Kisah Hari Ini: (3 Februari) Yasser Arafat dilantik menjadi Pemimpin Otoritas Palestina (PLO)


KULIAHALISLAM.COM- Kisah hari ini tepatnya pada 3 Februari 1969, Yasser Arafat dilantik secara resmi menjadi ketua Organisasi Pembebasan Palestina atau PLO tersebut, menggantikan
Yahya Hammuda. Pria yang bernama lengkap Mohammed Abdel Rahman Abdel Raouf Arafat al-Qudwa, mendedikasikan sebagian besar hidupnya untuk memerangi Israel melalui milisi Al-Fattah dan juga terlibat dalam pertempuran antara Palestina dan pasukan Yordania dan Lebanon pada waktu yang berbeda. Ini merupakan awal perjuangan dari Bangsa Palestina dalam upaya memerdekakan negeri mereka, pasca kegagalan Perang Arab-Israel II atau yang lebih dikenal dengan perang enam hari (1967). 


Pada awal masa kepemimpinannya, ia mampu menghimpun opini perjuangan atas pendudukan Israel di tanah Palestina. Pria yang dikenal dengan nama samara Abu Ammar ini juga memimpin serangkaian perundingan dengan Israel untuk mengakhiri konflik yang berlangsung selama satu dekade antara negara tersebut di PLO. Di antara perundingan-perundingan ini adalah Konferensi Madrid 1991, Perjanjian Oslo, dan pertemuan di Camp David pada tahun 2000.

Di akhir kepemimpinannya, ia mendapat kritikan tajam terkait dugaan memperkaya diri dan melupakan tujuan utama dalam perjuangan Palestina. Pada akhir 2004, setelah diisolasi secara efektif oleh tentara Israel di rumahnya sendiri di Ramallah, Arafat jatuh sakit, kemudian mengalami koma dan wafat pada tanggal 11 November 2004, dalam usia 75 tahun (APN).


Sumber:

1)      https://www.nobelprize.org/prizes/peace/1994/arafat/biographical/

2)      https://id.wikipedia.org/wiki/Yasser_Arafat

Achmad Puariesthaufani

Pemerhati Sejarah & Pergerakan Islam. Lulusan Universitas Mercubuana Jakarta, saat ini sedang menempuh pendidikan Magister Manajemen di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال