Makna Islam Menurut Para Ulama

KULIAHALISLAM.COM - Islam adalah agama terbesar kedua yang dianut oleh umat manusia di dunia setelah Kristiani. Menurut situs worldpopulationreview.org, jumlah umat Islam di dunia sekitar 2 miliar orang. Tentu seorang muslim harus mengetahui makna dari agama yang dianutnya. Tulisan ini akan membahas makna Islam menurut bahasa dan para ulama. 


Makna Islam
Sumber Gambar: Pixabay


Makna Islam Menurut Para Ulama Salaf dan Khalaf

Islam menurut bahasa artinya selamat dan berserah diri. Hal ini karena akar kata Islam dari salima yang artinya selamat. Kata Islam juga seakar kata dengan istislam yang artinya menyerahkan diri. Adapun menurut istilah Islam adalah agama yang mengajarkan tauhid mengesakan Allah SWT yang dibawa oleh para Rasul dari Nabi Adam hingga Nabi Muhammad SAW. 

Adapun pengertian Islam menurut para ulama adalah sebagai berikut:

1. Syaikh Abdullah Bin Baz

Islam adalah menyerahkan diri dan tunduk mengesakan Allah SWT dan memurnikan ketahudian. Melaksanakan perintahnya, menjauhi larangannya. Diantara perintahnya adalah menunaikan shalat, melaksanakan zakat, puasa dan haji ke Baitullah serta menjauhi maksiat.
 

2. Raghib Al Ashfahani

Islam mempunyai dua makna, pertama adalah pengakuan lisan di bawah keimanan. Hal ini disebutkan dalam QS. Al Hujurat: 14, dimana orang-orang Badui mengaku sudah berIslam, namun keimanan belum benar-benar meresap dalam hati mereka. Kedua Islam berada di atas keimanan. Islam adalah pengamalan nyata dari keimanan. Seperti ditegaskan dalam QS. Al Baqarah: 131 dan QS. Yusuf: 101. 

3. Majelis Tarjih Muhammadiyah

Pengertian Islam secara umum adalah apa-apa yang disyariatkan Allah SWT. melalui lisan para nabinya berupa perintah, larangan dan petunjuk untuk kemaslahatan manusia baik di dunia maupun akhirat. Pengertian Islam secara umum adalah apa-apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW berupa Al Quran dan Sunnah berupa perintah, larangan dan petunjuk untuk kemaslahatan manusia baik di dunia maupun akhirat. 

4. Muhammad Husaini Al Shirazi

Islam adalah akidah (keyakinan) dan syariah (jalan hidup) yang dibebankan kepada manusia yang membutuhkannya dalam setiap tingkatan kehidupan. 

Pengertian-pengertian di atas merupakan upaya para ulama untuk merumuskan definisi Islam secara akademis. Adapun pengertian paling populer mengenai Islam justru terdapat dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW dari Umar bin Khattab. Dimana suatu ketika Nabi didatangi oleh seseorang yang tidak dikenal. 

Orang ini bertanya kepada Nabi mengenai beberapa hal, yakni mengenai Iman, Islam, Ihsan, dan Hari Kiamat. Saat ditanya mengenai Islam, Nabi Muhammad SAW menjawab bahwa Islam adalah bersyahadat bahwa Allah SWT satu-satunya Tuhan dan Muhammad SAW adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa pada bulan Ramadhan serta berhaji ke Baitullah bagi yang mampu. Penjabaran yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dikenal dengan rukun Islam. 

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال