Remaja Mesjid Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda Menyelenggarakan Kegiatan Gema Ramadan Ceria

(Sumber Gambar: Dok. Pribadi Redaksi Kuliah Al-Islam)

KULIAHALISLAM.COM, KOTABIMA - Bulan puasa Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, kelimpahan pahala, banyaknya kebaikan dan keutamaan bagi umat Islam yang merayakannya.

Selama bulan suci Puasa Ramadan, banyak ragam agenda kegiatan atau aktivitas umat Islam, instansi pendidikan (sekolah SD dan SMP), komunitas muslim, dan organisasi sosial keagamaan khususnya Remaja Mesjid dalam mengisi dan meraih keberkahan, mengadakan dan merayakan puasa ramadan tahun ini.

Salah satu organisasi sosial keagamaan, yakni organisasi Remaja Mesjid akan menyelenggarakan acara Lomba Gema Ramadan Ceria sebagai upaya dan wadah untuk menyemarakkan puasa ramadan ini.

Remaja Mesjid Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda adalah organisasi sosial keagamaan yang mewadahi potensi-potensi anak-anak dan remaja di lingkungan Lewisape-Gilipanda, kelurahan Sarae, Kecamatan Rasana'E Barat, Kota Bima, NTB.
Remaja Mesjid Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda secara konsisten menyelenggarakan acara-acara hari besar keagamaan dan hari besar nasional yang melibatkan partisipasi anak-anak dan remaja. Sebagai contoh, acara lomba Gema Ramadan Ceria.

Pada tahun ini, Pengurus Remaja Mesjid Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda periode yang baru (2023-2025) melalui program kerja bidang dakwah, mengadakan kembali acara lomba-lomba seperti periode sebelumnya, seperti konsisten menyelenggarakan acara Lomba Gema Ramadan Ceria 1444 H. Adapun lombanya terdiri empat mata lomba, terdiri Lomba Adzan, Da'i Cilik, dan Hafalan ayat-ayat pendek. Untuk lomba tingkat TK-PAUD, SD-SMP.
Diselenggarakan selama empat hari. Mulai hari, Jumat 14 April sampai 18 April 2023. Di Mesjid Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda, Kel. Sarae, Kota Bima.

Sambutan pertama: dari Ketua Panitia Lomba Ramadan Ceria, Muhammad Fajar Feryan, Mengatakan bahwa, "Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan panitia yang telah bekerja keras menyiapkan kegiatan ini sehingga kegiatan ini dapat terlaksana. Yang kedua, saya mengucapkan kepada semua pihak yang ikut andil dalam membantu, mendukung kegiatan yang kami lakukan, baik secara materil maupun secara moral". Ucap ketua panitia

Adapun kegiatan lomba ramadan ceria ini adalah salah satu kegiatan yang tujuannya untuk memeriahkan bulan suci ramadan.
Dalam kegiatan kami mengadakan empat mata lomba.
1. LOMBA HAFALAN AYAT PENDEK 20 orang
2. LOMBA TARTIL 15 orang
3. LOMBA ADZAN 15 orang
4. LOMBA DA'I CILIK 5 orang
(Peserta lomba masih terbuka untuk tambahan).

(Sumber Gambar: Dok. Pribadi Redaksi Kuliah Al-Islam)

"Kegiatan lomba ramadan ceria ini adalah kegiatan pertama dari remaja mesjid di kepengurusan baru, jadi kami segenap panitia memohon maaf apabila dalam pelaksana memohon maaf apabila dalam pelaksanaan ini ada kekurangan atau ada kesalahan. Semoga apa yang kita lakukan ini mendapatkan syafaat dan ridho di sisi Allah SWT". Tutup, dari Ketua Panitia Pelaksana Lomba Gema Ramadan Ceria.

Sambutan kedua: dari Ketua BKM Mesjid Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda beliau mengatakan bahwa, "Pertama-tama kami sebagai pengurus Badan kemakmuran Masjid (BKM) Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman anggota Panitia lomba ramadan ceria, pengurus Remaja Mesjid Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda yang baru karena sudah bersungguh-sungguh dalam mewujudkan acara lomba ramadan ceria ini".

Lanjut beliau, "kami mengapresiasi kepada anak-anak dan remaja di lingkungan mesjid Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda yang sudah mau ikut berpartisipasi dalam lomba ramadan ceria ini. Semoga dengan acara lomba ini sebagai wadah untuk membantu dan memfasilitasi potensi-potensi anak-anak dan remaja di bidang keagamaan, khususnya literasi Al-Qur'an (hafalan Tartil ayat-ayat pendek, hafalan doa-doa, dan sebagainya). Kami berharap acara lomba ramadan ceria tidak berhenti sampai bulan puasa saja tapi tetap diselenggarakan di bulan-bulan selanjutnya". Sambutan dari Ketua BKM Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda.

Sambutan ketiga: dari Bapak lurah Sarae, Oka Budiman SPd Mpd. Beliau mengapresiasi kepada anggota Panitia Pengurus Remaja Mesjid Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda. "Saya sangat mengapresiasi kepada pengurus Remaja Mesjid Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda periode yang baru. Karena mau dan bersemangat melaksanakan acara lomba ramadan ceria ini, di hari-hari terakhir puasa Ramadhan".

Lebih lanjut, beliau menegaskan bahwa, adapun tujuan dilaksanakan lomba ramadan ceria oleh pengurus Remaja Mesjid Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda ini sangat bagus, untuk membantu dan memfasilitasi potensi-potensi keagamaan (Literasi Al-Qur'an) anak-anak dan remaja di lingkungan Lewisape-Gilipanda. Juga, sebagai sarana wadah untuk membentengi anak-anak dan remaja agar tidak terjerumus ke perbuatan tercela buruk, perbuatan tidak bermanfaat dan kenakalan remaja". Ucap nasehatnya

"Baik buruknya anak-anak dan remaja di yang ada lingkungan Lewisape Gilipanda, tergantung Remaja Mesjid di lingkungan setempat. Karena itu, kegiatan-kegiatan keagamaan seperti lomba lomba adzan, hafalan ayat-ayat pendek dan Tartil ini sangat penting untuk menggali potensi anak-anak". Tutupnya  

Berdasarkan rangkaian acara pembukaan Lomba Ramadan Ceria, Remaja Mesjid Al-Mujahidin Lewisape-Gilipanda hari ini, Anak-anak dan remaja peserta lomba ramadan ceria sangat antusias, semangat dan penuh kegembiraan serta acara berjalan dengan lancar dan khidmat.

Kontributor: Fitratul Akbar

Fitratul Akbar

Penulis adalah Alumni Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال