Pemugaran Makam Mbah Kinameng, Bentuk Penghormatan Pada Leluhur Lamongan

Pemugaran Makam Mbah Kinameng, Bentuk Penghormatan Pada Leluhur Lamongan

KULIAHALISLAM.COM - Sebagaimana ungkapan Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno bahwa bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya, hal itu sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk melakukan pemugaran makam leluhur yang salah satunya adalah Mbah Kinameng yang merupakan Panglima perang Kadipaten Lamongan pada masa itu.

Bupati Lamongan, Pak Yes, yang hadir bersama Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan Kepala OPD terkait di makam Mbah Kinameng, Jumat (9/9/2022) berharap dengan revitalisasi makam ini dapat menjadi daya tarik pariwisata di Kabupaten Lamongan karena masyarakat dapat melakukan ziarah dengan nyaman dengan fasilitas yang lebih memadai.

“Harapan saya dengan pemugaran makam leluhur yang salah satunya Mbah Kinameng ini membawa spirit dan semangat bagi masyarakat Lamongan supaya kedepannya tidak melupakan tokoh-tokoh yang meletakkan dasar-dasar adanya Kabupaten Lamongan ini sekaligus mendorong dan untuk kita yang masih diberi kesempatan ini untuk bersemangat menjadikan Lamongan lebih jaya dan nyaman untuk seluruh masyarakat Lamongan.” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Pak Yes juga menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada warga Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Lamongan dimana makam Mbah Kinameng terletak untuk support nya agar pemugaran makam tersebut dapat memberikan manfaat kembali bagi warga sekitar.

“Semoga dengan pemugaran makam ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, terutama warga Kelurahan Sidokumpul dan peziarah yang datang ke makam ini.”

Sesuai dengan programnya, Pemerintah Kabupaten Lamongan melakukan pemugaran Makam Mbah Lamong dan makam Nyai Andongsari di Kecamatan Ngimbang yang telah selesai pengerjaan, makam Joko Tingkir yang masih dalam proses pengerjaan dan makam Mbah Kinameng yang saat ini akan dimulai. Sementara itu makam Syech Hasan Ali di Kecamatan Modo masih dalam proses perencanaan. Dan kedepannya dalam PAPBD akan dilanjutkan pemugaran juga di situs makam Rangga Abu Amin. (Fathan Faris Saputro)

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال