Interpretasi Teknologi Sebagai Sarana Berdakwah

Interpretasi Teknologi Sebagai Sarana Berdakwah

Oleh: Imam Gunawan

KULIAHALISLAM.COM - Dakwah bisa dikatakan sebagai suatu proses penyampaian, ajakan, atau seruan kepada masyarakat agar lebih mengetahui agama Islam secara mendalam. Terkait dengan dakwah, kita coba kembali ke masa lampau terlebih dahulu. Bahwa keberhasilan walisongo dalam berdakwah kala itu patut dijadikan sebagai ibroh bagi kita semua. 

Zaman dimana belum memiliki pengetahuan teknologi seperti saat ini. Keberhasilan mereka membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Saat itu pula masyarakat Indonesia yang kala itu dikenal sebagai masyarakat yang religiomagis. 

Maka walisongo dalam dakwahnya mengakulturasi antara budaya dengan agama. Karena hal inilah yang memudahkan walisongo dalam berdakwah. Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin. Tentunya memberikan manfaat kepada semua manusia.

Selain cerita Walisongo di atas, kita bisa melihat tower pada masjid sekarang pun bukanlah seratus persen dari budaya Arab. Tetapi adanya akulturasi antara budaya persia dengan agama Islam. Maka, sebagai muslim sarana berdakwah tidak ada batasan khusus. 

Inilah hal terpenting bagi pendakwah, dakwah tidak harus melulu membahas agama. Tetapi, bagaimana interpretasi dalam berdakwah kepada masyarakat luas. Sehingga masyarakat dapat mengenal Islam bukanlah agama yang sempit.

Jika dikomparasikan dengan zaman sekarang, kita bisa berdakwah memperkenalkan agama Islam secara luas dengan pemanfaatan teknologi yang kian berkembang. Media sebagai sarana informasi telah banyak merubah tatanan kemasyarakatan baik dari segi politik, hukum, budaya, dan lain-lain. 

Kemudian dengan aplikasi-aplikasi dan penerapan teknologi yang ada, maka tugas kita dalam berdakwah harus memiliki kreativitas untuk mengajak umat Islam berbuat kebaikan. Sikap akulturasi budaya dengan agama bisa dijadikan ibroh bagi kita semua, bahwa berdakwah tidak melulu membahas soal agama.

Oleh karena itulah, pemanfaatan teknologi dalam berdakwah bukanlah hal yang buruk, justru jika kita memanfaatkan teknologi itu sebagai sarana berdakwah. Kita dapat memberi manfaat kepada orang luas khususnya kepada orang yang melek terhadap teknologi dan bukan hanya lingkungan kita.

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Post 2

نموذج الاتصال