Jaga Imun dan Iman Melalui Perkasa FC PDPM Kendal

Perkasa FC Klub Sepak Bola PDPM Kendal (Sumber gambar : dokumen Perkasa FC)

KULIAHALISLAM.COM, KENDAL – Olahraga atau aktivitas fisik merupakan hal yang sangat penting di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini. Dikutip dari International Journal of Cardiovascular Science, olahraga atau aktivitas fisik, terutama pada intensitas dan durasi sedang, dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. 

Sedangkan, olahraga dengan intensitas tinggi dan berkepanjangan tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat menyebabkan imunosupresi atau menurunkan imunitas tubuh.

PERKASA FC  lounching jersey (Sumber gambar : Perkasa FC)

Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga atau aktivitas fisik dapat mencegah terjadinya gangguan mental yang dialami oleh sebagian orang karena adanya penerapan karantina dan isolasi, maupun jaga jarak (physical dystancing) akibat pandemi Covid-19. Gangguan mental tersebut misalnya depresi, kecemasan, sindrom kelelahan dan stres.

Melakukan aktivitas fisik juga dapat menghindarkan seseorang dari penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi, penyakit yang kemungkinan besar dapat terjadi pada masa pandemi Covid-19 karena kurangnya aktivitas fisik masyarakat yang cenderung menghabiskan waktu di rumah dengan menonton televisi, menggunakan handphone, dan bermain game, sehingga berisiko mengalami penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Salah satu yang popular adalah sepakbola, merupakan olahraga yang sangat digemari oleh kebanyakan orang, terutama laki-laki. Biasanya, anak-anak bermain bola tidak sebatas di lapangan, bisa di jalan, di pekarangan rumah yang masih luas, ataupun biasanya anak desa bermain bola di pesawahan.

Bermain bola sangatlah menyenangkan, selain sebagai upaya kita untuk meningkatkan dan menjaga kebugaran tubuh, juga dapat menjadi ajang silaturahmi, refreshing, dan juga menjadi penghasilan. 

Biasanya anak-anak bermain bola pada sore hari dengan diakhiri dengan azan Maghrib sebagai tanda permainan telah selesai. Sepak bola bukan hanya menyenangkan, tetapi sejatinya bisa menjadi alat pemersatu bangsa.

Bidang KOKAM & SAR berkolaborasi dengan Bidang Olahraga dan Seni Budaya PDPM Kendal pada 12 September 2021 secara resmi membentuk PERKASA FC yang ditandai dengan  lounching jersey, tujuannya adalah  menjalin ukhuwah Islamiyah dan dakwah lewat olah raga, para pemain terdiri dari anggota KOKAM Pemuda Muhammadiyah dari seluruh wilayah Kabupaten Kendal yang memiliki skill bermain bola. 

Belum ada pelatih secara resmi tapi PERKASA FC didampingi oleh pembina KOKAM JAGAL ABILAWA Kendal Drs. Eko Basuki yang sudah berpengalaman menjadi manajer tim sepakbola. 

PERKASA FC sudah uji tanding dengan beberapa klub sepak bola, laga perdana  melawan PS. MELATI MUDA PDPM  Pekalongan, lanjut PCPM Pageruyung, PCPM Kaliwungu, PCPM Ringinarum dan PEMDES Weleri.

Pewarta : Tawfiq Ndon, Bidang Kokam dan SAR PDPM Kendal
Editor : Adis 

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال