Kelurahan Sarae Menyelenggarakan MTQ Ke-32, BTN Griya Gilipanda Sebagai Tuan Rumah

(Sumber Gambar: dok, pribadi. Panggung Arena MTQ tingkat Kelurahan Sarae. Kec, Rasana'E Barat. Kota Bima tahun 2023)


KULIAHALISLAM.COM KOTA BIMA- Kelurahan Sarae kembali menyelenggarakan acara Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat kelurahan Sarae yang ke 32, tahun 2023. Dengan mengangkat tema, "Membumikan Al-Qur'an dan Mewujudkan Kelurahan Sarae yang Berakhlakul Karimah". Acara di Mulai hari Jum'at 23 (pembukaan) - Senin 26 Juni (penutupan) tahun 2023. Di lapangan BTN Griya Gilipanda. Kel, Sarae. Kec, Rasana'E Barat. Kota Bima. Nusa Tenggara Barat.

Acara pembukaan MTQ tingkat kelurahan dimulai hari ini, sebelumnya pada sore hari, ba'da ashar diselenggarakan jalan pawai ta'arufRute Mulai dari halaman kantor Kelurahan Sarae, menuju jalan seruni kampung Gilipanda, belok kiri menuju kampung Saleko dilanjutkan ke kampung Sarae dan menuju kampung Tolobali. Lalu sampai di arena MTQ tingkat Kelurahan Sarae. Lapangan BTN Griya Gilipanda.

Acara pembukaan MTQ tingkat kelurahan. Sangat meriah luar biasa karena dihadiri dan dimeriahkan oleh seluruh warga masyarakat, tokoh agama, tokoh wanita dan tokoh pemuda perwakilan setiap RT dan sekolah di lingkungan Kel. Sarae. Acara disuguhi dengan penampilan tari tarian islami, tari Minang, tari Japin Melayu, dan tari Wotu doro Tambora, pentas marawis, dan nyanyian islami (kasidah).

(Sumber Gambar: dok, pribadi. Penampilan tarian Minang)


Ketua pelaksana, pak Fauzi. Dalam sambutannya mengatakan bahwa, "Yang kami hormati, bapak walikota. Atau yang mewakili, asisten 1. Ketua bidang kesra walikota bima. Ketua biro keagamaan. Kec. Rasana'E Barat. Bapak, ketua DPRD KOTA BIMA. H. Mustamin h. Ibrahim. Bapak kepala kelurahan Sarae. Oka Budiman SPd. Mpd. Ketua MTQ, bapak Sulaiman. Ketua RT, ketua RW seluruh Kel. Sarae. Yang kami hormati, bapak Darwis. Selaku Dewan Penasehat MTQ tingkat Kelurahan Sarae ke 32. Dan seluruh warga masyarakat dan peserta MTQ yang hadir memeriahkan acara pembukaan malam ini. Dan yang terakhir ingin kami sampaikan secara istimewa untuk orang-orang yang sudah membantu dalam menyukseskan acara MTQ tingkat kelurahan Sarae. Baik bantuan materil, tenaga dan waktunya. Kepada bapak H. Arahman. Sumbang bantuan. 1 ekor sapi. Untuk juara umum. Bingkisan juara 1-3 untuk juara lomba. Dan bungkusan tas serta isi nya. Juga, kepada bapak H. Mustamin. Yang Sumbang bantuan piala". Lebih lanjut, semoga warga masyarakat dapat terus mengikuti dan memeriahkan acara MTQ tingkat kelurahan Sarae sampai selesai dengan sukses". Tutupnya

(Sumber Gambar: dok, pribadi. Proses Pelantikan Dewan Hakam, oleh Bapak Lurah Sarae, MTQ tingkat kelurahan Sarae. Kec, Rasana'E Barat Kota Bima tahun 2023)


Sambutan kedua. Oleh sekretaris Lurah Sarae. Yang yang membaca Surat Keputusan, dewan Hakam, petugas pemberi nilai, dan petugas seksi per bidang. MTQ tingkat kelurahan Sarae tahun 2023.

Sambutan ketiga. Oleh Asisten 1 Sekda Walikota Bima. Beliau menyampaikan rasa hormat kepada semua undangan yang sempat hadir. "Yang saya hormati, camat Rasana'E Barat. Yang saya hormati, camat Asakota. Yang saya hormati, anggota dewan Hakam. Yang saya hormati, ketua DPRD KOTA BIMA.Yang saya hormati, pak sekda kota Bima. Juga, tak lupa salam takzim. Bapak walikota Bima. H. Lutfi, SE. Serta bapak dan ibu yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu".

Beliau mengatakan, "Roh MTQ. Adalah bertujuan untuk membumikan nilai-nilai Alqurān. Yang jadi pertanyaan adalah. Bagaimana caranya kita menerapkan nilai-nilai mulia al-Qur'an tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dan bisa meneruskan ke generasi selanjutnya. Lanjut beliau, "MTQ ini adalah bukan hanya ajang bertanding, kami juga ajang untuk mengaplikasikan nilai-nilai al-Qur'an. Sudah tidak asing lagi, sudah jarang lagi kota mendengar anak-anak dan teman-teman sekitar kita yang mau membaca Alquran. Inilah yang menjadi tantangan kita generasi masa depan. Bagaimana kita setiap waktunya untuk terus membaca, memahami, mendalami dan mengaplikasikan nilai-nilai mulia al-Qur'an dalam setiap aktivitas kehidupan sehari-hari". Harapnya.

Demikian, atas ijin kita semua sebagai penyelenggara, peserta dan pendamping lomba serta warga masyarakat yang menghadiri acara pembukaan MTQ tingkat kelurahan Sarae tahun 2023. Bisa terus setia menemani selama proses penyelenggaraan acara dan memetik membumikan nilai kemuliaan dalam kehidupan keagamaan dan kemasyarakatan.

Fitratul Akbar

Penulis adalah Alumni Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال