PK IMM STAI Muhammadiyah Paciran Menggelar Pelatihan Jurnalistik

PK IMM STAI Muhammadiyah Paciran Menggelar Pelatihan Jurnalistik

KULIAHALISLAM.COM - Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) STAI Muhammadiyah Paciran dalam rangkaian kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) berbagi menggelar silaturahmi dan pelatihan jurnalistik untuk siswa MTs Muhammadiyah 13 (MUGALAS) Solokuro, Solokuro (12/2/2022).

Dengan tema 'Pengenalan Teori Dasar Jurnalistik dalam Konteks Keterbukaan Informasi Publik' acara itu di sampaikan Fathan Faris Saputro di sela-sela menjadi instruktur pengaderan DAD itu.

"Semoga kehadiran materi ini memberikan manfaat untuk adik-adik sekalian, utamanya untuk mengenal dan memahami teori dasar tentang jurnalistik," kata Fathan yang juga alumni MUGALAS ini.

Usai sesi berkenalan, sesuai jadwal pemateri menyampaikan paparan dengan selingan yang menghidupkan suasana. Sesi tanya jawab pun menciptakan keceriahan peserta. Mereka terlihat antusias menyimak penyampaian 'ilmu baru' yang didengar.

Fathan Faris Saputro mengawali dengan menyampaikan teori dasar jurnalistik. Fathan menyambung dengan menyajikan pemahaman dan teknik dasar, memahami rumus 5W 1H, menyusun perencanaan liputan, teknik wawancara, kemudian menuangkan dalam penulisan berita.

Fathan juga memberikan kaidah dasar bahasa Indonesia dan bahasa jurnalistik, yang menjadi bekal dalam mengawali menulis.

"Kalian harus memahami bahasa, artinya bahasa yang kalian tuangkan dalam penulisan sebuah berita harus memenuhi unsur yang kita sampaikan dalam teori tadi. Bahasa baku, lugas, tegas dan tidak bertele-tele," ujar Fathan yang juga redaksi pelaksana kuliahalislam.com itu. 

Selain teknik penulisan dan tata bahasa, teknik pengambilan foto juga tersaji di paparkan oleh pemateri, sebagai bekal awal pengambilan gambar atau foto.

Sesi berikutnya, setelah di bagi contoh tulisan berita, diteruskan dengan praktik penulisan berita.

Diharapkan dari hasil pelatihan ini akan lahir penulis-penulis muda. Minimal bisa menulis kegiatan di sekitar lembaga. Peserta pelatihan mengaku gembira dan bersyukur.

Materi jurnalistik menjadi ilmu baru yang kini dimiliki. Kedepan, dengan bekal pemahaman yang didapat tersebut, bisa dituangkan dalam beragam tulisan, termasuk di Media Dinding (Mading) Sekolah di MUGALAS ini.

Di akhir acara, ucapan saling berterimakasih disampaikan, dari pihak lembaga juga siswa peserta pelatihan.

"Terimakasih kepada kakak-kakak IMM yang telah membagikan ilmu buat kami, semoga yang dilakukan, berbagi ilmu kepada kami tentang jurnalis mendapat barokah, Amin," kata Safa, berbicara mewakili teman-temannya.

"Saya sangat berterimakasih sekali atas terselenggaranya acara ini. Semoga kedepan MUGALAS terus melaksanakan acara seperti ini, mengenalkan teori dasar jurnalistik di sekolah-sekolah," ucap Fathan.

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال