Kepemimpinan dalam Perspektif Islam (Pandangan Tentang Kepemimpinan ISIS)


Oleh: Roma Wijaya*

Salah satu fitrah umat manusia adalah menjadi khalifah (khalifah/pemimpin) di dunia berdasarkan firman Allah dalam surat al-Baqarah ayat:30 :

وَ اِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ اِنِّي جَاعِلٌ فِى الْأَ رْضِ خَلِيْفَةً قَالُوْا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيْهَا وَ يُسْفِكُ الدِّ مَاءَ وَ نَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَ نُقَدِّسُ لَكَ قَالَ اِنِّي اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ

"Lihatlah, Tuhanmu berkata kepada para malaikat." Aku akan menyerahkan seorang wakil raja di bumi." Mereka berkata: "Maukah engkau menempatkan di dalamnya orang yang akan membuat kerusakan di dalamnya dan menumpahkan darah? Sementara kami merayakan pujian-Mu dan memuliakan (nama) kudus-Mu?" Dia berkata: "Aku tahu apa yang tidak kamu ketahui" (Al-Baqarah: 30)

Dari ayat di atas umat manusia oleh Allah memberikan pengaruh kepada kita untuk menjadi khalifah/pemimpin (khalifah)  dalam hal ini.

Sejarah dari pemimpin di era Islam dimulai setelah Nabi wafat, tidak ada orang yang sama dengan kemampuan kepemimpinan Nabi Muhammad. Tapi Khulafa ar-Rasyidin bisa menjadi pemimpin setelah Nabi kita. 

Kemudian, setelah era Khulafa ar-Rasyidin dinasty Umayyah dan Abbasiyyah menjadi pemimpin muslim selama usia 2-5 tahun. Itulah sejarah tentang  kepemimpinan di era Islam, kita harus tahu untuk mengambil kebaikan dan keburukan dari kepemimpinan di era Islam sebelumnya.

Kepemimpinan memiliki berbagai interpretasi di antara kepemimpinan adalah orang yang dapat berpengaruh dalam organisasi dari dirinya sendiri dan orang lain. 

Charles de Gaulle "Say bahwa para pemimpin besar selalu panggung-dikelola efek mereka". Semua fenomena perilaku di dunia selalu berbeda dari sehari-hari, namun dari perubahan fenomena perilaku adalah penggerak yang dapat memotivasi orang lain untuk melakukan perubahan itu.

Kepemimpinan dalam perspektif etimologi Islam adalah Khilafah, Imamah.  dalam terminologi pandangan Musthafa al-Maraghi mengatakan bahwa wakil Allah di dunia ini. 

Ridha al-Mannar adalah orang yang mencapai akal sehat, berpikir, dan pengetahuan yang berlebihan untuk dikelola. Pemimpin adalah orang dalam perkumpulan  umat manusia  yang dapat memberikan pengaruh dalam mewujudkan dan mewujudkan tujuan berkumpulnya umat manusia. 

Ciri-ciri kepemimpinan dalam perspektif Islam adalah pemimpin harus memiliki kejujuran (shidiq), kepercayaan (amanah), menyampaikan (menyampaikan), dan cerdas (fathonah). Kepemimpinan dalam Islam adalah karakter yang manusiawi. Seorang pemimpin tidak boleh ma'shum (bangun dari kesalahan dan dosa). 

Karena, pemberian perspektif Islami adalah keadilan. Hanya dengan memiliki karakter keadilan dari seseorang akan dapat memimpin r dalam kiprah orang dan dapat menumbuhkan kecerdasan dan perasaan individu Anda (Psikologi), karena itu seseorang dapat mencegah dari perilaku terburuk, licin, emosional / temprament, dan tidak dapat bersabar.

Tujuan kepemimpinan dalam perspektif Islam adalah untuk menerapkan hukum Allah. Namun, itu harus disesuaikan dengan konteks setiap tempat dan untuk menjaga dunia ini dari yang terburuk.

Dari ilustrasi di atas kita bisa mendapatkan kesimpulan bahwa kepemimpinan dalam perspektif Islam harus sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadis dan pemimpin harus memiliki 4 (empat) karakteristik yang dimiliki oleh nabi Muhammad (shidiiq, amanah, tabligh, dan fathonah). Tujuan untuk menerapkan hukum Allah yang dapat disesuaikan dengan konteks tempat masing-masing.  

Kemudian, dari penjelasan itu kita dapat mengetahui tentang kepemimpinan dalam perspektif Islam. Namun, untuk saat ini kita tahu banyak kelompok yang ingin menerapkan hukum Allah. Seperti : HTI (Hizbut Tahrir), al-Qaeda, dan ISIS (Islamic State Iraq and Suriah).  ISIS adalah tujuan kelompok, menerapkan hukum Allah dan ini disebut Radikalisme. Mereka didasarkan pada:

لا حكم الاّ بالله

"Tidak ada hukum kecuali hukum Allah"

Dari semua urusan yang terjadi, saya melihat bahwa tujuan dari ISIS adalah baik, tetapi cara yang digunakan untuk tujuan itu salah. Sebab, jika ISIS ini berbuat baik maka mereka tidak akan dibenci oleh negara lain dengan perilaku jahat.  Dalam menurut sebuah buku yang tite adalah ISIS dan Illumnate, mengatakan bahwa ISIS adalah dewa (wanita) Mesir kuno.  Pemimpin ISIS adalah Abu Bakar al-Baghdadi.  

Kemudian dikatakan ISIS adalah kelompok yang dibuat oleh Zionis (Israel) dan Amerika untuk menghancurkan negara Islam. Selain itu, Amerika dan Israel (zionis) menjadi kontributor untuk apa yang mereka butuhkan oleh ISIS. Hal ini membuat ISIS dapat dengan mudah dieksploitasi ke negara Timur Tengah.  ISIS menghasut setiap pemuda untuk bergabung dengan media cara ISIS. Pendapat lain mengatakan ISIS dari produk al-Qaeda tetapi hanya untuk Irak, tetapi di Suriah terjadi konflik, sehingga ISIS melibatkan diri untuk membantu menjatuhkan rezim Assad.

Pendapat saya tentang ISIS adalah mereka memiliki kelebihan dan tidak berlebihan. Kelebihan yang mereka miliki adalah mereka memiliki tujuan yang baik untuk menerapkan hukum Allah, tetapi saya pikir hukum Allah harus disesuaikan dengan setiap tempat (konteks). Karena setiap tempat memiliki hukum adat yang berbeda salah satunya. Yang tidak beres atau sesuatu yang saya benci dari ISIS adalah cara  mereka terlalu  tegas dan terlalu kejam tidak terlihat kasta di masyarakat. 

Setiap orang yang berbeda dan tidak mengikuti mereka (ISIS), mereka (ISIS) akan membunuh semua orang. Seperti yang kita lihat di televisi, koran, berita, dan sebagainya.

Setelah itu, kita tahu bahwa kepemimpinan dalam perspektif Islam dan melihat semua kejadian yang terjadi di dunia tentang kepemimpinan, mulai dari kelompok moderat hingga kelompok radikal. Karena, saya membuat kesimpulan bahwa kita harus memiliki empat (4) karakter dari nabi Muhammad untuk menjadi pemimpin (shidiq, amanah, tabligh, dan fathonah). 

Dengan itu, kita dapat mempengaruhi diri kita sendiri dan orang lain untuk berbuat baik dan menjauhkan diri dari sesuatu yang buruk. Kita melihat sejarah dari kepemimpinan di era nabi Muhammad sampai sekarang. Sejarah menjadi mendesak untuk mengetahui latar belakang kepemimpinan dan tokoh-tokoh mendesak yang ikut serta dalam menumbuhkan ledaership dalam perspektif Islam.

Jadi, kita harus berhati-hati dengan ISIS atau lainnya dan selalu menjaga persatuan kita. Meskipun mereka (ISIS atau lainnya) memegang AL-Qur'an dan Hadis. Tapi tidak semua cara mereka baik. Kita harus melihat-lihat di televisi dan lainnya untuk menghentikan atau membuat diri kita dan negara kita aman dari gangguan ISIS. Di negara ini tidak semua hukum dari Islam tetapi dari yang lain. Jadi, sementara kita berbicara kepemimpinan dalam perspektif Islam, kita tidak fokus dalam satu pandangan.

Jika kita menerapkan hukum Allah di era ini, kita bisa merasa sulit untuk menerapkannya. Jadi, althought dapat menerapkan hukum Allah tentang kepemimpinan, kita harus melihat sekeliling kita, tempat kita, perilaku kita tradisional, dll. Meskipun kita dapat melihatnya, kita dapat dengan mudah menerapkannya.  Kita tidak bertentangan dengan agama kita, tetapi kita harus bersatu dalam kepemimpinan. Allah berfirman tentang perdamaian:

وَاعْتَصِمُوا۟ بِحَبْلِ اللَّـهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا۟ ۚ وَاذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ اللَّـهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِۦٓ إِخْوٰنًا وَكُنتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَأَنقَذَكُم مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّـهُ لَكُمْ ءَايٰتِهِۦ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ :١۰٣

3:103 Dan peganglah erat-erat, kalian semua, pada kabel Allah, dan janganlah kamu berpisah. Dan ingatlah nikmat Allah kepadamu: Betapa kamu adalah musuh dan Dia menjadikan persahabatan di antara hatimu sehingga kamu menjadi seperti saudara oleh rahmat-Nya; dan (bagaimana) kamu berada di ambang jurang api, dan Dia menyelamatkanmu darinya. Demikianlah Allah menjelaskan wahyu-wahyu-Nya kepada kamu, agar kamu dapat dibimbing."

*) Dosen yang bekerja di Perguruan Tinggi Islam Syubbanul Wathon Magelang pada program studi Al-Qur'an dan Tafsir.


Redaksi

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال