Tafsir Hijrah Sebagai Refleksi Akhir Tahun Agar Lebih Baik


Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Ibrahim: 218).

KULIAHALISLAM.COM - Hijrah untuk kita saat ini bukan harus hijrah badhaniah atau hijrah fisik. Hijrah yang harus kita laksanakan paling tidak hijrah dalam 4 perkara, yaitu :

Hijrah Mental

Yaitu berhijrah dari diri yang dahulu terbiasa menuruti nafsu kepada pribadi yang mampu mengendalikan hawa nafsu, dari nafsu amarah menuju nafsu lawwamah dan nafsu muthmainnah

Disebabkan oleh nafsu amarah itu, tentu akan mengajak kepada perbuatan jelek, seperti yang di firmankan oleh Allah SWT yang artinya “Benar-benar nafsu selalu mengajak kepada perbuatan jelek “(Q.S Yusuf : 53).

Orang-orang yang selalu menuruti nafsu amarah itu tentu menuju kepada perbuatan jelek, yang selalu ingin tercapai keinginannya, dan tidak bisa menghitung kerugian orang lain karena akalnya sudah takluk dan mendukung kehendak nafsu. 

Sedangkan nafsu lawwamah itu adalah kesadaran untuk menegur pribadi kita sendiri, nafsu yang sudah mampu mawas diri, juga kesadaran untuk merubah pribadi yang sebelum ditegur oleh Allah SWT. 

Hijrah Kultural

Yaitu hijrah dari keterbelakangan menuju kepada kemajuan. Keadaan kita yang banyak tertinggal dari kemajuan, harus kita ikhtiari agar bisa tercapai keadaan yang lebih baik, seperti keadaan anak-anak yang cukup banyak tidak bisa belajar dan menempuh pendidikan, juga jumlah tenaga kerja yang lebih besar daripada adanya lapangan pekerjaan.

Termasuk kebudayaan yang makin merusak moral masyarakat dengan dalih kebebasan berkreasi dan sebagainya, itu harus kita usahakan agar tidak berlarut-larut, syukur bisa berbaur kebiasaan dan jadi kebudayaan yang sesuai tuntunan islam.

Hijrah Sosial

Yakni hijrah dari kondisi sosial kita yang baru mendapat bencana, bukan hanya fisik yang menjadi korban menemui kerusakan, tapi keadaan sosial yang juga banyak kerusakan. Hubungan persaudaraan, bermasyarakat, dan pergaulan banyak yang rusak jadi korban. Musibah, itu harus kita usahakan dengan hijrah menuju ke kondisi sosial yang lebih baik.

Orang-orang pintar sangat banyak, akan tetapi orang-orang yang benar jarang ditemukan. Untuk itu, semangat hijrah mesti di tanamkan di hati kita masing-masing sebagai idealisme sepanjang zaman.

Hijrah Material

Hijrah material disini bertujuan untuk tercapainya keadaan yang lebih baik di sektor ekonomi. Kita harus bangkit, jangan sampai terlena berlarut-larut dalam suasana duka dan menyesali kepada keadaan. 

Harus semangat berkarya untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat, dunianya tercapai baldatun thayyibatun warabbun ghafur, dan akhiratnya mendapat keberuntungan selamat dari siksa-siksa neraka serta masuk ke dalam surganya Allah SWT. Amin Allahumma Amin.

Oleh : Naufal Abdul Afif (Mahasiswa Ilmu Dakwah Universitas Ibn Khaldun Bogor)

Naufal Afif

Editor Kuliah Al-Islam, Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor, Ketua Umum IMM UIKA 2018-2020

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال