RBC Institute A Malik Fadjar Kenalkan Dunia Literasi dan Eksperimen Sains  

RBC Institute A Malik Fadjar Kenalkan Dunia Literasi dan Eksperimen Sains


KULIAHALISLAM.COM - Rumah Baca Cerdas (RBC) Institute Abdul Malik Fadjar berkunjung ke SMP Muhammadiyah 2 Malang dengan membawa mobil Kamis Membaca (KaCa) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kunjungan kali ini RBC institute mengenalkan dunia literasi dan eksperimen sains kepada siswa kelas VII dan VIII (16/6).

Aldi Bintang, selaku tim RBC Intitute menekankan pentingnya membaca dan menulis kepada siswa SMP Muhammadiyah 2 Malang.

“Budaya literasi seperti membaca dan menulis sangat penting untuk generasi muda. Kita harus menimba ilmu sebanyak-banyak melalui literasi agar ke depan dapat memberikan manfaat luas kepada lingkungan masyarakat,”. Ujar Aldi.

Ia menambahkan, “Apabila budaya literasi kita tinggi secara tidak langsung maka akan menciptakan generasi-generasi yang cerdas, kreatif, dan inovatif. Ini akan berpengaruh terhadap kemajuan sebuah bangsa,”.

Sementara, dalam eksperimen sains Dwi Putri Ayu Wardani selaku instruktur mobil KaCa, mengajak untuk membuat pasta gigi gajah kepada para siswa. Adapun nama pasta gigi gajah diambil dari hasil reaksi yang menyerupai pasta gigi. Begitupun dengan kemasannya yang berukuran jumbo. 

“Busa yang dihasilkan cukup unik karena gelembung busa kecil memiliki kandungan oksigen. Adapun bahan ragi kering berperan sebagai katalis sebagai pemecah rantai oksigen dari hidrogen peroksida. Reaksi cepat yang terjadi mengakibatkan adanya banyak gelembung,” imbuh Ayu menjelaskan.

Siswa-siswi sangat antusias mengikuti rangkaian acara sampai berakhir. Mereka terlihat gembira dan senang dengan kedatangan mobil KaCa UMM. 

Kegiatan ini juga mendapat respon baik dari Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Malang.

“Saya berterimakasih yang mendalam kepada teman-teman RBC Institute atas kunjungannya di SMP Muhammadiyah 2 Malang. Kami berharap akan ada kunjungan berikutnya yang terus mengenalkan dunia literasi kepada anak didik kami.” Tegas Supriyanto., S. Pdi., M.Pd.

Ia menambahkan, “Untuk melewati tantangan abad 21 yang semakin kompleks para pelajar harus memiliki daya literasi yang tinggi, sehingga ke depan apabila mendapatkan tantangan kehidupan mampu melewatinya dengan baik,”.

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال