormat karena menjadi bagian dari proses perayaan berkarya, kami sebagai penerbit merasa yakin bahwa setiap pembaca memiliki dirinya dalam bacaan nya, merasa terpesona dengan pemilihan dan keindahan dari setiap halaman buku ini (Novel BUKHANKA), novel ini tidak hanya cerita tetapi sebagai pelajaran hidup yang sarat dengan makna" tutupnya, kemudian masuk ke acara utamanya yang diuraikan oleh narasumber ahli dan pegiat bidang sastra Bima.

Sambutan narasumber 1 Maratusoaliha, S.S. beliau mengatakan, "Saya mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada bang . Marewo, ini adalah karya sastra yang kesekian, karya terbaru ini membuat saya tidak tidur, karena harus mereview bukunya untuk keperluan diskusi/launching, yang kita rayakan hari ini. Terus terang saya tidak bisa tidur karena saya harus membuka dan membaca kembali karya-karya N. Marewo di perpustakaan pribadi saya. Sebelumnya saya tidak mengenal beliau, mungkin beberapa tahun silam. saya adalah guru di MAN Kota Bima, saya guru bahasa dan sastra Indonesia. Salah satu Materi dalam bahasa Indonesia itu adalah materi tentang resensi, saya mencari buku pada waktu itu masih sangat terbatas, saya mencari buku-buku yang membahas khusus tentang materi resensi. Lalu saya meresensi beberapa buku karya-karya sastra puisi dan novel, lalu saya berikan ke siswa-siswi dalam pelajaran saya. Sebelumnya, terus terang saya belum mengenal N. Marewo, nah Marewo pasti nama asli dari Bima, ternyata memang benar N. Marewo penulis dari Tanah Bima. Kembali kedalam novel terbaru nya BUKHANKA ini. Terus terang teman-teman, hampir semua karya sastra Bang N. Marewo saya perlu jeda, perlu banyak saya selami dulu, banyak yang saya pelajari dulu, ketika saya membaca novel BUKHANKA ini. Tokoh utama dalam novel ini dia bergaul dengan siapa saja, tanpa pandang bulu, dia seorang pemuda yang begitu lepas, begitu bebas memperlakukan semua manusia tanpa tendensi apapun, yang memanusiakan semua manusia, selain itu sosok BUKHANKA memiliki sikap kepedulian yang tinggi, bukan hanya dalam novel ini tetapi novel yang lainnya, seperti novel Budak, Jangan Menangis Bangsaku, bahwa Bang N. Marewo selalu memberikan nilai-nilai cinta pada martabat kemanusiaan, perempuan, dan lingkungan hidup, karena lingkungan hidup ini memberi banyak hal kepada manusia, alam tidak berharap meminta dibalas balik, apakah kita manusia yang berpikir, mau berbuat baik tanpa tendensi", karena itu, pertama adalah pesan atau nilai yang disampaikan, yang yang membedakan karya sastra yang lain dalam hal ini Bang N.Marewo menulis dengan hati dan sampai ke hati pembaca. Membaca karya-karya beliau membuat saya terus berubah, berbuat sesuatu yang seharusnya tidak perlu kita lakukan, menjauhi sesuatu yang seharusnya kita perlu tinggalkan. Jadi, kita menulis karena menulis saja, tanpa tendensi uang, materi dan ketenaran. Karena kita meninggalkan karya-karya yang bermanfaat bukan sesuatu gelar atau nama-nama".

Narasumber 2 Parewa Kae, Narasumber 3 Husein La Odet, Narasumber 4 La Ndolo Conary

Acara berjalan baik, lancar, khidmat, dan kekeluargaan. Hadir sahabat-sahabat, guru-guru dan sesepuh dan sahabat-sahabat yang berjasa menemani, berdiskusi dan berdialektika dalam menemani proses kreatif berkarya, membaca, menulis dan berdiskusi setiap karya-karya sastra terbaru dan fenomena masyarakat Bima. Selain itu, hadir juga pegiat lietarsi, komunitas literasi, komunitas pegiat sastra dan budaya Bima.

Pada akhir, pertemuan launching Novel dan Bedah Buku baru tersebut. Narasumber memberikan testimoni tentang proses kreatif menulis Bang N Marewo. Baik sisi kepribadian dan karya-karya yang dihasilkannya. 

Fitratul Akbar

Penulis adalah Alumni Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال