Ayo Menabung di Desa Bringinan, Menjadi Promotor Desa Hemat di Kabupaten Ponorogo

Ayo Menabung di Desa Bringinan, Menjadi Promotor Desa Hemat di Kabupaten Ponorogo

KULIAHALISLAM.COM - Agenda tahunan Desa Bringina yang bernama Ayo Menabung tahun ini mengusung nama Pramana Sahitya Bringinan. Agenda Ayo Menabung selalu ditutup dengan Bongkar Tabungan sebagai perantara untuk membagikan hasil tabungan kepada peserta. Bongkar Tabungan biasanya dilakukan menjelang Ramadhan, namun tahun ini dilaksanakan di luar jadwal hingga terlaksana pada 1 Juli hingga 17 Juli 2022 yang diikuti oleh 373 celengan dengan jumlah uang hampir mencapai 300 juta rupiah.

Jumlah ini bukan hanya berasal dari Desa Bringinan saja, melainkan diikuti beberapa desa. Menurut informasi dari Langgeng selaku ketua Karang Taruna Desa, kegiatan Ayo Menabung telah diikuti dari 17 desa di 7 kecamatan yang ada di Ponorogo sejak tahun 2016.

Nominal uang yang ditabung juga ditentukan oleh Karang Taruna, yaitu uang receh Rp 100,00 hingga Rp 2000,00. Selain nominal tersebut maka tidak akan masuk dalam hitungan. Tahun ini adalah tahun keenam dengan jumlah peserta yang terus bertambah, bahkan untuk tahun ini sudah ada lima puluh peserta baru yang akan mengikuti acara Bongkar Tabungan tahun depan.

Acara ini juga dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo ini juga melaunching celengan raksasa yang langsung disahkan oleh Bupati Ponorogo, Wakil Bupati, Ponorogo, ANggota DPRD Jawa Timur dan beberapa dinas terkait. Ke depannya, celengan raksasa ini ditambah jumlahnya menjadi 13 celengan besar untuk desa.

Menurut Sugiri acara Ayo Menabung adalah acara yang luar biasa. Selain mengajarkan kepada anak-anak untuk berhemat sejak dini, juga menjadi akar dari gotong royong bagi masyarakat desa. Dari tahun ini selain celengan kecil yang dimiliki oleh anak-anak, juga akan ada celengan rakasasa yang diperuntukkan bagi Desa Bringinan. Selain itu, Sugiri mengatakan bahwa kegiatan Ayo Menabung akan diduplikasi hingga kabupaten karena Desa Bringinan merupakan desa pertama yang memiliki program menabung masal bagi masyarakatnya.

Reporter: Fathan Faris Saputro

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Post 2

نموذج الاتصال