Semangat Kaum Muda Meraih Kemajuan Negara (Memperingati Hari Pahlawan Nasional 2023)

(Sumber Gambar: Redaksi Kuliah Al-Islam)

KULIAHALISLAM.COM - Bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu dan menghormati jasa para pahlawannya. Para pahlawan ini sendiri sesungguhnya merupakan tokoh-tokoh sejarah yang telah mengorbankan jiwa raga untuk kebesaran dan kejayaan bangsa serta negaranya. Karena mereka pantas di teladani, dicontoh perilakunya serta dikenang amal baktinya.

Tujuh puluh delapan tahun yang lalu, Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Berbagai kisah kepahlawanan mewarnai sejarah bangsa Indonesia dalam memperjuangkan atau mempertahankan kemerdekaannya. Gelar Pahlawan Nasional disematkan kepada mereka yang telah melakukan tindakan luar biasa selama hidupnya bagi nusa dan bangsa. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 disebutkan bahwa gelar Pahlawan Nasional meliputi Pahlawan Kemerdekaan Nasional, Pahlawan Proklamator, Pahlawan Revolusi, Pahlawan Kebangkitan Nasional, Pahlawan Perintis Kemerdekaan, dan Pahlawan Ampera. Prosedur penetapan yang telah diatur oleh Undang-Undang tersebut menunjukkan bahwa pemberian gelar Pahlawan Nasional mempunyai tahapan yang ketat. Sampai dengan 2014, Pahlawan Nasional Indonesia berjumlah 163 orang. Sebagian besar merupakan pejuang kemerdekaan dan tokoh-tokoh di awal kemerdekaan. Namun hal ini bukan berarti orang-orang yang telah berjuang pada masa kemerdekaan bukanlah pahlawan. Hanya gelar Pahlawan Nasional saja yang tidak disematkan padanya. Domain pemberian gelar memang merupakan wewenang pemerintah. Namun domain pengakuan dan penghormatan kepada para pejuang merupakan bagian masyarakat.

Kondisi Indonesia

Beberapa dekade ini, Indonesia hampir kehilangan jati dirinya, kehidupan masyarakat nampaknya sangat diwarnai oleh kesenjangan budaya, sosial, ekonomi, dan politik. Dalam kondisi seperti itu, hari-hari peringatan pahlawan seringkali hanya sekedar ritual tahunan. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk menumbuhkan jiwa keteladanan dan kepahlawanan di kalangan mahasiswa, remaja dan pemuda Indonesia. Penting untuk meningkatkan kesadaran identitas nasional di kalangan siswa, remaja dan pemuda. Hal ini dapat dilakukan dengan menyelenggarakan kegiatan seperti forum diskusi mahasiswa yang mengangkat permasalahan nasional. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai kalkulasi semangat kepahlawanan dikalangan mahasiswa sebagai sarana inspirasi kepemimpinan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan aktual dan krusial bangsa ini.

Saat ini, Indonesia di hadapkan dengan isu-isu terorisme, gerakan separatis, sampai pada upaya makar yang dilakukan oleh beberapa daerah sebagai bagian dari pemecah belah bangsa yang menyebabkan Nasionalisme Indonesia masa kini sedang mengalami degradasi dengan meningkatnya konflik-konflik antar etnik, antaragama, dan fenomena disintegrasi bangsa lainnya. Artinya, bahwa potensi disintegrasi bangsa di Indonesia dewasa ini mengalami ancaman serta permasalahan yang kompleks dan harus segera dicarikan solusi ataupun jalan keluar serta pemecahan yang tepat. Apabila hal ini tidak segera dicarikan solusinya, maka akan berdampak pada meningkatnya eskalasi konflik yang berorientasi pada pemisahan diri dari NKRI.

Makna Pahlawan

Pahlawan adalah tokoh yang dapat memberi" jawaban" atas" tantangan" jamannya. Pahlawan umumnya muncul dalam suasana jaman yang sulit, sehingga mendorong orang yang berjiwa besar tampil ke depan untuk mengatasi segala kesulitan itu. Daya dan kemampuan yang dimiliki dikerahkan sehingga lahirlah tindakan-tindakan yang mempunyai manfaat besar bagi masyarakat luas. Bangsa Indonesia yang pernah dijajah selama ratusan tahun melahirkan banyak pribadi yang secara tepat dapat memberi jawaban terhadap tantangan jaman.

Pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia yang berjuang melawan penjajahan yang telah gugur di medan peperangan. Sehingga semasa hidupnya meninggalkan prestasi atau kemajuan untuk Negara Republik Indonesia. Dimana saat ini minim sekali pengetahuan siswa/i atau pelajar mengenai tokoh-tokoh pahlawan serta kurangnya media untuk pengenalan para pahlawan di Indonesia.

Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia yang berjuang melawan penjajahan yang gugur demi membela bangsa dan negara Indonesia, atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Pahlawan Indonesia adalah para pejuang yang sering disebut pahlawan nasional yang rela berkorban demi bangsanya untuk mempertahankan daerah dari para penjajahan dari bangsa lain. Berkat perjuangan yang sangat heroik, para pahlawan nasional diabadikan sebagai gambar uang kertas Indonesia. Kebanyakan masyarakat maupun pelajar yang tidak mengetahui sejarah perjuangan para pahlawan nasional yang ada pada uang kertas Indonesia saat ini.

Pahlawan Nasional

Indonesia memiliki banyak sejarah, kisah sejarah kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari perjuangan para Pahlawan Nasional yang turun melawan para penjajah sampai dibacakannya proklamasi kemerdekaan oleh Soekarno. Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, maka dari itu penting untuk memperkenalkan para tokoh Pahlawan Nasional kepada anak-anak remaja dan pemuda.

Indonesia memiliki banyak hari-hari perayaan nasional yang bukan merupakan hari libur. Sayangnya hanya sedikit dari hari perayaan tersebut yang diingat oleh masyarakat. Penduduk Indonesia biasanya hanya memperingati hari-hari yang merupakan hari libur. Padahal dengan mengetahui bahkan menghafal hari-hari perayaan nasional bisa meningkatkan nasionalisme, maka itu dibuatlah sebuah perancangan media interaktif dengan tujuan memberikan informasi serta pengetahuan pada anak-anak tentang hari perayaan nasional yang bukan merupakan hari libur supaya bisa lebih menghargai peristiwa, sejarah, ataupun objek-objek dari hari perayaan nasional tersebut.

Sejarah Indonesia merupakan suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau yang melibatkan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, dalam acara kemerdekaan bangsa Indonesia yang melibatkan para pahlawan nasional Indonesia yang datang dari berbagai kota di Indonesia.

Sejarah pahlawan nasional sangat bermanfaat bagi para peserta didik, yaitu peserta didik dapat mencontoh dan meneladani sikap dan sifat para pahlawan nasional. Salah satu pahlawan yang diambil sebagai judul pengabdian ini adalah Pahlawan Sultan Baabullah dari Maluku Utara. Salah satunya adalah pahlawan yang berjasa bagi bangsa Indonesia dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan adalah Sutomo atau akrab disapa Bung Tomo. Salah satu pahlawan nasional yang harus dan patut dicontoh dan diteladani adalah KH Agus Salim, banyak sekali sikap dan sifat beliau yang patut dicontoh dan diteladani oleh peserta didik zaman sekarang, diantaranya adalah beliau pintar dan cerdas, taat dan patuh pada agama yang dianutnya, memiliki pemikiran dan pengetahuan yang luas, mahir berbahasa asing, disiplin dan bertanggung jawab.

Pahlawan merupakan sosok yang perlu diteladani oleh setiap orang. Hampir setiap negara di dunia ini mempunyai pahlawan masing-masing dalam kejadian atau bidang tertentu. Indonesia merupakan salah satu negara yang pernah di jajah oleh negara Eropa seperti Belanda, Portugis, Inggris dan Spanyol, juga dari negara di wilayah Asia sendiri yaitu Jepang. Perjuangan warga Indonesia tidaklah satu hari, dua hari atau satu tahun, tapi butuh ratusan tahun untuk meraih kemerdekaan yang di inginkan setiap warganya. Sehingga sosok mereka yang pernah berjuang patutlah untuk dikenang dan selalu diingat, utamanya para tokoh yang berada digaris depan saat melawan para penjajah.

Pahlawan kemerdekaan nasional adalah pahlawan yang berjasa dan hidup atau berjuang di masa perjuangan kemerdekaan, dimana pada masa itu para pahlawan dengan rasa cinta tanah air berjuang mempertahankan bangsa Indonesia dari penjajah dengan mempertaruhkan segalanya untuk membela bangsa Indonesia. Namun, pahlawan yang memiliki banyak nilai yang bisa diteladani makin terlupakan oleh generasi muda.

Kategori 'pahlawan nasional' atau pahlawan nasional di Indonesia telah berkembang sejak pertama kali muncul dengan kemerdekaan Indonesia. Gelar ini berubah dari istilah populer untuk veteran, menjadi kategori nasional, dan menjadi inti dari agama sipil Orde Baru.

Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang melakukan perlawanan terhadap penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Indonesia yang gugur atau gugur dalam membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya berjasa. tindakan heroik atau menghasilkan prestasi yang luar biasa dan berfungsi normal demi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Fitratul Akbar

Penulis adalah Alumni Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال