Bupati Lamongan Dorong Pemuda Lamongan Miliki Kesempatan Belajar Las Kapal

Bupati Lamongan Dorong Pemuda Lamongan Miliki Kesempatan Belajar Las Kapal

KULIAHALISLAM.COM - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menghadiri secara langsung acara Docking Project R-1000 yang diselenggarakan PT. Dok Pantai Lamongan di Slipway 2 Line 10 & Edu Center JL Raya Daendels Km 63 Paciran Lamongan, Jumat (5/8/2022).

Docking Project R-1000 merupakan proyek perbaikan kapal ke 1000 yang dilakukan oleh PT. Dok Pantai Lamongan (DPL). PT DPL sendiri merupakan industri galangan kapal dibidang pelayanan konstruksi atau servis kapal, modifikasi maupun pembuatan kapal baru di Kabupaten Lamongan.

Bersama perwakilan manajemen PT DPL, Zacharia Santoso dan Abdul Hamdan, Perwakilan PT Meratus Line, Pak Yes berkeliling melihat secara langsung proses konstruksi kapal di PT DPL.

Zacharia Santoso menjelaskan,PT DPL yang telah berdiri sejak 2006 lalu selalu berpartisipasi dalam perkembangan industri maritim di Jatim terkhusus di Lamongan. Dimana Docking kapal yang ke 1000 ini menjadikan PT DPL tidak hanya sebagai pilihan galangan utama tetapi juga sebagai galangan dengan kapasitas docking terbesar di Indonesia Timur.

“Pada hari ini PT DPL berhasil menaikkan kapal untuk yang ke 1000 dan kapal yang mendapat project number 1000 ini adalah kapal MV Meratus Kampar miliki PT Meratus Line dimana hal ini sudah sesuai dengan tandatangan kontrak perbaikan kapal yang masuk sistem di PT DPL. Sebuah pencapaian yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Sejak didirikan pada tahun 2006 dan empat tahun kemudian pada tahun 2010 kapal pertama berhasil dinaikkan dan pada tahun 2022 berhasil mencapai project yang ke 1000,” ucapnya di hadapan Bupati Lamongan.

Sedangkan Bupati Lamongan mengatakan, sebagai perusahaan yang telah tumbuh selama 16 tahun di kawasan Pantura Lamongan, PT DPL semakin maju dan berkembang.

“Bangga sekali saya menjadi bagian dalam peluncuran docking kapal ke 1000. Semoga kedepan terus berkembang menjadi lebih baik lagi. Saya berharap docking yang ke 10.000 masih dapat menyaksikannya. Artinya apa, harus ada kecepatan lagi dalam mengembangkan,” tuturnya.

Mendapati laporan tidak adanya pemutusan hubungan kerja saat mewabahnya pandemi, bahkan 60 persen karyawan merupakan warga pantura, Pak Yes berharap PT DPL terus memberikan upaya terbaik dalam mensejahterakan karyawannya.

Ia juga mendorong agar PT DPL tidak henti-hentinya melakukan pelatihan las kapal kepada pelajar khususnya di Lamongan. Sehingga pemuda Lamongan memiliki kesempatan yang sama untuk belajar las kapal.

“Saya ingin tidak hanya masyarakat pantura yang memiliki kesempatan belajar disini, tapi juga pemuda-pemuda di wilayah selatan mendapat skill di bidang las kapal mendapat kesempatan ini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lamongan juga menjelaskan pertumbuhan ekonomi Lamongan kembali merangkak naik, geliat perekonomian yang terus tumbuh menjadikan pertumbuhan ekonomi naik menjadi 3.43 persen setelah mengalami kontruksi 2,65 persen akibat pandemi. Untuk itu melalui pengembangan industri maritim diharapkan semakin menyerap tenaga kerja serta input kepada daerah.

“Dari satu industri ini saja sudah bisa menyerap 60 persen karyawan yang bisa bekerja mencari nafkah dan input kepada daerah dalam rangka pengembangan masyarakat pantura, apalagi banyak pasti bisa menyerap tenaga lebih banyak” pungkasnya.

Reporter : Fathan Faris Saputro

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Post 2

نموذج الاتصال