Mahasiswa KKN Muhammadiyah-Aisyiyah Lombok Barat Dirikan Taman Baca Sang Surya

Mahasiswa KKN Muhammadiyah Aisyiyah Lombok Barat Dirikan Taman Baca Sang Surya

KULIAHALISLAM.COM, LOMBOK - Program kerja kelompok 26 Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKNMAs) di Desa Jatisela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat pada tanggal 14 September 2021 telah berhasil membuka sebuah Taman Baca yang diberi nama “Taman Baca Sang Surya” yang berlokasi di dusun Johar Pelita.

Pembukaan Taman Baca ini dihadiri oleh seluruh anggota kelompok 26 KKNMAs, Ketua RT.05 Dusun Johar Pelita dan masyarakat sekitar baik dari kalangan anak-anak maupun dewasa dengan prosedur sesuai dengan protokol kesehatan.

Taman baca ini didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan Taman Baca Sang Surya bagi masyarakat khususnya anak-anak dan juga untuk meningkatkan wawasan serta kreatifitas masyarakat Desa Jatisela, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat. 

Di Taman Baca Sang Surya ini pembelajaran disesuaikan dengan usianya, untuk anak-anak pra sekolah diajarkan untuk mengenal abjad dan angka, sedangkan untuk usia sekolah dasar bebas memilih buku bacaan yang diinginkan dengan menyesuaikan usia mereka. 

Buku-buku yang berada di Taman Baca Sang Surya berasal dari dana kelompok 26 sebagai dana program kerja. Selain itu, sebagian buku didapat dari hasil donasi.

Antusiasme masyarakat sekitar dapat terlihat dari tingkat kehadiran mereka saat pembukaan berlangsung. Dukungan dari perangkat desa membuat pembukaan Taman Baca Sang Surya berjalan lancar.

Ibu Wismadi sekalu Ibu RT 05 Dusun Johar Pelita mengatakan, bahwa dengan terlaksananya program ini sangat membantu para Ibu yang sedikit kesulitan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar daring, dengan adanya Taman Baca ini juga membantu meningkatkan minat baca anak-anak yang dirasa minim semenjak pembelajaran daring berlangsung. 

Tentu saja kegiatan ini juga sangat disambut baik oleh anak-anak, mereka sangat bersemangat dalam mengikuti arahan yang kami berikan baik belajar membaca, menulis, berhitung, maupun bercerita. yang membesarkan hati kami pada kegiatan ini adalah turut serta hadirnya remaja sekitar yang kami harapkan akan menjadi kader di Taman Baca Sang Surya yang kelak akan meneruskan jalannya Taman Baca ini. 

Besar harapan kami kepada masyarakat khususnya remaja Desa Jatisela untuk senantiasa meneruskan serta menjaga Taman Baca Sang Surya ini agar dapat berjalan dan kelak akan menjadi aset desa yang bermanfaat.

Sementara Agiel Laksamana Putra penanggung jawab pendirian Taman Baca Sang Surya berharap, didirikannya taman baca ini membantu masyarakat sekitar dan anak-anak untuk melek literasi. Selain itu, taman baca ini tetap terus berjalan meski kegiatan kkn telah selesai. Pungkasnya. 


Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال