Mahasiswa KKN Unsika 2022 Lakukan Sosialisasi Terkait Program Kerja Utama di Desa Kutaampel

Mahasiswa KKN Unsika 2022 Lakukan Sosialisasi Terkait Program Kerja Utama di Desa Kutaampel

KULIAHALISLAM.COM - Kelompok  KKN Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) 2022 melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kutaampel, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang. 

KKN Tematik-Integratif ini dipandu oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Ida R. Hasan yang merupakan dosen Fakultas Hukum di UNSIKA, dan diketuai oleh Bintang Mahesa Putra, yang dimana tim KKN tersebut telah melaksanakan program kerja utama mereka dengan judul “Sosialisasi Perlindungan Hukum dan Pemenuhan Hak Bekerja Disabilitas Di Kabupaten Karawang.”

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di aula kantor Desa Kutaampel pada tanggal 31 Agustus 2022, dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. Puryanto selaku Kasi Hubungan Industrial, Kesejahteraan Pekerja dan Jamsos Disnaker Kabupaten Karawang, juga Holyone Singadimedja selaku dosen Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang. 

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh lebih dari 50 orang tamu undangan yang terdiri dari Perangkat Desa, Linmas, anggota Karang Taruna, masyarakat Desa Kutaampel, dan juga mahasiswa dari tim KKN UNSIKA lainnya yang juga melaksanakan KKN di Desa Kutaampel.

Bintang selaku ketua dari Kelompok KKN UNSIKA 2022 mengatakan bahwa tujuan dari program kerja utama tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap adanya perlindungan hukum dan pemenuhan hak bekerja bagi para penyandang disabilitas. 

“Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini yang pasti untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap adanya perlindungan hukum dan pemenuhan hak bekerja bagi para penyandang disabilitas, intinya agar masyarakat paham bahwa yang berbeda pun harus mendapatkan hak yang sama tanpa adanya diskriminasi” ujarnya, Rabu (31/8). 

Bintang juga menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan setelah melewati berbagai tahapan, tahapan tersebut adalah pengumpulan data disabilitas dari dusun-dusun yang ada di Desa Kutaampel seperti Dusun Gamprit, Dusun Lolohan I, Dusun Lolohan II, Dusun Pisang Sambo dan Dusun Tangkil. 

“Sejak awal berada di Desa Kutaampel, kami sudah melakukan pendataan terkait data-data disabilitas, dan kami mendapatkan beberapa data dari beberapa Dusun yang ada di Desa Kutaampel” tambahnya. 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa Kutaampel yaitu Rosadi Gunawan yang juga memberikan sambutan saat acara berlangsung dan menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa karena telah membantu program-program Desa selama bulan Agustus.

Acara sosialisasi tersebut berhasil dilaksanakan dengan pemaparan materi dari narasumber yang ada, dan diakhir acara tamu undangan menyampaikan kesan dan pesan terkait sosialisasi yang telah dilaksanakan tersebut, “Acara sosialisasinya sangat bermanfaat, kita menjadi tahu apa saja dan bagaimana perlindungan hukum, serta hak-hak bekerja bagi para disabilitas” ujar salah satu mahasiswa. 

Bapak Adang selaku Ketua RT 014/004 Dusun Lolohan II juga menyampaikan kesan dan pesannya “saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa UNSIKA yang telah melaksanakan program KKN di Desa Kutaampel dan untuk acara hari ini yang sangat bermanfaat” ungkapnya, Rabu (31/8). 

Terakhir, tim KKN UNSIKA 2022 di Desa Kutaampel menyampaikan harapannya terhadap acara sosialisasi yang telah mereka laksanakan pada hari Rabu 31 Agustus 2022, mereka berharap acara tersebut dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan bagi masyarakat Desa Kutaampel, dan segala informasi yang telah disampaikan di dalam sosialisasi tersebut dapat selalu diterapkan terutama oleh perangkat Desa agar tidak terjadi ketimpangan antara warga penyandang disabilitas dan warga lainnya.(Ibrahim Hasan)

Redaksi

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال