Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Lamongan Renovasi 535 Rumah Tidak Layak Huni

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Lamongan renovasi 535 rumah tidak layak huni


KULIAHALISLAM.COM - Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman telah menyelesaikan berbagai proses renovasi sebanyak 535 unit rumah tidak layak huni menjadi Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) periode 2021 bagi masyarakat miskin berpenghasilan rendah, (25/2/2022).

Dari 535 unit RTLH yang direnovasi, 343 rumah bersumber dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan rincian 178 rumah untuk kemiskinan ekstrim dan 99 rumah reguler. 

Kemudian renovasi Bantuan Sosial RTLH dana APBD Kabupaten Lamongan sebanyak 70 rumah dan bantuan sosial perbaikan rumah tidak layak huni untuk kawasan permukiman kumuh sebanyak 122 rumah yang tersebar di seluruh Kabupaten Lamongan.

Kades Desa Sekar Bagus Imam Mustaqim saat melihat perhatian Bupati Yes tersebut mengungkapkan terima kasihnya atas perhatian yang diberikan kepada warganya.

Imam juga mengungkapkan 80 rumah di Desa Sekar Bagus yang direnovasi hasil program BSPS tersebut telah rampung 100 persen.

 "Kita semua disini dalam rangka peresmian bedah rumah. 80 rumah yang dibedah, awalnya tidak layak menjadi layak huni dan telah rampung 100 persen. Terima kasih sekali lagi Pak Bupati," pungkas Imam.

Dalam kesempatan tersebut turut diserahkan bantuan berupa 20 paket sembako untuk lansia, 10 paket gizi untuk balita, 13 paket protein hewani untuk ibu hamil dan 5 paket sembako kepada keluarga penerima manfaat Home Care Service.

Melalui program bantuan ini, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berharap, masyarakat rentan khususnya masyarakat miskin ekstrim dapat hidup lebih layak dan semakin produktif.

"Penyelesaian kemiskinan ekstrem ini terus kami cari solusinya. Supaya rumah tangga miskin terutama yang miskin ekstrem dapat produktif kembali. Dengan rumah yang bagus, rumah yang layak kita dapat lebih produktif lagi," tutur Bupati Yes saat meresmikan RTLH hasil program BSPS di Desa Sekar Bagus Kecamatan Sugio.

Diungkapkan Bupati Yes, terdapat dua macam miskin ekstrim di Lamongan yakni miskin ekstrim tidak produktif dikarenakan usia lanjut dan miskin ekstrim kurang berdaya dimana penghasilan tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari. Melihat kondisi demikian, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus melakukan upaya-upaya dalam mengurai kemiskinan di Lamongan. Termasuk bantuan RTLH ini.

Sebelumnya Bupati Yes bersama jajarannya mengunjungi kediaman Ibu Istiasih, salahsatu dari 80 warga Desa Sekar Bagus penerima manfaat renovasi RTLH yang dalam kondisi lumpuh akibat penyakit komplikasi yang ia derita selama ini. 

Pewarta : Fathan Faris saputro

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال