Anggota DPRD Dapil II Kota Bima Melaksanakan Masa Reses Di Kel. Sarae

(Anggota DPRD Kota Bima, dalam sesi dialog mendengar aspirasi warga)

KULIAHALISLAM.COM - Reses anggota DPRD kota Bima. Dapil II, Rasana'E Barat dan Mpunda Kota Bima. Masa sidang II, tahun dinas 2023. Masa reses merupakan kegiatan rutin, sebagai anggota DPRD kota Bima yang sudah di atur dalam UU. Untuk melaksanakan masa reses.

Acara reses di selenggarakan hari Senin, tanggal 6 Maret 2023. Acara di tempatkan di Rumah Drs. H. Mustamin. Masa reses ini dimulai dari tanggal 6-11 Maret 2023.

Adapun, anggota DPRD Kota Bima yang melaksanakan Masa Reses ini antara lain adalah. Bapak Drs. H. Mustamin (Wakil Ketua DPRD Kota Bima), Hj. Ipa Suka, S. Sos
Taufik. H. A. Karim, SH (Ketua Komisi 2, Bidang Perairan dan BUMN). 

Peserta yang mengikuti dan meramaikan acara reses ini adalah beberapa Tokoh masyarakat, tokoh agama, para alim ulama, LSM, Karang Taruna, dan tokoh pemuda, di lingkungan Gilipanda dan Tolobali, RT 13/14/15. Kelurahan. Sarae, Kecamatan Rasana'E Barat, Kota Bima.

"Karena acara reses ini sudah di atur dalam undang-undang, dimana aturan-aturan sebelumnya. Masa reses bisa turun secara bersama, bisa 5-10 orang anggota DPRD kota Bima di setiap daerah. Dan di pusatkan di kantor kecamatan setempat. Namun, saat ini kami anggota DPRD kota Bima, sudah bisa melaksanakan masa reses bisa turun secara 2, 3, 4 dan 5 orang. Dan di pusatkan di rumah pribadi anggota DPRD tersebut". Ucap Pak Taufik, H. A. Karim. Taufik. H. A. Karim, SH. Selaku, Ketua komisi 2, bidang Perairan dan BUMN.

Sambutan dari Drs. H. Mustamin, wakil ketua DPRD kota Bima, dapil II Rasana'E Barat Kota Bima. "Undang-undang yang mengatur kita sebagai anggota DPRD kota Bima, untuk melepas kerinduan, untuk bertemu dengan masyarakat,

Pertama, silaturahim keluarga. Dengan silaturahim kita bisa saling mengingatkan, saling memberikan rasa nyaman. Kedua, karena kami didoa dan diberi amanah oleh masyarakat sebagai wakil rakyat yang menerima aspirasi, keluh kesah warga untuk kebaikan kampung dan lingkungan sekitar kita. Ketiga, kami bekerja di DPRD kota Bima, sebagai wakil rakyat adalah mendengar aspirasi warga". Ungkap nya

Isi acara reses

Program di Kel. Sarae. Sudah dianggarkan sejumlah 1 M, untuk program pipanisasi di seluruh rumah warga RT 13, 14, 15. 

-Pipanisasi di setiap rumah warga RT 13 dan 14 Kel. Sarae.

-Pelebaran Jalan setapak dan Jembatan di perkuburan Tolobali, Kel. Sarae.

-Normalisasi Jalan Mawar Utara Lingkungan Gilipanda.

Adapun program-program yang sudah di bangun di Kel. Sarae dan sedang direncanakan pembangunan realisasi program berikutnya dari bapak Drs. H. Mustamin. Di Kel. Sarae.

1). Program perbaikan jalan dan drainase, Jalan mawar Utara, lingkungan Gilipanda. Mulai dari kantor Lurah Sarae sampai jalan Tolotongga, hanya bagian timur saja.

2). Program perbaikan jalan dan drainase jalan seruni mulai dari mesjid Gilipanda sampai ke jalan depan man 1 kota Bima.

"Jadi, dulu segala harapan, aspirasi dan program masyarakat harus melalui musrembang dari RT, RW dan lurah. Lalu, dari program tersebut hanya beberapa saja yang masuk dan terealisasi. Saat ini, masyarakat harus membuat sebanyak-banyaknya program, Allah prioritas untuk kebaikan dan kemajuan lingkungan masyarakat. Lalu, dari kami (anggota DPRD Kota Bima) yang mencari anggaran dan membantu segala program tersebut agar bisa di realisasi sesuai kebutuhan masyarakat setempat". Ucapan terakhir, penutup dari Ketua Komisi 2, anggota DPRD kota Bima.

(Sesi foto bersama Anggota DPRD Kota Bima dengan Warga Kel. Sarae)

Acara berjalan dengan baik, tenang, khidmat, dialogis dan penuh kekeluargaan. Setiap warga diberikan kesempatan untuk menyampaikan harapan dan aspirasinya dihadapan anggota DPRD Kota Bima tersebut. Ada yang menyampaikan aspirasi, hanya untuk menegaskan kembali program-program hasil musrembang yang belum direalisasi agar secepatnya di laksanakan dan dibangun untuk kebaikan masyarakat. Ada yang mengusulkan pembuatan pagar-pagar warga agar tertata rapi, program pembersihan drainase jalan dan sungai, pemasangan lampu-lampu jalan disekitaran jalan Mawar Utara, Jalan anggrek dan didalam gang-gang agar lingkungan menjadi bercahaya terang dan terhindar dari perbuatan anak-anak remaja dan pemuda yang tidak diinginkan (seperti minuman keras, konflik antar kampung, nongkrong keras mengganggu warga, mudah beraktivitas ketika musibah banjir, dan sebagainya.

Dimana Narasumber dari anggota DPRD Kota Bima tersebut menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakan masa reses di daerah kelurahan Sarae, tepatnya di rumah pribadi Drs. H. Mustamin, agar masyarakat bisa mengikutinya dan mendekatkan dengan akses dan partisipasi masyarakat setempat.

Ketua Komisi 2 anggota DPRD Kota Bima tersebut menguraikan bahwa, "Program-program pemerintah yang sudah berjalan sukses, dan proyek-proyek yang masih proses berjalan, karena setiap kebijakan dan program yang dibangun oleh Walikota dan DPRD Kota Bima ini adalah semata-mata untuk kebaikan hidup masyarakat. Karena itu, kami berharap kepada masyarakat untuk betul-betul menjaga dan merawat setiap program dan bantuan yang sudah diberikan oleh pemerintah tersebut, Agar kami bisa terus memberikan bantuan anggaran sesuai program-program yang diusulkan oleh masyarakat kelurahan Sarae". Ucapnya

Lebih lanjut, diakhir sesi dialog mendengar aspirasi tersebut, Bapak Drs. H. Mustamin Sebagai Tuan Rumah yang melaksanakan masa reses (Wakil Ketua DPRD Kota Bima),

"Kami akan terus meningkatkan anggaran bantuan program di Kel. Sarae ini, yang dulu 300-500 juta, saat ini kami akan menganggarkan 1-2 M yang akan masuk ke Kelurahan Sarae sesuai untuk kebutuhan dan kebaikan warga setempat". Ujarnya

Juga beliau memberikan harapan dan optimisme kepada masyarakat yang hadir tersebut, akan berusaha lahir batin untuk mendengar aspirasi warga, membantu program warga sesuai usulan, dan akan mewujudkan menjadi program kongkrit yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Kontributor: Fitratul Akbar

Fitratul Akbar

Penulis adalah Alumni Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال