Narasi Bung Hatta dan Generasi Muda di Masa Depan

HUT ke 76 RI (Sumber gambar : Tribunnews.com)
Oleh : Fitratul Akbar

KULIAHALISLAM.COM - Pada hari senin tanggal 2 juli 2018, penulis Indra Tranggono pemerhati kebudayaan, menulis opini di koran kompas pada halaman 7 dengan judul Menarasikan Tokoh-Tokoh Bangsa. Di awal paragrafnya itu, penulis mengutarakan, nasionalisme adalah "menu" yang kurang diminati kalangan anak muda.

Nasionalisme masih termarjinalisasi di atas "meja prasmanan" yang penuh sesak nilai, gagasan paham, filsafat, atau ideologi yang berbasis pada agama, materi, kapital, dan pasar.

Fenomena yang menghawatirkan itu bisa kita lihat dari dunia pendidikan. Banyak sekolah berorientasi pada nasionalisme kini kusut, surut, bahkan gulung tikar. Ini kebalikan dengan sekolah-sekolah yang berorientasi pada agama yang semakin menguat adapun sekolah negeri, yang semestinya mengembangkan nilai-nilai nasionalisme, tidak sedikit yang terpapar paham radikal.

Lebih lanjut pada paragraf selanjutnya. Kehidupan berbangsa bernegara yang nir-nasionalisme melahirkan generasi muda yang "tuna-nasionalisme". mereka bersekolah, kuliah, lulus, mendapat ijazah dan bekerja hanya bercita-cita jadi orang yang melimpah harta dan lupa keadaan kanan-kiri.

Mereka jadi steril atas persoalan-persoalan kebangsaan, seperti ketidakadilan, kemiskinan dan kebodohan serta kebangsaan. Mereka pintar tetapi tidak lantip (memiliki orientasi nilai sosial) dan waskito (memiliki orientasi nilai ideologi-spiritual).

Selanjutnya, bahaya terbesar bagi suatu bangsa adalah lupa pada sejarah. Bangsa yang ahistoris tak lebih dari kumpulan besar manusia tanpa orientasi nilai. Bangsa macam itu gampang dikelilingi dan dikuasai kekuatan yang mengincar kekayaan negeri ini. Dalam konteks ini, inisiasi sekolah kebangsaan menjadi penting.

Dari tulisan Indra Tranggono di atas adalah bahan refleksi kita sebagai generasi muda, penerus dan pemimpin bangsa Indonesia dimasa depan maka untuk terus peduli dan semangat dalam memaknai setiap aktivitas dikeluarga dan masyarakat, khususnya perjalanan sejarah tokoh-tokoh bangsa dalam memperjuangkan eksistensi kemerdekaan Indonesia.

Karena itu suatu kesedihan ketika hari ini cuek dan lupa akan jasa-jasa para pendahulu atau pahlawan khususnya tokoh-tokoh bangsa yang merumuskan dasar-dasar negara kita.

Seperti kata sang Proklamator RI Bung Karno,"Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawan". Dan juga, sudah menjadi kesadaran dan naluriah kita dalam beragama bahwa kita ingin mengetahui sejarah perjuangan para nabi-nabi dan tokoh-tokoh yang berjuang membawa risalah dan menegakan agama Islam.

Begitupun dalam konteks bernegara, kita ingin mengetahui sejarah perjuangan tokoh-tokoh bangsa seperti Bung Karno, Bung Hatta, Syahrir, Ki Hajar Dewantara, dan tokoh-tokoh yang lainnya.

Dengan demikian, pada tulisan kali ini penulis ingin menarasikan kembali perjalanan hidup, kontribusi, karakter pribadi, dan karya-karya untuk negara Indonesia tokoh bangsa sang proklamator dan wakil presiden pertama Indonesia yaitu Bung Hatta.

Dr.(HC) Drs. H. Mohammad Hatta (lahir dengan nama Mohammad Athar, populer sebagai Bung Hatta; lahir di Fort de Kock (sekarang Bukittinggi, Sumatera Barat), Hindia Belanda, 12 Agustus 1902 – meninggal di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun) adalah tokoh pejuang, negarawan, ekonom, dan juga wakil Presiden Indonesia yang pertama.

Beliau bersama Ir. Soekarno memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus memproklamirkan pada 17 Agustus 1945. Beliau juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta I, Hatta II, dan RIS. Beliau mundur dari jabatan wakil Presiden pada tahun 1956, karena berselisih dengan Presiden Soekarno. Hatta juga dikenal sebagai Bapak koperasi Indonesia (wikipedia).

Mohammad Hatta lahir dari pasangan Muhammad Djamil dan Siti Saleha yang berasal dari Minangkabau. Ayahnya merupakan seorang keturunan ulama tarekat di Batuhampar, dekat Payakumbuh, Sumatera Barat.

Sedangkan ibunya berasal dari keluarga pedagang di Bukittinggi. Beliau lahir dengan nama Muhammad Athar pada tanggal 12 Agustus 1902. Namanya, Athar berasal dari Bahasa Arab, yang berarti "harum". Beliau merupakan anak kedua, setelah Rafiah yang lahir pada tahun 1900. Sejak kecil, beliau telah dididik dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang taat melaksanakan ajaran agama Islam.

Kakeknya dari pihak ayah, Abdurahman Batuhampar dikenal sebagai ulama pendiri Surau Batuhampar, sedikit dari surau yang bertahan pasca-Perang Padri. Sementara itu, ibunya berasal dari keturunan pedagang. Beberapa orang mamaknya adalah pengusaha besar di Jakarta.(wikipedia).

Bung Hatta dan Pemuda

Pemuda Indonesia, harapan bangsa. Perhatikanlah teladan yang telah diberikan oleh prajurit nippon itu, yang berjuang dan meninggal untuk keperluan tanah airnya. Tanamlah semangat keprajuritan dalam dadamu, bulatkanlah tekadmu untuk berjuang buat kebebasan bangsamu di kemudian hari. Bersiaplah engkau untuk menyusun barisan pertahanan tanah air.

Dari berpuluh tahun yang sejarah pergerakan kita menunjukan, bahwa pemuda itu bersedia berjuang dibaris depan, bersedia menjadi pelopor perjuangan bangsa.

Tetapi pemuda Indonesia bukan dari daun lontar yang ditulis dengan aksara lama, bukan pula dari kita tambo yang telah kuning kertasnya engkau akan mengetahui sejarah tanah airmu.

Sejarah tanah airmu dapat diketahui dari derasnya desakan darah, yang mengalir dalam tubuhmu. Detik darah yang mengalir dalam tubuhmu itu akan memperingatkan kepadamu kebesaran juga menjadi peringatan kepadamu setiap waktu akan kewajibanmu sebagai putera bangsa dalam perjuangan mati-matian dimasa datang.

Sebab itu anjurkan kepada saudara-saudara, laki-laki dan perempuan, supaya memberi hadiah kepada tanah air kita, hadiah yang berupa segenap jiwa dan raga kita. Tidak ada kurban yang akan hilang, karena kurban sekarang akan bangunlah tanah air dimasa datang, lebih besar dan lebih makmur daripada tanah air dimasa yang lampau.

Oleh karena tak ada kurban yang hilang percuma, marilah berjuang, bersiap menderita kesukaran, hingga bangsa kita sampai menjadi bangsa yang merdeka.(Muhammad Hatta, Kumpulan Karangan, pada bab Pemuda, hal:204. Disampaikan pada pidato di lapangan Ikada, tgl 11-9-1944).

Dalam sejarah tiap-tiap bangsa yang lama tertindas, pemudalah yang menjadi pelopor, perintis jalan menuju perbaikan nasib bangsa. Tidak lain suratan hidup pemuda Indonesia sejarah kita dimasa yang lalu menyatakan, bahwa gerakan pemuda boleh ditulis dengan tintas emas.

Pemuda disekolah dokter di jakarta yang pertama kali membuka jalan kepada gerakan kebangsaan, yeng bermula dengan Budi Utomo. Kemudian, pemuda lagi dari luar negeri yang berkumpul dalam perhimpunan Indonesia, yang menuntut terang Indonesia merdeka, dan menjadi pelopor pergerakan nasional yang hebat.

Pemuda adalah tulang punggung bangsa, pemuda hati nurani bangsa, pemuda pembawa perubahan lebih baik, pemuda calon tampuk pimpinan umat dan negara di masa depan.

Wahai pemuda dan pemudi Indonesia,
wahai pemuda generasi pemimpin bangsa,
bersatulah dan hiduplah dengan gotong royong. Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya. Indonesia Merdeka hingga akhir zaman.

Penulis adalah Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang

Redaksi

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال