Kolaborasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMPO dengan Pemerintah Desa Kesugihan

Kolaborasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMPO dengan Pemerintah Desa Kesugihan

KULIAHALISLAM.COM - Mahasiswa Public Relations Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) berkolaborasi dengan pemerintah Desa Kesugihan selenggarakan pre-launching taman Sekar Wilis Desa Kesugihan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo, (7/8/2022).

Sanggraloka Sekar Wilis ini menjadi salah satu potensi di bidang pariwisata yang dimiliki oleh Pemerintah Desa Kesugihan yang dikelola oleh Bumdes dan Karang Taruna setempat. Taman Sekar Wilis ini berdiri sejak tahun 2018 namun karena adanya pandemi covid-19, pengoperasian taman ini terpaksa dihentikan.

Bahkan sampai saat ini belum pernah dilaksanakan peresmian, sehingga mahasiswa Ilmu Komunikasi UMPO menginisiasi untuk dilaksanakannya pre-launching taman ini dengan harapan agar taman ini lebih dikenal oleh masyarakat luas dan mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah sehingga bisa segera dilaksanakan pembangunan.

Sugeng Riyanto Kepala Desa Kesugihan mengatakan, “Dengan adanya pre-launcing ini kami berterima kasih, setelah adanya pre-launching ini harapannya ada relawan peghijauan, tim kreatif, pokdarwis, serta kolaborasi berkelanjutan dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo," ungkapnya.

Pemerintah desa menginginkan adanya destinasi wisata keluarga, sehingga kedepannya Sanggraloka Sekar Wilis ini akan didesain ramah anak dan ramah keluarga. Salah satu upaya yang dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi adalah dengan melaksanakan penulisan aksara jawa secara serentak oleh siswa SDN 1 Kesugihan, SDN 2 Kesugihan, dan SMPN 2 Pulung agar nantinya ketika taman ini sudah jadi secara maksimal terdapat destinasi untuk belajar aksara jawa untuk anak-anak.

Mengingat remaja millenial saat ini lebih suka mengikuti tren luar dari pada budaya jawa itu sendiri. Sehingga dengan adanya pembelajaran tentang aksara jawa ini bisa memantik remaja saat ini untuk mengenal aksara jawa kembali. 

Pre-launching ini ditandatangani oleh H. Seni, S.Sos,MM selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo. Dalam sambutannya, ia mengatakan, “Setelah dilaksanakan pre-launching ini, jangan diam. Buatlah inovasi dan kreativitas untuk membangun Sekar Wilis agar terus diminati oleh masyarakat," tuturnya.

Selain itu, ia siap mendukung dilaunchingnya Taman Sekar Wilis ini dan jika nanti pemerintah desa mengajukan bibit pohon untuk isian Sanggraloka Sekar Wilis, Dinas Lingkungan Hidup siap membantu. (Fathan Faris Saputro/ RD)

Redaksi

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال