Perkumpulan PAPA MUDA Pesantren Patean : Ngaji dan Sosial

Perkumpulan Papa muda Masjid Al Ikhlas Pesantren Patean

KULIAHALISLAM.COM - Papa Muda adalah kepanjangan dari Perkumpulan Pemuda Masjid Al IKhlas Pesantren, berawal dari sekadar ngobrol diserambi masjid sehabis salat Jum’at. Munculah ide untuk berkumpul rutin setiap Jum’at malam sehabis Isya’ untuk bersama tadarus Alqur’an dan mendengarkan satu buah hadis Nabi S.A.W, serta laporan kegiatan sosial yang pekan lalu kami rencanakan dan target kegiatan sosial sepekan kedepan.

Alhamdulillah walaupun masih terbata-bata kegiatan ini sudah berjalan rutin hampir dua tahun. Semoga saja yang kami lakukan akan mendatangkan ketenangan di hati dan jadi dongengan di langit oleh para malaikat.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad S.A.W :  Dari Abu Hurairah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah, mereka membaca kitab Allah dan saling mengajarkannya di antara mereka, melainkan diturunkan ke atas mereka sakinah, rahmat menyirami mereka, para malaikat mengerumuni mereka, dan Allah SWT menyebut-nyebut mereka di kalangan (malaikat) yang ada di sisinya.” (HR Muslim dan Abu Dawud).

Kegiatan sosial yang telah kami lakukan diantaranya :

  1. Santunan buat janda dhuafa
  2. Santunan pendidikan buat yatim dhuafa
  3. Box SEMBAKO Gratis yang kami letakkan di serambi masjid
  4. Snack gratis setelah sholat jum’at
  5. Incidental bantuan bencana kemanusiaan. 

Kita hanya berusaha menjadi orang yang berguna bagi oang lain walau mungkin kami baru berusaha jadi baik dan belum sempurna. Bukankah uswatun hasanah kita  pernah bersabda : “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadis ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

Tentunya tidak asik dong kalau kita masuk surga sendirian, apalagi kita ingin membuat masyarakat yang beradab dengan ilmu keIslaman, untuk itu akhirnya kita kembangkan kegiatan dengan membuat kajian – kajian keIslaman diantaranya :

  1. Kajian Islam khusus putri
  2. Kajian rutin buka kaleng infaq Lazismu setiap awal bulan
  3. Kajian subuh gembira ria
  4. Kajian penguatan Akidah yang diikuti masyarakat kampung Pesantren
  5. Dan tidak lupa kita juga membina adik-adik kita biar ga jadi  generasi yang lemah iman, ilmu juga fisik dengan Madrasah Diniyah sepekan lima kali.

Disamping itu kita juga ada kegiatan pemberdayaan ekonomi dengan membantu usaha jamaah masjid berupa support modal, pengurusan izin maupun membantu pemasaran produk. 

Papa Muda berusaha fokus di dua kegiatan Ngaji (Kajian KeIslaman untuk menguatkan keimanan dan keilmuan) dan Sosial (Membantu jamaah dan masyarakat yang sedang kesusahan). 

Semua kegiatan kita ini diback up sepenuhnya pembiayaan dari donatur yang mengamanahkan infaq sadaqahnya melalui Lazismu Kampung Pesantren Desa Pagersari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal.

Sesungguhnya amalan yang dicintai Allah SWT yakni amalan yang dilakukan secara kontinyu atau terus menerus meskipun sedikit. 

Pewarta: Tawfiq Ndon, Warga Pesantren, Patean Kendal 

Admin

Redaksi Kuliah Al Islam

2 Comments

  1. LAzismu ,MEMBERI UTK NEGERI
    Salurkan donasi anda ke LAZISMU Kantor Layanan Mustikajaya Bantargebang
    Bank BTN syariah
    No rek: 743 203 446 0
    Kode bank 200.


    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال