10 Sahabat Nabi Yang Dijamin Masuk Surga, Inilah Sosoknya

KULIAHALISLAM.COM - Rasulullah SAW dan para sahabatnya merupakan manusia-manusia mulia yang sudah dijamin masuk surga. Namun diantara mereka, terdapat 10 orang sahabat Nabi yang ditegaskan lagi jaminan surga bagi mereka. Inilah sosoknya:

10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga
Ilustrasi para sahabat Nabi Muhammad SAW

1.     Abu Bakar Ash Shiddiq

Abu Bakar Ash Shiddiq adalah sahabat Rasulullah SAW yang menemani perjuangan Rasulullah SAW sejak masa awal kenabian. Abu Bakar sangat berjasa bagi Rasulullah SAW. Beliau adalah salah satu sahabat yang memiliki keutamaan sehingga disebut Ash Shiddiq. Gelar ini diberikan karena sikapnya yang membenarkan seluruh perkataan Nabi Muhammad SAW bahkan hal yang tidak masuk di akal. Yakni soal Isra dan Mikraj.

Abu Bakar juga menjalin kekerabatan dengan Rasulullah SAW saat menikahkan putrinya Aisyah dengan Rasul. Abu Bakar menemani Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Kisah yang diabadikan dalam Al Qur’an adalah manakala keduanya bersembunyi di Gua Tsur. Lalu Allah SWT menolong keduanya dengan perantara laba-laba. Atas kiprah dan jasanya dalam menemani Nabi, tak heran jika beliau menjadi salah satu dari 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga. Profil lebih lengkap bisa dibaca di sini.

2.     Umar bin Khattab

Umar bin Khattab adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat berjasa bagi Islam. Pada awalnya Umar sempat memusuhi Nabi Muhammad SAW. Kemudian adiknya masuk Islam. Umar Murka kepada adiknya. Suatu ketika adik Umar membaca Surat Thoha. Mendengar hal tersebut Umar yang mengerti sastra tersentuh hatinya. Dia kaget ada karya sastra yang semacam itu. Umar masuk Islam dan menjadi pembela Islam.

Masuknya Umar bin Khattab kepada agama Islam membuat posisi Islam semakin kuat, karena tidak ada yang berani berhadapan dengan Umar. Umar dianugerahi kecerdasan dan ketegasan sekaligus. Hal ini membuatnya sukses dalam menjadi khalifah kedua pasca meninggalnya Abu Bakar. Pada masa Umar bin Khattab situasi politik stabil dan perluasan wilayah berlangsung secara massif. Sayangnya beliau terbunuh di tangan seorang Majusi yang tidak menyukai beliau.

Atas jasa dan kontribusinya terhadap Islam, Umar termasuk salah satu dari 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga.

3.     Utsman bin Affan

Utsman bin Affan adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang dikaruniai perangai yang lembut. Beliau adalah seorang saudagar kaya yang banyak berkontribusi untuk dakwah Islam. Utsman juga membangun kekerabatan dengan Nabi Muhammad SAW dengan menikahkan putrinya. Utsman terpilih sebagai khalifah ketiga sepeninggal Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Terpilihnya Utsman adalah hasil dari musyawarah yang dilakukan oleh sebuah tim yang disebut ahlul halli wal ‘aqdi. Tim tersebut terdiri dari 6 orang sahabat yakni Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, Sa’ad bin Abi Waqash dan Abdurrahman bin Auf. Mereka sepakat mengangkat Usman sebagai Khalifah.

Sayangnya di masa akhir pemerintahannya Utsman dilanda protes oleh rakyatnya sendiri. Bahkan tragisnya beliau harus wafat di tangan para demonstran. Walaupun begitu, atas jasanya terhadap dakwah Islam, Utsman tetap layak menjadi salah satu dari 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga.

4.     Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib adalah sepupu sekaligus menantu Nabi. Ayahnya Ali yakni Abu Thalib sangat berjasa bagi kehidupan Nabi Muhammad SAW. Ali bin Abi Thalib sendiri tumbuh menjadi sosok yang luar biasa. Dia menjadi salah satu orang yang pertama masuk Islam (Assabiqunal Awwalun) dari kalangan anak kecil. Keistimewaan Ali adalah tidak pernah menyembah berhala karena sejak kecil sudah masuk Islam.

Peristiwa yang cukup terkenal adalah manakala Ali menggantikan Rasulullah SAW di tempat tidur. Waktu itu kaum Quraisy ingin membunuh Rasulullah SAW. Namun dengan kekuasaan Allah SWT, Rasulullah SAW berhasil lolos dari pembunuhan dan berhijrah bersama Abu Bakar. Adapun kaum kafir Quraisy kaget saat yang ada di ranjang bukan nabi, melainkan Ali.

Ali tumbuh menjadi pemuda yang cerdas. Dia menjadi khalifah keempat, di saat situasi politik sedang sangat tidak stabil. Pada akhirnya konflik politik pada masa Ali dan setelahnya menimbulkan sekte-sekte Islam yang masih eksis sampai sekarang seperti sunni dan syiah. Mengingat kontribusinya luar biasa dalam dakwah Islam, Ali bin Abi Thalib sangat pantas menjadi salah satu dari 10 sahabat Nabi yang dijamin masuk surga.

5.     Thalhah bin Ubaidillah

Thalhah adalah pebisnis yang kaya raya yang menginfakkan hartanya di jalan Allah. Hal ini membuat Rasulullah SAW memberinya gelar (al fayyadl) yang artinya suka memberi. Thalhah juga senantiasa berada di garis depan berperang bersama Rasulullah SAW. Bahkan di perang Uhud, Thalhah harus kehilangan tangannya. Melihat hal ini, Rasulullah SAW menggelarinya sebagai syahid walaupun masih hidup.

6.     Zubair bin Awwam

Zubair bin Awwam adalah sepupu Nabi Muhammad SAW yang juga masuk Islam pada masa awal kenabian. Dia juga menjadi saudara ipar Nabi karena menikahi Asma adik dari Aisyah. Zubair pernah disiksa oleh kerabatnya sendiri karena mengikuti Nabi Muhammad. Hartanya dia infakkan di jalan Allah. Dia senantiasa menemani Rasulullah SAW berperang. Bahkan dalam sebuah hadits, dia disebut sebagai Hawari atau teman setia dari Rasulullah SAW.

7.     Sa’ad bin Abi Waqqash

Sa’ad bin Abi Waqqash adalah paman Nabi dan merupakan orang ketiga yang masuk Islam. Sa’ad dikenal dengan kisahnya dengan ibunya. Alkisah Ibu Sa’ad tidak setuju dengan KeIslaman Sa’ad. Ibunya mogok makan dan ingin Sa’ad kembali ke keyakinan lamanya. Sa’ad teguh dengan pendiriannya dan iba dengan ibunya. Dia tetap memberi makan ibunya walaupun mogok makan. Pada akhirnya ibunya mengerti, bahwa Sa’ad tidak akan kembali ke agama lamanya.

Sa’ad menjadi contoh bahwa ajaran Islam mewajibkan tetap menghormati dan berbuat baik kepada orang tua walaupun berbeda keyakinan. Sa’ad dipuji oleh Rasulullah SAW sebagai lelaki penghuni surge atas keteguhan hatinya.

8.     Said bin Zaid

Said bin Zaid adalah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang memutuskan masuk Islam dalam pencariannya akan kebenaran. Said dan ayahnya Zaid tidak mengikuti kebiasaan pagan atau masuk agama Nasrani semasa hidupnya. Said baru memutuskan keyakinannya setelah bertemu Rasulullah SAW dalam pencariannya. Sayangnya ayahnya telah wafat, dia minta Rasulullah SAW untuk mendoakan ayahnya. Dalam masa Dinasti Umayyah, Said pernah difitnah oleh seorang perempuan. Dia kemudian berdoa untuk membuktikan fitnah itu tidak benar. Allah SWT mengabulkan doanya.

9.     Abdurrahman bin Auf

Abdurrahman bin Auf dikenal sebagai konglomerat pada masa Nabi Muhammad SAW. Hijrah ke Madinah membuatnya harus meninggalkan hartanya di Mekkah. Namun hal itu bukan masalah baginya. Saat sampai Madinah, dia minta ditunjukan arah ke pasar. Abdurrahman bin Auf pun memulai kembali bisnisnya dan bisa menjadi kembali kaya dalam waktu yang cukup singkat. Abdurrahman bin Auf menginfakkan kekayaannya untuk dakwah Islam dan membantu orang miskin. Atas jasanya terhadap Islam beliau dikabarkan menjadi salah satu dari 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga.

1   Abu Ubaidah  bin Al Jarrah

Abu Ubaidah bin Al Jarrah adalah seorang sahabat Nabi yang masuk Islam pada masa awal kenabian atas ajakan Abu Bakar Ash Shiddiq. Sebagai Assabiqunal Awwalun, beliau mengalami penyiksaan dari kaum kafir Quraisy. Peristiwa yang menarik adalah Abu Ubaidah bin Al Jarrah harus membunuh ayahnya sendiri pada Perang Badar. Karena dia dan ayahnya berada dalam dua pihak yang bertentangan. Abu Ubaidah ada di pihak kaum muslimin, sedangkan ayahnya membela kaum musyrik Quraisy. Abu Ubaidah bin Al Jarrah lebih berpihak kepada agamanya dibanding dengan keluarganya sendiri.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال