Mengenal 10 Universitas Islam Terbaik Di Dunia 2021 Versi 4ICU Unirank

KULIAHALISLAM.COM - 4ICU Unirank merupakan salah satu lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia. Kriteria yang digunakan unirank dalam menentukan peringkat adalah keterkenalan situs perguruan tinggi. Artinya semakin dikenal sebuah situs resmi perguruan tinggi, maka peringkat perguruan tinggi tersebut semakin baik. 

Pada tahun 2021, 4ICU Unirank mengeluarkan peringkat 10 besar perguruan tinggi Islam terbaik di dunia. Berikut kita akan ulas satu per satu kesepuluh perguruan tinggi tersebut. 

1. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM, Indonesia)

Kampus UMM (Antaranews)

Universitas Muhammadiyah Malang memperoleh peringkat pertama universitas terbaik sedunia versi unirank. Universitas Muhammadiyah Malang berdiri pada tahun 1964 di Malang Jawa Timur. UMM merupakan amal usaha dari Persyarikatan Muhammadiyah ormas Islam terbesar di Indonesia. Meraih akreditasi A (BAN-PT 2017), kampus dengan slogan "Dari Muhammadiyah untuk Bangsa" ini memiliki 10 fakultas dengan 63 program studi, yang terdiri dari Program Vokasi, Sarjana, Pasca Sarjana, Doktor, dan Program Profesi.

2. Iran University of Science and Technology (IUST, Iran)

Kampus IUST (bincangsyariah.com)

Iran University of Science and Technology merupakan perguruan tinggi dengan jurusan teknik dan sains di Iran. IUST mempunyai 15 fakultas yang terdiri dari fakultas MIPA, Fakultas Teknik sampai dengan Fakultas Bahasa Asing. Iran merupakan satu-satunya kampus di Timur Tengah yang mempunyai jurusan teknik rel kereta api dan dan satu-satunya di Iran yang mempunyai jurusan teknik otomasi mesin. IUST mempunyai 12 pusat penlitian dan 19 perpustakaan serta 4 kampus jauh yang tersebar di seantero Iran.

3. Cairo University (Mesir)

Universitas Kairo (uni-find.com)
Cairo University sebelumnya bernama Egypt University (1908-1940) dan King Fuad I University (1940-1952). Cairo University merupakan kampus negeri utama di negara para Firaun tersebut. Kampus utamanya berada di Giza, di seberang Sungai Nil dari Kota Kairo. Didirikan pada tahun 1908, Cairo University merupakan kampus tertua di Mesir setelah Universitas Al Azhar. Cairo University mempunyai 155.000 orang mahasiswa dan 20 fakultas. 3 orang lulusan kampus ini menjadi peraih nobel yakni: Najib Mahfuzh (nobel sastra, 1988), Yasser Arafat (nobel perdamaian, 1994) dan Mohammad El Baradei (nobel perdamaian, 2005).

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY, Indonesia)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (kompas.com)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) didirikan pada 1 Maret 1981. Pada saat berdiri, UMY belum mempunyai gedung sendiri dan menumpang kepada Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Muhammadiyah. Tahun 1985 UMY membangun gedung pertama di Lapangan Asri Wirobrajan Kota Yogyakarta. Tahun 1988, UMY mulai membangun Kampus Terpadu di Kasihan Tamantirto, Bantul. Pembangunan selesai pada tahun 1997 dengan dua gedung kembar yang berdiri. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menawarkan banyak pilihan program studi yakni program Vokasi, 23 program Sarjana, 7 program Magister, 3 program Doktor dan 5 program pendidikan Profesi.

5. Umm Al Qura University (UQU, Saudi Arabia)

Universitas Ummul Qura (duniatimteng.id)
Umm Al Qura University merupakan universitas Islam negeri terbesar di Arab Saudi. Didirikan pada tahun 1949 pada mulanya hanya mempunyai Fakultas Syariah. Pada tahun 1981, fakultas syariah bergabung dengan fakultas bahasa Arab dan diberi nama Umm Al Qura University. Sekarang fakultas di Umm Al Qura Univesity tidak hanya jurusan agama. Namun ada juga Fakultas Bisnis Manajemen, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Ekonomi. Beberapa alumni UQU diantaranya Syaikh Saud Al Shuraim Imam Masjidil Haram dan Said Aqil Siradj Ketua Umum PBNU. 

6. Shahid Beheshti University of Medical Science (SBUMS, Iran)

Kampus SBUMS (glassdoor.co.in)
Shahid Beheshti University of Medical Science merupakan salah satu dari tiga kampus kedokteran di Teheran Iran. SBMU didirikan pada tahun 1961 dan mempunyai 12 jurusan. SBMUS mendapatkan pendanaan dari negara karena statusnya sebagai Universitas Negeri. Selain melakukan pendidikan penelitian, SBUMS juga bertanggung jawab memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat Teheran dan kota-kota di sekitarnya. 

7. Universiti Islam Antarbangsa (UIA, Malaysia)

Kampus IIUM (sangjuaraschool.com)
Universiti Islam Antarbangsa didirikan pada tahun 1983 oleh Kerajaan Malaysia dengan donor dari Organisasi Konferensi Islam (OKI). UIA mempunyai lokasi di Gombak Selangor. Meskipun berasas Islam, namun UIA mengizinkan mahasiswa non muslim untuk kuliah di sana. UIA mempunyai 17 fakultas program sarjana dan pasca sarjana. Sebagai Universitas Internasional, banyak mahasiswa luar Malaysia yang berkuliah di sana, termasuk Indonesia.

8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS, Indonesia)

Gedung Nyai Siti Walidah UMS (pabelan-online.com)

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adalah lembaga pendidikan tinggi di bawah persyarikatan Muhammadiyah yang berdirii pada 24 Oktober 1981 sebagai perubahan bentuk dari IKIP Muhammadiyah Surakarta. Pada tahun 1979, Drs. H. Mohamad Djazman, Rektor IKIP Muhammadiyah Surakarta saat itu memprakarsai berdirinya Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan menggabungkan IKIP Muhammadiyah Surakarta dan IAIM Surakarta. Sehingga dua tahun setelahnya, 1981, IKIP Muhammadiyah Surakarta berganti nama menjadi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Saat itu, UMS mengelola beberapa fakultas, seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, dan Fakultas Agama Islam (FAI). Kemudian, sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan zaman, saat ini UMS terus menambah dan menghadirkan program studi yang unggul pada jenjang S1, S2 hingga S3.

9. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki, Indonesia)

Kampus UIN Maliki Malang (republika.co.id)
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan pengembangan dari STAIN Malang. Kampus ini juga sempat bernama Universitas Islam Indonesia Sudan (UIIS) berkat kerja sama pemerintah Indonesia dengan Sudan. Saat ini, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki 2 kampus, dengan Kampus I dikhususkan untuk program Sarjana dan Kampus II untuk program Pascasarjana. Saat ini pembangunan Kampus III dengan luas 100 hektar juga tengah dilaksanakan dan berlokasi di Desa Sumber Sekar Kabupaten Malang. UIN Maliki Malang mempunyai 8 fakultas dan 47 jurusan. Kampus ini menekankan kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggris kepada para mahasiswanya agar bisa mengakses sumber-sumber Islam dari teks aslinya. 

10. Universitas Islam Indonesia (UII, Indonesia)

Kampus UII (uii.ac.id)

Universitas Islam Indonesia didirikan pada tanggal 27 Rajab 1364 H, atau bertepatan dengan 8 Juli 1945, dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI) di Jakarta. Tahun 1946 Sekolah Tinggi Islam juga dibuka di Yogyakarta. Tahun 1947, Panitia Perbaikan STI menetapkan STI menjadi University Islam Indonesia berkedudukan di Yogyakarta dengan fakultas perintis di antaranya Fakultas Agama, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi. Saat ini UII menyediakan 4 program diploma, 25 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan berbagai pilihan disiplin ilmu di bidang bisnis, hukum, sosial, teknik, kedokteran, dan masih banyak lagi.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال