Peringati Hari Santri Nasional, MUI Paciran Gelar Gerakan Menulis Mushaf Al-Qur'an

Peringati Hari Santri Nasional, MUI Paciran Gelar Gerakan Menulis Mushaf Al-Qur'an

KULIAHALISLAM.COM - Dalam rangka Hari Santri Nasional juga Hari Aksara Internasional, pada Kamis (27/10/2022) Majelis Ulama Indonesia Kecamatan Paciran melaksanakan Gerakan Menulis Mushaf Al-Qur'an. Bertempat di Paciran Islamic Center MUI Paciran, gerakan ini diikuti oleh 2.022 peserta dari siswa-siswi SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama) di Kecamatan Paciran.

Membuka pelaksanaan kegiatan tersebut, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi sangat mengapresiasi bentuk literasi yang diwujudkan dalam gerakan menulis Mushaf Al-Qur'an.

"Alhamdulillah luar biasa pada hari ini kita akan memulai kegiatan yakni Gerakan Menulis Mushaf Al-Qur'an, yang diikuti 2.022 pelajar dan santri. Saya atas nama pemerintah memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya," kata Pak Yes.

Beliau juga mengajak untuk berbagai kegiatan literasi yang ada, baik itu membaca maupun menulis. Menurut beliau, dengan melaksanakan berbagai kegiatan literasi akan mampu menambah wawasan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Ditambahkan Pak Yes, dengan menulis mushaf Al-Qur'an ini maka pelajar atau santri yang turut serta tidak hanya sekedar membaca saja tapi akan juga dapat lebih memahami penulisan ayat-ayat Al-Qur'an yang baik dan benar.

"Kita terus mendorong kegiatan literasi ini, kegiatan membaca, kegiatan menulis, karena dengan demikian akan menambah wawasan pengembangan ilmu pengetahuan. Terlebih nanti yang ditulis adalah Al-Qur'an, yang tentu ini akan menjadikan anak-anak semua lebih paham, tidak hanya sekedar membaca tapi juga paham dan bisa menulis Al-Qur'an dengan sebaik-baiknya," tambah Pak Yes.

Dalam penulisan Mushaf Al-Qur'an ini, metode yang digunakan adalah metode tartila bil kitaba dalam follow the line atau menebali. Peserta menulis dengan mengikuti atau menebalkan garis yang tercetak tipis dengan sekaligus membacanya. (Fathan Faris Saputro)

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Post 2

نموذج الاتصال