Beberapa Bukti Kemukjizatan Alqur'an


Oleh: Ahmad Fikri*

Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang dianggap sebagai mukjizat terbesar di antara mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada nabi-nabi sebelumnya. Mukjizat Alquran adalah hal atau peristiwa luar biasa dalam Alquran yang terjadi melalui Nabi Muhammad SAW.

Sebagai bukti kenabiannya dan dianggap sebagai mukjizat yang tidak dapat dijelaskan oleh akal manusia, salah satu aspek yang menarik dari Alquran adalah mukjizatnya. Sebagai kitab yang dianggap sebagai wahyu langsung dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Alquran memuat bukti-bukti yang membuktikan kebenaran dan keagungannya sebagai wahyu Ilahi. Artikel ini membahas secara rinci beberapa keajaiban Alquran yang menakjubkan dan mengungkapkan keagungan Ilahi

Kemukjizatan Alquran dapat diulas dari beberapa segi diantaranya adalah:

Keindahan Bahasa dan Sastra Alquran

Alquran diturunkan dalam bahasa Arab, yang dianggap sebagai bahasa paling maju dan berkualitas tinggi saat itu. Namun, Alquran tidak hanya berisi pesan-pesan spiritual, tetapi juga mengejutkan dengan keindahan bahasa dan sastranya yang tiada tara. 

Gaya retorisnya, penggunaan bahasanya, dan keteraturan ayat-ayatnya menunjukkan kemampuan luar biasa yang melampaui kemampuan manusia. Dalam hal ini, para sarjana bahasa dan sastra Arab terkemuka, dulu dan sekarang, mengakui keunikan dan keagungan Alquran.

Munasabah: Alquran Memiliki Proporsi dan Keseimbangan yang Sangat Baik Setiap Ayatnya 

Hal ini menunjukkan bahwa Alquran bukanlah hasil kebetulan atau kebetulan belaka, melainkan hasil dari kemampuan dan kekuasaan Allah SWT, munasabah dalam Alquran adalah ilmu yang menerangkan hubungan antara ayat dengan ayat atau surat dengan surat yang lain. 

Mukjizat Alquran ditinjau dari aspek munasabah menunjukkan bahwa Alquran memiliki keterkaitan dan keseimbangan yang sangat baik antara satu ayat dengan ayat yang lainnya dan satu surat dengan surat yang lainnya. 

Alquran memiliki keterkaitan dan keseimbangan yang sangat baik antara satu ayat dengan ayat yang lainnya begitupun pada surat terhadap surat lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Alquran bukanlah hasil dari kebetulan atau kebetulan semata, melainkan merupakan hasil dari keahlian dan kekuasaan Allah SWT. 

Dan munasabah antara ayat Alquran dan konteks sejarah ialah yang mana Alquran memberikan informasi yang sangat akurat dan rinci tentang sejarah. Contohnya adalah kisah Nabi Yusuf yang memberikan gambaran yang sangat jelas tentang kehidupan di Mesir saat itu. 

Lalu munasabah antara ayat Alquran dan konteks sosial yaitu Alquran menawarkan aturan hukum yang sangat baik dan adil. Aturan hukum ini memandu orang dalam mengatur kehidupan mereka. 

Berita Ghaib

Alquran menawarkan banyak jenis informasi tentang hal-hal ghaib yang tidak dapat diketahui oleh manusia secara langsung, berikut beberapa contoh kisah ghaib dari Alquran antara lain kisah Nabi Musa yang berbicara langsung kepada Allah SWT.

Kisah Nabi Sulaiman yang bisa berbicara dengan burung dan binatang, kisah Nabi Ibrahim yang diuji oleh Allah SWT dengan memerintahkannya untuk menyembelih putra satu-satunya.

Kisah Nabi Isa yang dapat membangkitkan orang mati dan menyembuhkan orang sakit, kisah Nabi Muhammad SAW yang menerima wahyu dari Allah SWT. Dari berbagai pesan gaib yang terkandung di dalam Alquran, dapat disimpulkan bahwa Alquran merupakan kitab suci yang sangat luar biasa dan mengandung keajaiban yang tidak dapat dijelaskan oleh akal manusia. 

Oleh karena itu, Alquran harus dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari agar manusia dapat hidup dengan baik dan benar. 

Informasi Sejarah 

Alquran memberikan informasi yang sangat akurat dan rinci tentang sejarah. Berikut contoh informasi sejarah dalam Alquran adalah kisah Nabi Musa dan pertempurannya melawan Firaun, kisah Nabi Ibrahim dan perjuangannya menyebarkan agama tauhid.

Kisah Nabi Yusuf dan perjuangannya menghadapi cobaan saudara-saudaranya, kisah Nabi Muhammad SAW dan perjuangannya dalam menyebarkan Islam. 

Dari berbagai informasi sejarah yang terkandung dalam Alquran dapat disimpulkan bahwa Alquran adalah kitab suci yang sangat luar biasa dan mengandung keajaiban-keajaiban yang tidak dapat dijelaskan oleh akal manusia. 

Oleh karena itu, Alquran harus dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari agar manusia dapat hidup dengan baik dan benar. 

Sains/Ilmu Pengetahuan

Alquran memberikan informasi tentang ilmu pengetahuan yang belum diketahui orang pada saat itu, dimana Alquran memuat informasi dan pernyataan yang sesuai dengan pengetahuan ilmiah modern, meskipun diturunkan lebih dari 1400 tahun yang lalu. 

Banyak pernyataan Alquran yang berkaitan dengan sains yang kemudian ditemukan melalui penemuan dan pengetahuan manusia di berbagai bidang. Hal ini menunjukkan supremasi dan kebenaran Alquran sebagai wahyu Ilahi

Salah satu contohnya adalah penciptaan alam semesta, Alquran telah mengungkapkan penciptaan alam semesta dan asal-usulnya dalam bahasa yang sesuai dengan pengetahuan ilmiah. 

Misalnya, teori Big Bang, yang mendukung penciptaan alam semesta dari suatu titik tertentu dan pengembangan selanjutnya, sejalan dengan ayat-ayat Alquran yang menjelaskan penciptaan dan perluasan langit dan bumi. 

Hukum

Alquran memberikan hukum yang sangat baik dan adil. Peraturan hukum ini memberi orang pedoman untuk membentuk kehidupan mereka, macam-macam hukum yang telah dijelaskan di dalam Alquran ialah hukum tentang ibadah, seperti salat, puasa , zakat, dan haji, hukum tentang muamalah, seperti jual beli, pinjam meminjam, dan waris, hukum tentang perkawinan, seperti mahar, nafkah, dan hak-hak suami istri, dan hukum tentang pidana, seperti hukuman bagi pencuri, pembunuh, dan pezina.

Bilangan

Alquran memberikan informasi yang sangat tepat dan rinci tentang bilangan. Contohnya adalah pada pembagian ayat Alquran terdiri dari 114 surat atau bab dan jumlah ayat dalam Alquran kurang lebih 6.236 (tergantung penomoran yang digunakan). 

Surat ini menunjukkan keserasian dan kesempurnaan dalam pembagian ayat, dan tidak ada kesalahan atau kerancuan jumlah ayat dalam Alquran.

*) Mahasiswa Jurusan Ilmu Alqur'an dan Tafsir UIN Surabaya.

Editor: Adis Setiawan

Redaksi

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال