Resmuka (Resik-Resik Masjid) Sukorejo Tren Baru Amal Kebaikan Para Pemuda

Logo Komunitas Resmuka Kalibogor (Resik-resik Mushola dan Masjid) 

KULIAHALISLAM.COM, SUKOREJO–Kita tidak pernah tahu amal kebaikan mana yang akan menjadikan kita masuk surga. Sebuah ikhtiar dari Pemuda Kalibogor mencari keridhoan Allah dengan membersihkan rumah-Nya.

Yang berkenan Masjid/Musholanya dibersihkan. Bisa menghubungi RESMUKA Kalibogor (Resik-Resik Mushola dan Masjid), tren baru amal kebaikan dengan banyak keutamaan.

Komunitas Resmuka Kalibogor sedang bersih-bersih (Sumber gambar : dokumen resmuka Kalibogor)

Manusia tidaklah lepas dari khilaf dan dosa dalam kehidupannya, sebaik-baik manusia adalah yang sadar akan kesalahan lalu memohon ampun kepada Allah serta mengiringinya dengan amal kebaikan.

Pemuda Kalibogor Sukorejo yang berikhtiar dengan melakukan amal kebaikan dengan membersihkan Masjid & Mushola disekitaran eks-Kawedanan Selokaton.

Meski tidak dibilang yang pertama melakukan kegiatan ini, tetapi alhamdulillah mampu menarik minat banyak pemuda setiap malam ahad untuk bersama sama melakukannya kegiatan yang diback up dana dari donatur dan Masjid Mujahidin Kalibogor.

Hal tersebut paling tidak meminimalisir ketergantungan para pemuda yang hanya sekadar nongkrong-nongkrong dan bermain gadget tiap malam minggu.

Banyak manfaat dari kegiatan ini selain mengarahkan pemuda pada kegiatan yang positif, juga bermanfaat bagi jamaah menjadi nyaman dalam beribadah karena Masjid/ Musholanya bersih. Selain itu insyaAllah akan mendapat banyak keutamaan dari Allah SWT, diantaranya :

1. Dosanya diampuni oleh Allah

Orang yang menjaga kebersihan masjid, meskipun hanya dengan membuang kotoran sebesar biji sawi, maka dosanya akan diampuni oleh Allah. Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis yang ditulis oleh Imam Suyuthi dalam kitab Lubabul Hadis berikut;

مَنْ أَخْرَجَ قَذَرَةً مِنَ الْمَسْجِدِ بِقَدْرِ مَا يَدُوْرُ فِى الْعَيْنِ أَخْرَجَهُ اللهُ تَعَالَى مِنْ أعْظَمِ ذُنُوْبِهِ

Siapa yang mengeluarkan kotoran dari masjid dengan seukuran yang dapat dipandang oleh mata, maka Allah akan mengeluarkannya dari dosa-dosa yang besar dari dirinya.

2. Dibangunkan satu rumah dan tempat di surga

Dalam sebuah hadis yang disebutkan oleh Imam Suyuthi dalam kitab Lubabul Hadis, dari Sa’id Al-Khudri, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

مَنْ أَخْرَجَ أَذًى مِنَ الْمَسْجِدِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ

Siapa yang mengeluarkan kotoran dari masjid, maka Allah akan membangun rumah untuknya di dalam surga.

3. Mendapatkan kedudukan yang mulia di sisi Nabi SAW

Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim;

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ -فِي قِصَّةِ الْمَرْأَةِ الَّتِي كَانَتْ تَقُمُّ الْمَسْجِدَ- قَال: فَسَأَلَ عَنْهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا: مَاتَتْ فَقَالَ:أَفَلاَ كُنْتُمْ آذَنْتُمُونِي فَكَأَنَّهُمْ صَغَّرُوا أَمْرَهَا. فَقَالَ:دُلُّونِي عَلَى قَبْرِهَا فَدَلُّوهُ فَصَلَّى عَلَيْهَا.

Dari Abu Hurairah, mengenai kisah seorang perempuan yang biasa mengurus kebersihan masjid, dia berkata; Kemudian Nabi Muhammad SAW bertanya tentang perempuan tersebut. Sahabat menjawab, ‘Ia telah wafat.’ Kemudian Nabi Muhammad SAW berkata, ‘Kenapa kalian tidak memberitahukan kepadaku? Seakan-akan para sahabat meremehkan kedudukan perempuan tersebut. Kemudian Nabi Muhammad SAW berkata, ‘Mari kalian tunjukkan kepadaku kuburan perempuan itu. Lalu Nabi Muhammad SAW mensalati perempuan tersebut.

Wallahu A'lam Bishowab

Pewarta : Taufiq Ndon
Editor : Adis Setiawan

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال