IMM Cabang Bima Menyelenggarakan PID, Upaya Mencetak Instruktur Sebagai Pemimpin Daerah

(Sumber Gambar: dok. pribadi, Redaksi Kuliah Al-Islam)


KULIAHALISLAM.COM - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Bima kembali menyelenggarakan acara pembukaan Pelatihan Instruktur Dasar (PID) Regional NTB yang ke-XIII (13). Dengan mengangkat tema, "Aksentuasi Peran Instruktur Sebagai Cendekiawan Berperibadi" di Gedung Convention Hall Parugana'e Kota Bima. Pada hari Selasa, 12 September 2023. Mulai jam 15:30 WITA - Selesai.

Berdasarkan rangkaian acara, dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh salah satu panitia, yang diberi amanah. Lalu nyanyi bersama, lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah dan Mars IMM.

Adapun Narasumber yang hadir adalah. Ayahanda Jubair, S. Ag. Ketua PDM Kab. Bima. Kakanda Anhar, Ketua Umum DPD IMM NTB (tidak hadir), diwakili oleh Kakanda Adi Ardiansyah (Pengurus DPD IMM NTB). Kakanda Immawan Anshar (Ketua Umum IMM Cabang Bima), serta tamu undangan dari instansi pemerintah (Polres, Dandim, Ketua DLH Kota Bima, Ketua KPU Kota Bima) dan sebagainya.

Dalam sambutan laporan penyelenggaraan Pelatihan Instruktur Dasar PID Regional NTB ini. Ketua panitia pelaksana, saudara Immawan Adam putra mengatakan, "Yang terhormat, Bapak/ibu PDM Muhammadiyah dan Aisyiyah Bima. Yang terhormat, Ketua Fokal IMM cabang Bima, yang mewakili. Yang terhormat Ketua KPU Kota Bima, Kakanda Mursalin. Yang terhormat, bapak ibu instansi pemerintah (Kapolres, Dandim, Ketua DLH Kota Bima) yang hadir. Yang terhormat, Ketua umum IMM cabang Bima. Yang terhormat, Teman-teman Cipayung plus Bima. Yang terhormat, Instansi-instansi pemerintah. Singkatnya, yang saya hormati teman' peserta PID, dan tamu undangan yang hadir dalam acara sore ini". Sambutnya dengan hormat

Lebih lanjut, saudara Immawan Adam Putra, mengatakan bahwa, "Kami selaku kepanitiaan, mau melaporkan bahwa adapun yang mengikuti Pelatihan Instruktur Dasar (PID) Regional NTB ini adalah, Immawan 12 orang. Immawati 10 orang. Jadi jumlahnya adalah 22 orang peserta. Artinya bahwa, teman-teman peserta PID Immawan dan Immawati yang terpilih ini adalah peserta terbaik dan layak dalam mengikuti pelatihan instruktur yang diselenggarakan oleh PC IMM Cabang Bima. Semoga teman-teman peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik, lancar dan sukses sehingga menjadi instruktur yang bermanfaat menjadi Uswatun Hasanah bagi kader-kader IMM, menjadi kader pemimpin ummat dan bangsa kedepannya". Ucapnya

"Instruktur adalah ruh organisasi perkaderan. IMM adalah organisasi pengkaderan. Yang menyediakan generasi yang kuat. Karena itu, dengan pelatihan ini bisa Mencetak Instruktur-instruktur yang berkualitas dan berkontribusi untuk kemajuan persyarikatan, keluarga, agama dan bangsa". Tutupnya

(Sumber Gambar: dok, pribadi Redaksi Kuliah Al-Islam. Suasana acara pembukaan pelatihan Instruktur Dasar PID Regional NTB yang ke-XIII di gedung Parugana'e Convention Hall, Kota Bima)

Dalam sambutannya yang pertama, Ketua Umum IMM cabang Bima. Saudara Immawan Anshar mengatakan bahwa, "Yang kami hormati, DPD IMM NTB. Yang kami hormati pdm kota Bima. Yang kami hormati ibunda Aisyiah kota Bima. Yang kami hormati ketua KPU kota Bima. Yang kami hormati instansi pemerintah kota Bima. Yang kami hormati teman-teman Cipayung plus Bima. Serta teman-teman peserta dan tamu undangan yang hadir dalam acara sore ini". Sambutnya

Lebih lanjut beliau mengatakan, "Bagi kami, hal ini patut kita apresiasi. Sebab, karena berkat spirit dan komitmen dari teman-teman adalah mustahil menyelenggarakan acara pelatihan instruktur ini tanpa ada kemauan dari teman-teman mampu mencapai sesuatu yang lebih besar". Tegasnya 

"Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) adalah organisasi kader. Perkaderan adalah ruh dan fondasi dalam berorganisasi. Dari acara PID ini mampu melahirkan Instruktur yang handal. Karena itu, seluruh kader-kader IMM khusus teman-teman yang mengikuti pelatihan instruktur ini harus menjadi Uswatun Hasanah. Karena, dengan itu instruktur dapat menjadi kader yang  menginspirasi dan suruh tauladan bagi kader-kader lainnya. Menjaga kelanjutan perkaderan di ranah struktural dan kultural".

"Bahwa insan cendekiawan adalah, orang-orang yang selalu memaksimalkan akal fikiran dan kalbu-nya untuk memikirkan segala sesuatu fenomena yang terjadi di masyarakat. Dewasa ini, kita sering peristiwa ketidakadilan, kezaliman dan sebagainya. Karena itu. Kita perlu untuk menjadi cendekiawan yang jujur, adil dan menegakkan kebenaran ditengah masyarakat".

Dalam sambutan kedua, dari DPD IMM NTB. Diwakili oleh (Immawan Adi Ardiansyah). Beliau menyampaikan bahwa, "Menjadi instruktur itu tidaklah mudah. Karena, teman-teman peserta yang hadir disini adalah kader terpilih, kader terbaik. Artinya, instruktur adalah manusia pilihan. Dalam Al-Qur'an dikenal dengan khairuh ummah, umat terbaik. Karena mulai dari bangun tidur sampai mau tidur kembali adalah cerminan karakter Instruktur yang akan menjadi uswatun Hasanah buat kader-kader dan yang memegang kepemimpinan persyarikatan dan daerah kedepannya. Lanjutnya, Pelatihan instruktur adalah konsolidasi organisasi, untuk memahami pedoman dan ideologi, falsafah dan perkaderan sesuai aturan organisasi".

Sebagaimana bunyi dalam Q.S Muhammad ayat 7. disebutkan bahwa, "Siapa saja yang menolong agama Allah. Maka Allah akan menolong hambanya". Karena itu, seorang instruktur adalah orang yang selalu mengawal ruh organisasi, menjadi Uswatun Hasanah. Menjadi pemimpin yang menginspirasi dan bermanfaat buat agama dan bangsa".

Sambutan ketiga, Oleh Rektor UM Bima. Dr. Ridwan, SH MH. Beliau menyampaikan bahwa, "Di IMM, kalau tidak ada instruktur, maka IMM dianggap bubar. IMM ini ke depan, tidak akan memiliki masa depan. Kalau tak punya fondasi intelektual dan humanis tas yang kokoh. Mau belajar, pantang menyerah. Mau Berdiplomasi, tidak pasif. Mau silaturahim, menjalin relasi yang luas agar mudah berkolaborasi menyelesaikan persoalan". Nasehatnya

Silaturahim keempat, Oleh: Ketua PDM Kab. Bima. Bapak Jubair, S. Ag. Beliau menasehati kepada peserta pelatihan, kader-kader dan tamu undangan yang hadir. "Negara ini menunggu kehadiran anak-anak kalian semua. Daerah ini menunggu kehadiran anak-anak kalian semuaUmmat ini menunggu kehadiran anak-anak kalian semua. Karena, kalian anak-anak muda, aktivis-aktivis dan kader-kader IMM inilah yang akan menjadi pemimpin organisasi, keluarga, dan agama, yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa dan negara ini".

Acara pembukaan pelatihan Instruktur Dasar (PID) Regional NTB yang ke-XIII (13) berjalan baik, lancar, khidmat dan antusias dari peserta-peserta, kader-kader ikut menyimak sambutan amanah yang disampaikan oleh ayahanda.

Reporter: Fitratul Akbar

Fitratul Akbar

Penulis adalah Alumni Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال