Pentingnya Belajar Bahasa Arab Bagi Umat Islam

KULIAHALISLAM.COM – Kemampuan menguasai bahasa Arab ternyata penting bagi orang-orang yang ingin memperdalam agama Islam. Hal ini lantaran agama Islam di bawa oleh Baginda Nabi Muhammad SAW yang merupakan orang Arab. 

Bahkan Alquran di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk petunjuk dan pedoman hidup manusia menggunakan bahasa Arab. 

Pentingnya Bahasa Arab Agar Moderat

Selain Alquran, sumber ilmu agama Islam ditulis menggunakan bahasa Arab. Dengan demikian perlu penguasaan bahasa Arab untuk memperdalam agama Islam.

Dengan di khawatirkan para Dai baru yang bermunculan tidak mumpuni menggunakan bahasa Arab, maka ajaran agama Islam akan semakin banyak di salahpahami, dengan main dalil-dalil sesukanya.

Jika penguasaan bahasa Arab ini diajarkan sejak dini, tentu akan menambah gairah berislam yang baik dan moderat dan memahami ajaran Islam secara baik. Bukan justru selalu di kaitkan sebagai sumber radikal dll.

Kemungkinan ketika salah memahami dalil karena tidak mumpuni dalam bahasa Arab—walaupun ada banyak faktor, maka dalil akan di pahami secara serampangan bisa jadi membawa salah paham atau pahamnya yang salah. Seperti saya jelaskan di atas masih banyak sumber ilmu agama Islam masih menggunakan bahasa Arab.
 
Dengan belajar Islam secara menyeluruh dengan sumbernya kitab yang berbahasa Arab inilah diharapkan akan bisa menyebarkan ajaran Islam moderat dan mencegah timbulnya pemikiran radikal di kalangan umat Islam.

Pentingnya Melestarikan Bahasa Arab Agar Islam tidak Merosot Peradabanya

Tentunya kurang baik apabila dai yang kurang dalam keterampilanya bahasa Arab akan menggali kandungan Ilmu yang ada di Alquran. 

Sebab, sejarah Islam telah memberikan suatu sejarah bahwa kemunduran peradaban Islam dikarenakan umat Islam lalai menggali Alquran.
 
Umat Islam saat ini perlu memperhatikan bahasa Arab sebagai bahasa agamanya dalam menguak kandungan Alquran.

Cara terbaik untuk membuka wawasan dan pengetahuan dunia adalah dengan cara membaca. Siapa yang punya banyak wawasan luas akan lebih mudah mendapatkan kejajayaan. 

Karena Bahasa Arab adalah bahasa ilmu pengetahuan yang hampir seluruh keilmuan agama Islam ditulis dengan Bahasa Arab.

Bahasa Arab Sebagai Syarat Menjadi Dai Islam

Walaupun ada yang bilang bahwa yang mampu bahasa Arab bukan hanya kalangan umat Islam saja, tetapi dalam hal ini Dai di Indonesia perlu menguasai bahasa Arab.

Menurut KH Muhammad Nurhayid seperti di lansir NU Online "Bagaimana seseorang mau memahami Alquran dan hadis dengan benar kalau tak paham bahasa Arab. Salah satu perangkat dasar memahami bahasa Arab adalah dengan Ilmu Nahwu, Sharaf dan I'lal".

Para ulama bersepakat bahwa haram atau tidak boleh seseorang berbicara tafsir Alquran dan menjelaskan hadis, jika yang bersangkutan tidak memahami ilmu nahwu dan sharaf atau tidak memahami bahasa Arab dengan baik.

Dengan lemahnya ilmu-ilmu yang dibutuhkan dalam memahami Alquran dan hadis ini, bisa dipastikan cenderung mengikuti nafsu dan kebodohannya. Bisa jadi akan menyesatkan Umat Islam.

***
Menurut Akademisi UIN Sunan Ampel Surabaya Nasaruddin seperti yang dilansir NU Online yaitu "Bahasa Arab merupakan bahasa lisan para utusan Allah SWT, bahasa para ulama kita, bahasa syiar agama kita, dan pembawa panji-panji peradaban”.

Adis Setiawan

Editor di Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال