Antisipasi Perubahan Iklim, IMM Dan LAZISMU PP. Muhammadiyah Tanam Mangrove

KULIAHALISLAM.COM, Aceh - Untuk mengantisipasi perubahan iklim yang berdampak pada Bumi. Lazismu Pusat mengandeng Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bidang Lingkungan Hidup melakukan tanam manggrove di Kota Banda Aceh, pada 25 September 2022. 


Ketua DPP IMM Bidang Lingkungan Hidup, Rimbo Bugis, melalui pesan singkatnya, pada 03 Oktober 2022, mengatakan bahwa program penanaman mangrove yang di lakukan di Provinsi Nagro Aceh Darusallam, Kota Banda Aceh, merupakan program berkelanjutan yang kebetulan di Aceh di kerjasamakan dengan Lazismu Pusat.

Kegiatan Penanaman Mangrove DPP IMM

"Kita memiliki niat dan visi yang sama yaitu dakwah merawat bumi. Karena Lazismu merupakan lembaga yang bergerak di bidang pendanaan bantuan di sosial Muhammadiyah, maka kami memiliki tanggung jawab yang sama yaitu dakwah merawat bumi. Olehnya itu penanaman mangrove di Aceh kami beri tema : Sedekah manggrove untuk bumi" kata Rimbo Bugis. 

Ia menambahkan DPP IMM bidang Lingkungan Hidup sendiri memiliki program Gerakan 1 Juta pohon 1 Periode untuk bumi. Gerakan nyata pertama kita di mulai dari Aceh, ujung barat Indonesia, setelah itu baru kita menjalar ke semua pelosok Indonesia untuk derah yang siap. 

"Kita launching pertama di Bogor, bersamaan dengan Sekolah Lingkungan (Green Youth Leades Camp IMM Bersama Walhi Pusat). Untuk di aceh sendiri kita menanam Manggrove, karena di Aceh kita lihat banyak wilayah dampak Tsunami yang harus kita hijaukan terutama di sepanjang pantai dan mulut kali di tepi lait." Lanjut Rimbo 

Sementara Sekretaris DPP IMM Bidang Lingkungan Hidup, Akmalul Riza, mengatakan bahwa penanaman manggrove yang di lakukan oleh IMM dan Lazismu akang di bagikan di beberapa tempat, yaitu Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, dan Kabupaten Aceh Utara. 

"Kita kemarin suda menanam kurang lebih 400 batang pohon mangrove di kota Banda Aceh. Sisanya kita siapkan dalam untuk di dua kabupaten sisanya, karana itu keinginan dan kesepakatan bersama oleh kader-kader IMM se Aceh. Kita akan priorotaskan derah-derah yang memang layak di tanam manggrove tersebut" tambah Akmal. 

Sebelum menanam, DPP IMM Melakukan sosialisasi penanaman pohon bersama kader-kader IMM se provinsi Aceh di Gedung Kesehatan Kabupaten Aceh Besar. Dalam sosialisasi tersebut yang menjadi narasumber yaitu Ketua DPP IMM Bidang Lingkungan Hidup, Rimbo Bugis, Sekretaris DPP IMM Bidang Lingkungan Hidup, Akmalul Riza dan Ketua DPD IMM Provinsi Aceh, Hakiki. 

Setelah melakukan sosialisasi barulah kader-kader IMM Aceh melakukan koordinasi dengan pejabat desa tempat penanaman pohon untuk survei tempat penanaman dan lakukan penanaman di dua tempat di desa tersebut. Penanaman berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 25 -26 September 2022. Dan di ikuti oleh perwakilan-perwakilan cabang IMM se provinsi Aceh.

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Post 2

نموذج الاتصال