Camat Cimalaka Pimpin Upacara Hut Pramuka ke 61

Camat Cimalaka Pimpin Upacara Hut Pramuka ke 61

KULIAHALISLAM.COM, SUMEDANG - Camat Cimalaka, Drs. Taufik Hidayat Slamet M.Si yang juga Ketua Mabiran Kecamatan Cimalaka menjadi pembina upacara pelaksanaan upacara peringatan Hari Pramuka ke 61 tahun 2022 yang berlangsung Aula Kampus MAN 1 Sumedang di Cimalaka, Senin (15/08/2022). Upacara Hari Pramuka Ke 61 diikuti seluruh peserta Pramuka Penegak Gudep MAN 1 Sumedang dengan mengusung tema Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa.

Tampak hadir Sekretaris Kwarran Cimalaka, Dodi Partawijaya, M.Pd, Dewan Kehormatan Kwarran Cimalaka, Ismail Farid, M.Pd.I, Mabigus MAN 1 Sumedang, Abdul Haris, M.Ag beserta jajaran guru dan staff TU MAN 1 Sumedang, Pembina Gudep MAN 1 Sumedang, Jaka Fadrika, S.Pd, MT, Septy Marlia, S.Pd, MT.

Camat Cimalaka selaku pembina upacara membacakan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. Menurutnya, pembinaan dan pengembangan generasi muda merupakan hal penting. Karena generasi muda menjadi generasi pelanjut perjuangan bangsa dan pembangunan nasional. Sejak dibentuknya Pramuka menjadi salah satu gerakan pemuda yang sangat penting untuk membangun pendidikan karakter sejak dini.

"Pramuka akan membentuk kaum muda dengan sosok yang ideal. Yakni beriman, bertanggungjawab, amanah, toleran, terampil, mandiri, patriot, peduli terhadap sesama dan berbudi pekerti luhur," ujar Taufik.

Tahun ini, kata Kak Taufik semua diberi kesempatan untuk kembali melaksanakan upacara HUT Gerakan Pramuka serta kegiatan bumi perkemahan. Pihaknya berharap semua terus semangat dalam menjalani kegiatan Hari Pramuka ke 61 dari awal hingga akhir.

"Tetap sportif dalam setiap rangkaian acara. Saya yakin kalian semua generasi muda Indonesia yang unggul, hebat dan kreatif. Ingatlah selalu hymne Pramuka yang selalu menjadikan Pancasila sebagai dasar dalam bersikap dan bertindak. Teruslah berkreasi dan berkarya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda dengan kegiatan yang positif dan produktif. Apalagi, tujuan kegiatan Pramuka itu sendiri sangat mulia. Yakni untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan Pramuka sesuai dengan norma - norma masyarakat yang berlaku."

Selain itu, lanjut kak Taufik Camat Cimalaka sejak dulu selalu mendukung kegiatan pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka sebagai wadah untuk para pemuda berkarya dan berkreasi. Forkopimcam Cimalaka menyakini gerakan Pramuka masih relevan untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik di masa depan.

"Sesuai laporan Ketua Kwarran Cimalaka, kita mengutus Pramuka Penggalang sebanyak 1 orang asal dari Gudep MTsN 1 Sumedang yang akan mewakili Kwarran Cimalaka dalam Jambore Nasional XI Tahun 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta," tegasnya.

Di tempat terpisah Agus Sugiharto, S.Pd, Ketua Kwarran Cimalaka mengatakan, atas nama Kwarran Cimalaka mengucapkan terima kasih kepada seluruh Gugus depan yang berada di wilayah kwarran Cimalaka yang telah melaksanakan Upacara HUT Pramuka yang ke 61, dan saya ucapkan terima kasih pula kepada kak Mabiran Cimalaka (Camat Cimalaka), Kapolsek Cimalaka, Danramil Cimalaka yang telah bersedia menjadi pembina Upacara di HUT Pramuka ke 61 di wilayah kerja Kwarran Cimalaka.

kepada adik bayu dari Gudep MTsN Sumedang yang mengikuti Jamnas XI. Pihaknya dapat menginspirasi dan memotivasi anggota pramuka yang lain dan yang utama bisa menjadi contoh di manapun berada.

"Saya ucapkan selamat kepada adik bayu yang akan mewakili Kwarran Cimalaka dalam kegiatan Jambore Nasional XI di Cibubur. Jagalah nama baik Kwarran Cimalaka, di pundak adik bayu lah kami titip harapan untuk mengharumkan nama baik Kecamatan Cimalaka Kepada semua pihak yang berkontribusi, saya selaku Ketua Kwarran Gerakan Pramuka Cimalaka menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pihak dalam mempersiapkan kontingen Jambore Nasional Kwarran Cimalaka," jelasnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Taufik Hidayat Slamet Camat Kecamatan Cimalaka, memberikan selamat kepada 15 Pramuka Garuda dari pangkalan MAN 1 Sumedang yang telah di lantik oleh kak Mabicab sebelumnya."(DP).

Redaksi

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال