Redaksi Pelaksana Kuliahalislam.com Beri Ilmu Jurnalistik yang di Gelar IPM SMKM 3 Ngimbang


KULIAHALISLAM.COM – Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah 3 Ngimbang mengadakan pelatihan jurnalistik dengan mendatangkan dua pemateri dari yaitu Kholiq Imron dan Fathan Faris Saputro.(27/3/2022) di aula SMKM 3 Ngimbang.

Dengan tema 'Jurnalistik Senikmat Ngopi' acara itu di sampaikan Fathan Faris Saputro kepada peserta pelatihan jurnalistik.

"Semoga kehadiran materi ini memberikan manfaat untuk adik-adik sekalian, utamanya untuk mengenal dan memahami teori dasar tentang jurnalistik," kata Fathan yang juga redaksi pelaksana kuliahalislam.com ini.

Usai sesi berkenalan, sesuai jadwal pemateri menyampaikan paparan dengan selingan yang menghidupkan suasana. Sesi tanya jawab pun menciptakan keceriahan peserta. Mereka terlihat antusias menyimak penyampaian 'ilmu baru' yang didengar.

Fathan Faris Saputro mengawali dengan menyampaikan teori dasar jurnalistik. Fathan menyambung dengan menyajikan pemahaman dan teknik dasar, memahami rumus 5W 1H, menyusun perencanaan liputan, teknik wawancara, kemudian menuangkan dalam penulisan berita.

Fathan juga memberikan kaidah dasar bahasa Indonesia dan bahasa jurnalistik, yang menjadi bekal dalam mengawali menulis.

"Kalian harus memahami bahasa, artinya bahasa yang kalian tuangkan dalam penulisan sebuah berita harus memenuhi unsur yang kita sampaikan dalam teori tadi. Bahasa baku, lugas, tegas dan tidak bertele-tele," ujarnya.

Selain teknik penulisan dan tata bahasa, teknik pengambilan foto juga tersaji di paparkan oleh pemateri, sebagai bekal awal pengambilan gambar atau foto.

Sesi berikutnya, setelah di bagi contoh tulisan berita, diteruskan dengan praktek penulisan berita.

Diharapkan dari hasil pelatihan ini akan lahir penulis-penulis muda. Minimal bisa menulis kegiatan di sekitar lembaga. Peserta pelatihan mengaku gembira dan bersyukur.

Materi jurnalistik menjadi ilmu baru yang kini dimiliki. Kedepan, dengan bekal pemahaman yang didapat tersebut, bisa dituangkan dalam beragam tulisan.

Di akhir acara, ucapan saling berterimakasih disampaikan, dari siswa peserta pelatihan.

Elsa Ayu Agustin peserta pelatihan jurnalistik mengatakan, "Saya bisa lebih faham tentang Jurnalistik dan materi yang di sampaikan oleh Fathan Faris Saputro, Saya bisa tau tentang kritria berita, dan lead berita. Kegiatan ini membuat saya sangat memahami dan membuat saya lebih percaya diri, Kak Fathan Faris saputro mengajarkan saya bagaimana menjadi wartawan," pungkas siswi kelas delapan ini.

Pewarta: M. Shobirin

Redaksi

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال