Mewujudkan Lingkungan Sekolah yang Sehat, SMP Muda Inovasi dan KHM Malang Raya Terapkan Ini

Mewujudkan Lingkungan Sekolah yang Sehat, SMP Muda Inovasi dan KHM Malang Raya Terapkan Ini

KULIAHALISLAM.COM - Gerakan peduli lingkungan hidup menjadi salah satu konsen yang sangat di gandrungi oleh para kawula muda yang sedang merasakan semakin degradasi alam. Peggiat Kader Hijau Muhammadiyah komite Malang Raya berkolaborasi dengan SMP Muhammadiyah 02 Kota Malang yang dikenal juga SMP MUDA Inovasi, mengadakan program Green School (sekolah hijau).


Program tersebut bertujuan pembentukan karakter siswa/i peduli lingkungan. Sasaran pokok dari kegiatan tersebut merupakan seluruh siswa/i, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Pelaksanaan Green School sudah berjalan yang kedua kali, pertemuan kedua pada Jum’at (16/9/2022).

Pada pertemuan kedua, intensitas siswa/i SMP Muhammadiyah 02 Kota Malang sangat tinggi, dapat dilihat dari respon belajar mengenai kenapa ada sampah, maupun saat safari kelas dan lingkungan sekolah untuk menyusuri jalur perjalanan sampah. Sembari menyusuri siswa/i diarahkan untuk mengumpulkan sampah-sampah yang ada di sekitarnya.

Pasca safari dan pengumpulan sampah dilakukan pemilahan, baik yang sampah organik maupun sampah anorganik. Hasil dari itu dijadikan bentuk kampanye pilah sampah dalam sekolah untuk lebih memperhatikan lingkungan.

Ghina Afifah peggiat Kader Hijau Muhammadiyah Komite Malang Raya, mengutarakan, program Green School menjadi wadah teman-teman KHM untuk belajar dan mengajar. Selain sebagai tempat untuk mengedukasi adik-adik di SMP 2 Muhammadiyah tentang lingkungan di usia dini, Green School juga menjadi lab. Bagi kami. Bersama-sama dengan civitas akademik di sana, kami akan membuat produk nyata yang pastinya produk yang berkaitan dengan usaha menyelamatkan lingkungan.

Dilanjut oleh kepala sekolah SMP Muhammadiyah 02 kota Malang, bapak Supriyanto., S.Pdi, M.Pd berharap, adanya Greenschool diharapkan dihanya sebatas retoris atau teoritis bagi siswa/i, namun juga dapat menunjang secara praktis ada yang dapat dihasilkan. Misalkan pengelolahan sampah yang yang anorgani dijadikan ecobrick atau sampah or kompos sehingga dapat menjadi produk. Namun yang paling utama adalah keberlangsungan  kesadaran lingkungan serta pengelolahannya baik di sekolah maupun di rumah masing-masing.

"Program Green School diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi siswa/i, agar di kemudian tertunjang kesadaran kelestarian bagi para generasi selanjutnya, serta mampu mewujudkan suatu lingkungan yang asri dan berseri bagi dirinya maupun masyarakat," pungkasnya. (Fathan Faris Saputro)

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال