Pemikiran dan Gerakan Pembaruan Islamisasi Pengetahuan Prof. Ismail Raji Al Faruqi

Pemikiran dan Gerakan Pembaruan Islamisasi Pengetahuan Prof. Ismail Raji Al Faruqi

KULIAHALISLAM.COM - Prof. Ismail Raji Al Faruqi lahir di Jaffa, Palestina 1 Januari dan wafat 27 Mei 1986 di Philadelphia, Amerika Serikat. Ia merupakan Ilmuwan muslim terkemuka dan pendiri pengkajian pusat Pengkajian Islam di Temple University, Philadelphia, Amerika Serikat.

Ismail Raji Al Faruqi merupakan tokoh pembaruan Islam dan tokoh PAN Islamisme. Ia dilahirkan di Jaffa, Palestina ketika Palestina masih merupakan bagian dari Arab sebelum dijajah Zionis. 

Pendidikan awalnya dilaluinya di College des Freres di Libanon sejak tahun 1926 sampai 1936. Dia kuliah pertama kali di American University di Beirut sampai mencapai gelar sarjana muda. Ia pernah menjabat sebagai Gubernur Galilea yang terakhir sebelum jatuh ke tangan Zionis. Selanjutnya, ia pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1948.

Dan pada tahun 1949, Ismail Raji Al Faruqi meraih gelar MA dalam bidang filsafat di Indiana University dan mendapat gelar kedua kalinya di Harvard University dengan judul Tesis : On Justifiying the Good: Metaphysic and Epistemology of Value (Tentang Pembenaran Kebaikan: Metafisika dan Epistimologi Nilai). 

Selanjutnya ia mendapatkan  gelar Doktor di Indiana University. Setelah itu, ia memperdalam ilmu pengetahuan Keislaman di Universitas Al Azhar, Mesir selama empat tahun.

Setelah selesai studi di Kairo, ia memberi kuliah di McGill University, Montreal, Kanada pada tahun 1959. Pada tahun 1961, ia pindah ke Karachi, Pakistan karena terlibat dalam kegiatan Central Institute for Islamic Research dengan jurnalnya Islamic Studies. 

Pada tahun 1963, ia kembali ke Amerika Serikat dan memeberi kuliah di Fakultas Agama di University of Chicago dan selanjutnya pindah ke program pengkajian Islam di Syracus University, New York.

Pada tahun 1968 ia pindah ke Temple University sebagai Guru Besar Agama dan mendirikan Pusat Pengkajian Islam. Ia terus memberi kuliah di Temple University sampai ia terbunuh. 

Di samping itu ia juga menjadi Dosen luar biasa di Mindanao State University, Marawi City di Filipina dan Universitas Islam di Qom, Iran. Dia adalah perancang utama kurikulum The American Islamic College Chicago, Amerika Serikat.

Prof. Ismail Raji Al Faruqi banyak terlibat dalam perencanaan program pengkajian Islam di berbagai negara di dunia seperti Libya, Arab Saudi, Pakistan, Afrika Selatan, India, Malaysia, dan Mesir. Ia juga duduk di delapan jurnal ilmiah sebagai anggota Dewan Redaksi. 

Dia banyak menerima penghargaan karena prestasi ilmiahnya itu. Ia menulis lebih dari dua puluh buku dan seratus artikel. Diantara bukunya yang terkenal adalah Christian Ethics (Etika Kristen), A Historical Atlas of the Religion of the World (Atlas Historis Agama Dunia), Trialogue of Abrahamic Faiths (Trilogi Agama-Agama Abrahamis), The Culturtal Atlas of Islam (Atlas Budaya Islam), Tauhid yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh penerbit Mizan.

Ketidakadilan dan kezaliman yang dilakukan Zionis menurutnya begitu rumit, begitu majemuk dan begitu gawat sehingga tidak ada cara menghentikannya tanpa suatu kekerasan peperangan. Dalam hal ini negara Zionisme harus dihancurkan dan orang Yahudi tetap diberi hak untuk bermukim dimanapun. Ismail Raji Al Faruqi sangat anti Zionisme. Hal ini membuat Amerika dan Isarel dan Yahudi membencinya.

Di Amerika tersebar gerakan Anti-Arab yang dilakukan kelompok Liga Pembebasan Yahudi dan Organisasi Pembela yahudi. Dalam suasana meningkatnya anti Arab, Prof. Ismail Raji Al Faruqi dan isterinya yang bernama Prof. Dr. Louis Lamya Al Faruqi terbunuh dirumahnya karena diserang oleh kelompok misterius pada tengah malam 27 Mei 1986. 

Lois Lamya merupakan Guru Besar di Temple University dan telah menulis beberapa buku diantaranya adalah “The Cultural Atlas of Islam (Edisi terjemahan: Atlas dan Budaya Islam)” yang ditulis bersama Prof. Ismail Raji Al Faruqi, kemudian buku “Status of Women in Islam” dan karya tulis lainnya.

Kematiannya misterius samahalnya yang dialami Dr. Ali Syariati sang tokoh besar pembaruan Islam dari Iran. Untuk mengenang jasa-jasanya dan pemikirannya, maka Organisasi Masyarakat Islam Amerika Utara (ISNA) mendirikan The Ismail and Lamya Al Faruqi Memorial Fund yang bermaksud mencetuskan Islamisasi pengetahuan yang dicetuskannya.

Mengapa Harus Islamisasi Pengetahuan ?

Prof. Ismail Raji Al Faruqi menyatakan bahwa kita telah menyaksikan kebangkitan kesadaran Islam di seluruh dunia, serta perjuangan-perjuangan penting  dari sebagian ummat untuk memperoleh kemerdekaan. 

Akan tetapi dalam abad ini juga kita menyaksikan kemunduran besar yang rata-rata menimpa ummat yakni kecerobohan mereka untuk begitu saja menerima kebudayaan asing. Hal ini akan membawa kita kepada Deislamisasi terhadap masyarakat Islam dan demoralisasi terhadap lapisan lainnya.

Pandangan Islam menjadi kabur karena pandangan-pandangan lain yang kita terima dari Kolonial. Yang membantu penyebaran pandangan asing ini adalah sistem pendidikan yang terbelah atas dua cabang yang pertama sistem modern dan yang kedua adalah sistem Islam. 

Dikotomis sistem ini adalah lambang kejatuhan kaum Muslimin. Di masa lampau banyak tokoh-tokoh Islam yang melakukan reformasi terhadap sistem pendidikan Islam dengan cara menambahkan ilmu pengetahuan yang dipelajari Barat.

Tokoh yang melakukan reformasi ini diantaranya adalah Sayyid Ahmad Khan dari India dan Muhammad Abduh dari Mesir. Presiden Mesir yaitu Jamal Abd. Nasher menyempurnakan strategi ini dengan mengubah Al Azhar menjadi sebuah Universitas Modern. 

Usaha-usaha reformasi pendidikan ini menemui kegagalan sebab menurut Ismail Raji Al Faruqi, mereka hanya asal tiru saja. Ilmu pengetahuan modern dari Barat dimasukan ke kurikulum pendidikan Islam tetapi pendidikan Islam yang selama ini buruk dibiarkan begitu saja.

Prof. Ismail Raji AlFaruqi menyatakan bahwa setiap disiplin ilmu harus ditempa ulang dengan menggunakan “Sumbu Tauhid”. Sumbu pertama adalah kesatuan pengetahuan. 

Berdasarkan kesatuan pengetahuan ini segala disiplin harus mencari obyektif yang rasional, pengetahuan yang kritis mengenai kebenaran. Dengan demikian tidak ada lagi pernyataan bahwa beberapa Sains bersifat aqli (rasional) dan yang lainnya bersifat naqli (tidak rasional).

Sumbu yang kedua adalah kesatuan hidup. Segala disiplin ilmu harus menyadari dan mngabdi kepada tujuan penciptaan. Dengan demikian tidak ada lagi pernyataan bahwa beberapa disiplin ilmu sarat nilai dan yang lainnya bebas nilai. 

Sumbu yang ketiga adalah kesatuan sejarah. Dengan demikian tidak ada lagi pembagian pengetahuan kedam sains-sains yang bersifat individual dan sains-sains yang bersifat sosial sehingga semua disiplin tersebut bersifat humanitis dan ummatis.

Malaise yang Dihadapi Umat Muslim

Prof. Ismail Raji Al Faruqi menyatakan bahwa dunia ummah Islam saat ini berada di anak tangga bangsa terbawah. Di dalam abad ini, tidak ada kaum lain yang mengalami kekalahan atau kehinaan seperti yang dialami kaum Muslimin. Mereka dibantai, dijajah, disekulerkan, diwesternisikan dan dideislamisasikan oleh agen-agen musuh.

Keadaan pendidikan Dunia Islam saat ini terburuk karena sistem pendidikan yang sekuler memegang proporsi yang sangat besar dan mencampakan sistem Islam. 

Mengenai dunia Islam sendiri yang diketahui hanyalah pertentangan dan perpecahan, peperangan, kekayaan yang berlimpah-limpah dan kemiskinannya yang keterlaluan, bencana kelaparan dan wabah kolera. Di front politik, kondisi umat Muslim terpecah-pecah, kekuatan kolonial telah berhasil memecahkan ummah. Setiap pemerintahan Islam mempergunakan kekayaan dan energinya hanya untuk menjaga kekusaannya.

Di front ekonomi, ummah belum maju dan terbelakang. Di dalam kebutuhan-kebutuhan hidup yang bersifat strategis, makanan-makanan pokok, pakaian, energi dan perlengkapan militer, tidak ada negara Islam yang mampu mencukupi dirinya sendiri. Setiap negara akan mengalami bencana ketika negara kolonial karena alasan tertentu ingin menghentikan perdagangan yang tidak menguntungkan dengannya.

Di dalam kebanyakan kasus, industri-industri baru di dunia Islam tidak dimaksudkan untuk memenuhi hal-hal yang sangat mereka butuhkan tetapi untuk memenuhi kebutuhan yang sepele yang diciptakan oleh advertensi yang intensif pihak kolonial. 

Bagi kolonial, pemenuhan kebutuhan agrikultural oleh kaum Muslimin sendiri adalah musuh nomor satu. Kekayaan minyak yang telah dianugerahkan Allah kepada beberapa negara Islam ternyata tidak merupakan nikmat seperti yang seharusnya.

Di front Religio-Kultural, abad-abad kemerotan kaum Muslimin telah menyebabkan berkembangnya buta huruf, kebodohan dan takhayul di antara mereka. Hal ini menyebakan seorang muslimin yang awam lari ke dalam keyakinan yang buta, bersandar pada literalisme dan legalisme atau mengarahkan jiwanya kepada “Syekhnya”. 

Pemimpin-pemimpin muslim yang telah mengalami westrenisasai tidak mengetahui bahwa cepat atau lambat, program-program mereka akan  merobohkan agama Islam dan kultur warganya.

Hubungan di antara manifestasi-manifestasi dari produktifitas dan kekuatan Barat mengenai Tuhan, manusia, hidup, alam, dunia. Waktu dan sejarah terlampau halus untuk dapat dinikmati mereka atau untuk mereka perduli. 

Suatu sistem pendidikan yang sekuler dibangun dan disini diajarkan nilai-nilai dan metode Barat. Maka mengelirlah ke dalam masyarakat generasi lulisan sistem pendidikan yang tidak mengetahu khazanah keislaman.

Negara-negara Islam bangga dengan bouleverd baru yang dibuka diibukota-ibukota mereka yang penuh dengan  perkantoran atau apartemen yang menjulang tinggi ala Barat tetapi mereka tidak merasa malu dengan kejorokan dan kejorokan dari desa-desa dan kota-kota daerah lain. Di kota-kota besar, arsitektur Islam mati dan perencanaan kota Islam tidak ada.

Di front pendidikan, pendidikan di dunia Islam terbagi atas bagian yang modern dan bagian klasik. Bagian Kurikulum yang Islam tetap tidak diubah penyebabnya karena konservatisme dan kepentingan peribadi atau karena rencana sekularis agar bagian kurikulum tersebut tidak pernah berhubungan dengan realitas dan modernitas sehingga para lulusannya tidak mampu bersaing terhadap lulusan dari lembaga-lembaga pendidikan sekuler. 

Semua telah dipikirkan dan direncanakan oleh ahli strategi kolonial. Selain itu masalah rendahnya mutu lembaga pendidikan di dunia Islam merupakan masalah yang tidak terpecahkan.

Pendidikan di Dunia Islam tidak memeiliki ketajaman wawasan saat ini. Pemimpin-pemimpin pendidikan di dunia Islam adalah orang-orang yang tidak mempunyai wawasan Islam, tanpa kultur dan tidak didorong cita-cita Islam. 

Di setiap negara Islam, mahasiswa yang memasuki perguruan tinggi memiliki pengetahuan yang sedikit mengenai Islam. Di sisi lain, banyak Muslim yang hanya puas dan merasa cukup ketika telah lulus dan meraih gelar sarjana serta mendapatkan posisi penting dan menguntungkan padahal mereka tidak memiliki ketajaman wawasan Islam.

Pendidikan Barat di Dunia Islam telah  berubah menjadi sebuah karikatur dan prototipe Barat. Materi-materi dan metodologi yang kini diajarkan di Dunia Islam adalah jiplakan dari materi-materi dan metodologi Barat namun tidak mengandung wawasan Keislaman yang tajam. 

Tanpa disadari, materi-materi dan metodologi yang hampa ini memberi pengaruh jelek mendeislamisasikan siswa. Materi dan metodologi tersebut membuat para lulusan Universitas dunia Islam sebagai mahasiswa yang menginjak tahap sophomore, mereka mengira tahu tetapi sesungguhnya yang mereka ketahui hanya sedikit sekali.

Tugas berat yang dihadapi ummat adalah memecahkan masalah pendidikan. Tidak ada harapan akan kebangkitan umat Muslim kecuali sistem pendidikan diubah dan kesalahan-kesalahannya diperbaiki. 

Dualisme pengetahuan terjadi dalam umat Islam saat ini.  Umat Muslim membagi ilmu pengetahuan menjadi sistem Islam dan sistem sekuler. Padahal sejatinya kedua sistem itu harus dipadukan secara integral dan sistem yang ditimbulkannya harus diisi dengan semangat Islam. Sistem pendidikan Islam yang terdiri dari madrasah-madrasah, jami’ah-jami’ah harus dipadukan dengan sistem sekuler.

Perpaduan ini harus merupakan kesempatan yang tepat untuk menghilangkan keburukan-keburukan masing-msing sistem seperti tidak memadainya buku-buku, guru-guru yang tidak berpengalaman di dalam sistem yang tradisional dan peniruan metode-metode dan ideal-ideal Barat sekuler di dalam sistem yang sekuler. 

Dengan perpaduan kedua sistem pendidikan ini, pengetahuan Islam akan menjadi pengetahuan tentang sesuatu yang langsung berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari di dunia ini, sementara pengetahuan modern akan bisa kita bawa dalam kerangka sistem Islam.

Kekurangan Metodologi Tradisional

Setelah serangan pasukan Tartar dan Paukan Salib dari Barat, pemimpin-pemimpin Muslim banyak yang kehilangan akal dan tidak mempunyai keyakinan pada diri sendiri karena berpikir bahwa dunia mereka telah mengalami bencana sehingga mereka menjaga identitas mereka sebagai “Islam”.

Namun mereka melarang segala bentuk inovasi dan mengemukakan ketaatan fanatik secara harfiah kepada Syariah. Mereka mencanangkan bahwa pintu ijtihad telah tertutup. Mereka memperlakukan Syariah sebagai hasil karya yang sempurna dari para leluhur dan menayatakan bahwa penyimpangan terhadap syariah adalah inovasi dan setiap inovasi terkutuk.

Akibat ditutupnya pintu ijtihad, syariah menjadi beku. Mereka membatasi orang yang boleh berijtihad hanya orang yang memenuhi syarat yaitu penguasaan bahasa Arab, penguasaan ayat-ayat hukum di dalam Alquran dan Sunnah  seperti Sahabat-sahabat Nabi, Imam-imam pendiri Mazhab dan faqih-faqih di zaman klasik secara parktisnya juga menguasai semua disiplin kesusasteraan, hukum, astronomi dan pengobatan.  

Mereka adalah tokoh-tokoh yang mengetahui bahwa Islam tidak hanya merupakan hukum tetapi juga sebagai ideal dan teori, sebagai sebuah sistem pemikiran dan kehidupan yang dihayati oleh berjuta-juta manusia di dalam praktik yang aktual. Sudah pasti jika syarat-syarat itu harus terpenuhi untuk menjadi seorang Mujtahid maka tidak ada yang cukup untuk memenuhi tanggung jawab itu saat ini.

Di dalam sistem tradisional itu sendiri, telah dilakukan beberapa usaha reformasi. Yang berani di antara usaha-usaha ini dilakukan oleh Muhammad Abduh dan gurunya Jamaluddin Al Afghani. 

Mereka berdua menyerukan kembali pintu ijtihad namun usaha ini masih gagal karena syarat tradisional yang harus dipenuhi oleh para Mujtahid tidak berubah dengan demikian mempersempitkan praktik ijtihad kepada lulusan madrasah tradisional saja yang kedua adanya pemahaman bahwa seorang Mujtahid hanya orang yang menerjemahkan semua masalah ke dalam tema hukum.

Usaha reformasi membuka ijtihad ini dipersempit lagi dengan kenyataan bahwa para Mujtahid itu hanya mengkonsentrasikan usahanya kepada keputusan ahli-ahli hukum sehubungan dengan adanya aksi-aksi spesifik yang telah dilakukan kaum Muslimin atau yang hendak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana masa lampau, ahli fikih atau Mujtahid tradisional tidak dapat melihat suatu masalah secara utuh, ia hanya dapat menentukan kesesuaian yang eksak dari perbuatan-perbuatan tertentu dengan norma-norma yang telah dispesifikasikan di dalam suatu Mazhab.

Situasi yang seperti ini memerlukan metodologi baru untuk membuka pengetahuan kita tentang ushul atau sumber-sumber pengetahuan Islam. Para Mujtahid tradisional tidak sanggup menyusun metodologi yang demikian ini.

Prinsip-Prinsip Keesaan Allah dalam Metodologi Islam Menurut Prof. Ismail Raji’Al Faruqi

Ismail Al Faruqi menyatakan bahwa Keesaan Allah adalah prinsip pertama dari agama Islam dan setiap sesuatu yang Islamiah. Itulah prinsip bahwa Allah adalah Allah dan bahwa Dia adalah tunggal secara mutlak, trasenden secara mutlak dan secara metafisis dan axialogis tertinggi.

Bahwa setiap sesuatu  yang selain daripada Dia adalah terpisah dan berbeda dari Dia. Dia adalah sang pencipta dengan perintah-Nya semua bisa terjadi. Segala kebaikan dan kebahagian seperti hanya segala kehidupan dan energi adalah kerunia-karunia-Nya.

Di dalam kehidupan Islam, hal-hal ini diakui dan dipergunakan dengan cara demikian sementara di dalam pemikiran Islam, Dialah sebab (cause) yang pertama dan terakhir dari setiap sesuatu. 

Dengan demikian sifat dan aktivitas-Nya adalah prinsip-prinsip konstitutif dan regulatif yang pertama dari semua pengetahuan. Pengetahuan Islam memandang setiap obyek pengetahuan sebagai penyempurnaan tujuan yang dikehendaki Allah.

Langkah-langkah yang Diperlukan Untuk Mencapai Proses Islamisasi Pengetahuan

1. Penguasaan Disiplin Ilmu Modern : Penguaraian Kategoris

Prof. Ismail Al Faruqi menyatakan bahwa sebagai langkah pertama untuk mencapai proses Islamisasi dengan menguasai berbagai disipin ilmu modern yang berasal dari Barat. Disiplin ilmu modern harus dipecah-pecah menjadi kategori-kategori, prinsip-prinsip, metodologi-metodologi, problem-problem dan tema-tema. 

Penguraian tersebut harus mencerminkan daftar isi sebuah buku pelajaran dalam bidang metodologi disipilin ilmu yang bersangkutan atau silabus-silabus kuliah disiplin ilmu tersebut seperti yang harus dikuasai Mahasiswa.

Penguraian tersebut tidaklah berbentuk judul-judul, bab dan tidak pula ditulis dalam istilah teknis. Hasil uraian tersebut harus berbentuk kalimat-kalimat yang memperjelas istilah teknis, menerangkan ketegori, prinsip, problema dan tema pokok disiplin ilmu Barat dalam puncaknya.

2. Survei Disiplin Ilmu

Setiap disiplin ilmu harus disurvei dan esai-esai harus ditulis dalam bentuk bagan mengenai asal-usul dan perkembangannya beserta pertumbuhan metodologinya, perluasaan cakrawala wawasannya dan tak lupa sumbangan-sumbangan pemikiran yang diberikan oleh para tokoh utamanya. 

Bibliografi dengan keterangan singkat daripada karya-karya terpenting di bidang itu harus dicantumkan sebagai penutup dari masing-masing disiplin ilmu. Tulisan itu juga harus mengandung daftar berkategori dan berurutan dari buku  dan artikel utama yang dibaca seorang calon Sarjana dalam rangka pengusaan disiplin ilmu tersebut secara tuntas.

Langkah ini bertujuan untuk memantapkan pemahaman Muslim akan didiplin ilmu yang dikembangkan dunia Barat. Ilmu-ilmu di Barat dewasa ini telah menjadi beraneka sisi sebagai akibat adanya ledakan pengetahuan maka kini sudah saatnya bagi ilmuwan-ilmuwan Islam untuk menyelami disiplin ilmu dari Barat itu sampai pada dasarnya dan kemudian bersepakat mengenai identitas, sejarah, topografi dan garis depan daripada obyek yang akan diislamkan.

3. Pengusaan Khazanah Islam

Sebelum menyalami seluk-beluk relevansi Islam bagi suatu disiplin ilmu modern, perlu ditemukan sampai berapa jauh khazanah ilmiah Islam menyentuh dan membahas obyek didplin ilmu tersebut. 

Warisan ilmiah para ilmuwan Islam kita terdahulu perlu dipakai sebagai titik awal usaha untuk mengIslamisasikan ilmu-ilmu modern. Proses Islamisasi ilmu-ilmu modern akan menjadi miskin jika kita tidak menghiraukan khazanah dan memanfaatkan pandangan-pandangan tajam para ilmuwan terdahulu.

Ilmuwan Muslim yang terdidik dalam dunia pendidikan Barat sering kali gagal karena ketidakmampuan memahami khazanah ilmiah Islam hal ini karena ia tidak mengenal ketegori-kategori khazanah ilmiah Islam yang digunakan oleh Ilmuwan Muslim tradisional untuk mengklasifikasi obyek disiplin ilmu yang ditekuninya itu. 

Lagipula, Ilmuwan Muslim didikan gaya Barat biasanya tidak mempunyai waktu ataupun energi yang dibutuhkan untuk penjajakan khazanah ilmiah Islam yang begitu kaya dan luas itu dengan berhasil.

4. Pengusaan Khazanah Ilmiah Islam Tahap Analisa

Untuk dapat mendekatkan karya-karya hasil khazanah ilmiah Islam dengan para Ilmuwan Muslim yang terdidik dalam cara Barat, kita perlu melakukan sesuatu yang lebih besar daripada sekadar menyajikan berhalam-halaman bahan dalam bentuk antalogi.

Para ilmuwan tradisional pendahulu kita telah bekerja menyoroti permasalahan yang dihadapinya dengan khazanah Islam. Untuk dapat memahami kristalisasi wawasan Islam mereka, karya mereka perlu dianalisa dengan latar belakang sejarah dan kaitan antara masalah yang dibahas dengan berbagai bidang kehidupan manusia perlu diidentifikasi dan diperjelas.

5. Survei Masalah yang Dihadapi Umat Islam

Dibangunkan dari tidurnya, umat Islam sekarang dihadapkan pada setumpuk permasalahan di semua bidang kehidupan. Masalah-masalah ekonomi, sosial, politik yang dihadapinya sekarang tak lebih dari puncak gunung es yang berupa semua perangkat sebab, manifestasi, dialektika dengan fenomena dari akibat permasalahan yang dihadapi ummat, membutukan survei empiris dan analisa kritis.

Kearifan yang dikandung setiap disiplin ilmu harus dihadapkan dan dimanfaatkan untuk menanggulangi permasalahan umat Islam agar kaum Muslimin dapat memahaminya dengan benar, menilai dengan tepat pengaruhnya pada kehidupan umat serta memetakan dengan teliti semua pengaruh yang dapat diberikannya pada tujuan dunia Islam. 

Tak seorang Ilmuwan Muslim pun boleh membatasi ilmunya dalam suatu menara gading kemurnian yang hanya memuaskan keinginan intelektualnya lepas dari kenyataan dan harapan serta aspirasi ummat Islam secara keseluruhan.

Doa pada Allah untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat harus diterapkan dalam upaya menuntut ilmu dengan memalingkan pandangan kita pada masalah-masalah uang ada di tangan ummat.

Editor: Adis Setiawan

Rabiul Rahman Purba, S.H

Rabiul Rahman Purba, S.H (Alumni Sekolah Tinggi Hukum Yayasan Nasional Indonesia, Pematangsiantar, Sumatera Utara dan penulis Artikel dan Kajian Pemikiran Islam, Filsafat, Ilmu Hukum, Sejarah, Sejarah Islam dan Pendidikan Islam, Politik )

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال