Kolaborasi, Wujudkan Karang Taruna Cijambe Hebat

Kolaborasi, Wujudkan Karang Taruna Cijambe Hebat

Karang Taruna Cijambe


KULIAHALISLAM.COM, SUMEDANG –  Dalam rangka kegiatan pembinaan kemasyarakatan bidang kepemudaan dan olahraga, Pemerintah Desa Cijambe gelar pembinaan Karang Taruna tingkat Desa Cijambe. 

Pembinaan Karang Taruna kali ini diarahkan pada peningkatan kapasitas karang taruna Desa Cijambe. Bertempat di Aula Desa Cijambe, kegiatan ini dihadiri oleh Camat Paseh, Drs. Agus Sujatmiko, M.Si, Kepala Desa Cijambe, Takhyar Sutang Iskandar, Babinsa Desa Cijambe, ketua Karang Taruna Kecamatan Paseh, Dodi Partawijaya, dan peserta dari karang taruna desa Cijambe yang berjumlah 40 orang.

Karang Taruna Cijambe


Kegiatan diawali dengan diskusi bersama antara karang taruna desa Cijambe dengan perwakilan dari Karang taruna Kecamatan Paseh. Dalam kesempatan tersebut dibahas mengenai peran pemuda serta tata cara pengelolaan organisasi berdasarkan pengalaman yang telah mereka geluti. Setelah diskusi tersebut dilanjutkan dengan acara pembinaan karang taruna desa Cijambe.

Narasumber yang dihadirkan antara lain dari Camat Paseh, Agus Sujarmiko dan dari ketua karang taruna kecamatan Paseh, Dodi Partawijaya, Selasa (21/6/2022).

Camat Paseh Agus Sujatmiko sebagai narasumber pertama dalam kesempatannya menyampaikan bahwa anggaran untuk pembinaan Karang Taruna dibebankan kepada anggaran Desa. 

Sehingga kewajiban pada dasarnya hanya membina. Karang Taruna adalah lembaga kepemudaan yang sangat penting. Untuk itu perlu diadakan pembinaan, agar ada kemajuan. Sehingga di Desa yang ada di wilayah kecamatan harus ada Karang Taruna. Tetapi sekarang kelembagaan tersebut sudah banyak yang mati suri.

“Sehingga membangkitkan Karang Taruna untuk berjaya lagi dibutuhkan peran serta semua pihak. Terutama kecamatan dan Desa yang merupakan wilayahnya,” kata Agus.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Paseh, Dodi Partawijaya sebagai narasumber ke dua menambahkan, kelembagaan kepemudaan Karang Taruna harus memiliki prestasi yang bisa dibanggakan. Sehingga kecamatan, mengajak semua yang hadir untuk membangkitkan Karang Taruna. 

Untuk itu pembinaan ini akan terus dilakukan agar jangan sampai mati suri. Karena Karang Taruna memiliki tugas dan fungsi yang dapat membantu masyarakat. 

“Untuk mewujudkan serta membangun peradaban Karang Taruna, kita perlu memiliki pemuda yang mampu memberikan inspirasi,” ujar Dodi.

Di tempat yang sama Takhyar Sutang Iskandar, kepala Desa Cijambe,  mengatakan Karang Taruna adalah organisasi sosial atau lembaga masyarakat. Dan wadah pengembangan generasi muda yang berkembang di atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari masyarakat. Terutama generasi muda di wilayah desa Cijambe. 

Sehingga Karang Taruna merupakan lembaga non partisan yang memilki tugas pokok bersama-sama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya. Dalam hal permasalahan khususnya di kalangan generasi muda. Karang Taruna diharapkan mampu berpartisipasi secara aktif dalam proses pembangunan pedesaan.

“Kondisi sosial yang diharapkan Karang Taruna, mampu bekerja sebagai perencana dan sekaligus sebagai pelaksana pembangunan desa,” Tutupnya.**

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال